OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Sebentar Lagi Semua SPBU Pertamina Terima Pembayaran Non Tunai



Sebentar Lagi Semua SPBU Pertamina Terima Pembayaran Non Tunai

01 Mar 2020

Pertamina sistem pembayaran cashless

SPBU Pertamina sudah terapkan sistem pembayaran cashless menggunakan LinkAja (Foto: Indopolitika)

Di tahun 2020 ini PT Pertamina (Persero) terus melakukan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat pengguna setia berbagai jenis bahan bakar serta pelumas produksi Pertamina.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan terus mengejar jumlah digitalisasi SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di seluruh Indonesia yang targetnya rampung pada pertengahan tahun ini.

Dari total jumlah 5.518 SPBU Pertamina, akhir Februari kemarin sudah sebanyak 3.814 SPBU, atau 70 persen yang sudah dilakukan instalasi dashboard.

Sementara 4.216 SPBU atau sekira 76 persen sudah terpasang instalasi Automatic Tank Gauge (ATG).

“Digitalisasi SPBU merupakan bagian dari digitalisasi di seluruh lini bisnis Pertamina dari hulu hingga hilir, sebagai jawaban atas tantangan era digital. Upaya ini sekaligus bertujuan meningkatkan layanan kepada pelanggan setia kami sehingga menjadi lebih aman, mudah dan cepat,” terang Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman beberapa waktu lalu. 

Berbagai keunggulan dari proses digitalisasi SPBU ini menurutnya adalah kemudahan dalam memantau kondisi stok dan penjualan BBM secara real time, sehingga tak ada lagi cerita SPBU kekurangan BBM karena sudah diantisipasi dari awal.

Lebih Mudah dan Praktis Lakukan Pembayaran Sistem Cashless 

Keunggulan lainnya adalah mudah dan cepat, karena kini SPBU Pertamina didukung pembayaran transaksi secara non tunai atau cashless melalui berbagai channel baik jalur debit perbankan maupun melalui aplikasi MyPertamina.

Dengan catatan, bahwa SPBU Pertamina tetap menerima sistem pembayaran tunai. 

“Tentu ini sejalan dengan trend lifestyle yang mengarah ke cashless. Apalagi pembayaran non tunai dengan aplikasi MyPertamina lebih banyak manfaatnya. Selain cepat dan mudah, terdapat poin yang bisa dikumpulkan untuk mengikuti berbagai  program promosi Pertamina,” imbuh Fajriyah Usman. 

Aplikasi Mypertamina bisa diakses melalui smartphone. Apabila sudah terintegrasi dengan LinkAja, maka bisa digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi di SPBU untuk pengisian BBM kendaraan, Bright Gas, Pelumas maupun belanja di Bright Café. 

“Cara pembayarannya juga mudah dan praktis, tinggal scan barcode di mesin pembayaran, transaksi pun selesai hanya dalam hitungan detik,” pungkasnya.  

Untuk pelanggan Pertamina yang melakukan transaksi lewat aplikasi MyPertamina, ada program menarik seperti penukaran point dengan berbagai merchandise menarik, cashback, dan berhak ikutan program “Berbagi Berkah MyPertamina” khusus untuk pembelian BBM. 

Promo ini berlaku serentak di Indonesia dari tanggal 1 Februari 2020 hingga 15 November 2020. Untuk pengundian hadiah dilakukan dalam 2 tahap, yakni pada Juni 2020 dan akhir tahun 2020. (Z)

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga