Copied to clipboard!

All New Audi A6 kini meluncur dengan dua varian berbeda yaitu Audi A6 2.0 TFSI dan Audi A6 3.0 TFSI quattro.



MOBIL BARU

Sedan Mewah Audi A6 Terbaru Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Author : Herdi Muhardi

16 Sep 2020


Pandemi Covid-19 tak menyurutkan merek mobil mewah Audi untuk menghadirkan produk terbarunya di kancah otomotif nasional. Hal ini dibuktikan dengan meluncurnya All New Audi A6 di Indonesia oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi di Tanah Air.

Menurut Presiden Direktur PT GMM Andrew Nasuri, All New Audi A6 memiliki tampilan semakin sporty, elegan, dan menawarkan berbagai inovasi terdepan di kelasnya, baik dalam hal digitalisasi, kenyamanan dan sportifitas.

“The All New Audi A6 menyuguhkan pengalaman berkendara istimewa yang tak ditawarkan oleh rival di kelasnya,” ungkap Andrew dalam keterangan tertulis, Rabu (16/9/2020).

Nah, untuk pasar Indonesia All New Audi A6 hadir dengan dua varian berbeda yaitu Audi A6 2.0 TFSI dan Audi A6 3.0 TFSI quattro.

Andrew juga menyebutkan All New Audi A6 2.0 TFSI dan 3.0 TFSI quattro sudah memiliki nilai-nilai inovatif melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru yang mampu memberikan berbagai kemudahan bagi pengemudi dan pengendara.

Adapun teknologi MMI merupakan pusat infotainment yang dioperasikan dengan sistem touch response sebagai standar baru dalam hal pengoperasian yang intuitif, dirancang agar mampu memberikan kemudahan bagi pengemudi.

Oia, layar besar berukuran 10,1 inci berfungsi sebagai sistem hiburan dan navigasi, serta ukuran 8,6 inci di bagian bawah.pada konsol tengah untuk kendali penyejuk kabin dan berbagai fungsi pengaturan lainnya.

Fungsi MMI yang digunakan pada Audi A6 juga termasuk layar Audi virtual cockpit sebesar 12,3 inci sebagai panel instrumen di balik lingkar kemudi. Sistem yang beroperasi digital sepenuhnya ini, dapat dioperasikan sesuai dengan keinginan hanya dengan cara drag-and-drop seperti halnya biasa dilakukan di ponsel pintar.

Mau tau kelebihan lainnya yang ada pada All New Audi A6, berikut ulasannya:

Eksterior

All New Audi A6
Bagian belakang All New Audi A6

Seperti halnya model A8 dan A7 Sportback, A6 memiliki tampilan desain baru yang mengedepankan karakternya sporty elegan, berteknologi tinggi dan canggih.

Audi A6 juga memiliki dimensi panjang 4.929 mm (bertambah 7 mm), lebar 1.886 mm (bertambah 12 mm)  dan tingginya 1.457 mm (bertambah 2 mm) dibanding sebelumnya.

Oia, Audi A6 terbaru ini mengadopsi Grille Single Frame yang lebar dan rendah, lampu utama yang rata, serta lubang udara yang tampak kekar mempertegas tampilannya yang sporty.

Pada bagian sisinya, ada tiga garis tegas yang secara visual menampilkan mobil yang tampak rendah. Garis atap yang tegas dan menurun di pilar-C memperkuat siluetnya.

PT GMM memasarkan All New Audi A6 dengan enam pilihan warna konsumen, yaitu: Brilliant Black, Ibis White, Typhoon Grey, Floret Silver, Carat Beige, dan Firmament Blue. 

Sedan mewah ini juga sudah memberikan kesan cantik karena menggunakan Lampu utama LED dengan lima garis horizontal termasuk lampu daytime running light (DRL) sebagai ciri khas yang memperkuat lebar bagian depan.

Selain itu ada juga Headlamp Washer untuk memastikan pencahayaan ke depan selalu dalam kondisi prima. Lampu belakang juga menggunakan lampu kombinasi LED sehingga menegaskan kesan modern, apalagi dengan adanya lampu sein dengan dynamic indicator.

Interior

Audi A6 kabin
Kursi belakang Audi A6

Masuk ke dalam kabin, OLXer bisa disambut dengan pilihan paket pencahayaan yaitu ambient lighting package dan contour ambient lighting package. Keduanya secara lembut menganimasikan ruang, volume, dan material yang ada di dalam kabin.

Lampu ambient membuat dashboard dan konsol tengah tampak seperti mengambang. Sementara lampu kontur secara tegas mereproduksi garis-garis arsitektur interior yang dapat diatur hingga 30 warna berbeda.

Audi A6 terbaru ini juga memiliki desain panel hitam, namun tetap memberikan rasa nyaman seperti suasana lounge yang santai. Panel instrumennya tampil ramping dan garis horizontal yang memanjang menciptakan kesan kabin yang lapang.

Seperti disebutkan di atas, Audi A6 terbaru memiliki dua layar MMI dengan tampilan panel hitam, layar ini seakan hampir menghilang ketika dimatikan. Layar akan aktif saat pintu dibuka.

Terdapat dua pilihan warna di interior pada A6 terbaru. Pertama adalah Black dan Okapi Brown. Panduan warna yang ditawarkan bisa dikombinasikan dengan lapisan kulit berkualitas dan aksen kayu yang mewah.

Audi mengklaim, bahwa ketika masuk Audi A6 menyuguhkan atmosfer yang menenangkan di dalam kabinnya, terutama dalam perjalanan panjang. Dengan ruang kabin yang lapang, banyaknya fitur yang menunjang kenyamanan serta tingkat kebisingan yang minimal, mobil ini dapat memanjakan baik pengemudi maupun penumpang layaknya berada di kabin kelas bisnis.

Audi A6 terbaru juga sudah dibalut lapisan kulit “Milano” yang sekaligus menyuguhkan balutan kemewahan. Atap kaca panoramic memberikan kesan lapang di dalam kabin khususnya tipe Audi A6 3.0 TFSI quattro. 

Kaki-Kaki

Audi A6 akan mudah bermanuver, sebab mobil ini memiliki kemudi progresif yang juga mempunyai karakter sporty kini semakin responsif berkat peningkatan sudut kemudi serta peredam baru yang memberikan feedback lebih baik bagi siapa pun di balik setir.

Performa All New Audi A6 tak lepas berkat suspensi five-link di depan dan belakang yang menggunakan bahan aluminium. Kedua subframe ini – rigid di bagian depan dan dengan dudukan hidrolik di bagian belakang – menghubungkan roda dengan bodi.

Jarak pijak depan memiliki lebar 1.630 mm dan belakang 1.617 mm. Pengemudi juga dapat memilih mode pengendaraan lebih dinamis melalui Audi Drive Select yang akan mengatur semua setting suspensi dengan pilihan comfort, auto dan dynamic.

Hanya saja pada bagian kaki-kaki, All New Audi A6 2.0 TFSI menggunakan velg alloy berukuran 8Jx18 inci bergaya multi-spoke dengan balutan ban 225/55 R18.

Sementara All New Audi A6 3.0 TFSI quattro dipasangkan velg alloy 8,5J x 20 inci dengan model 5-spoke V-style berlapis warna Contrast Gray dengan balutan ban berukuran 255/40 R20.

Mesin

Untuk jantung pacu, Audi A6 3.0 TFSI quattro menggunakan mesin V6 3.0 liter TFSI yang mampu menyuguhkan tenaga puncak hingga 340 Tk dan torsi maksimal 500 Nm.

Seluruh daya yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke sistem penggerak empat roda quattro khas Audi melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.

Dengan mesin tersebut mobil ini diklaim mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,1 detik dengan kecepatan puncak 250 km/jam. Dalam hal efisiensi, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi sebesar 7,1 – 6,7 liter/100km. Sementara emisi CO2 yang dihasilkan hanya 161 – 151 g/km.

Sementara untuk All New Audi A6 2.0 TFSI, disematkan mesin 4-silinder segaris 2,0 liter berbahan bakar bensin yang mampu menghasilkan tenaga puncak 190 HP dan torsi maksimal 320 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic. A6 bermesin 2.0 liter diklaim mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik.

Oia, semua varian All New Audi A6 mengusung teknologi mild-hybrid. Di mana teknologi ini menggunakan belt alternator starter (BAS) yang bekerja bersama-sama baterai lithium-ion berkapasitas 10 Ah.

Dengan teknologi ini Audi A6 dapat menjelajah tanpa mesin yang menyala pada kecepatan antara 55 hingga 160 km/jam. Fungsi start-stop akan dimulai pada kecepatan 22 km/jam.

Mesin akan mulai menyala dari kondisi diam, segera begitu mobil di depan The All-New Audi A6 mulai bergerak. Saat melakukan deselerasi, BAS akan mengembalikan kembali energi hingga 12 kW. Dalam kondisi pengendaraan nyata, teknologi mild-hybrid ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 km.

Harga

Audi A6
All New Audi A6

Menyoal harga, PT Garuda Mataram Motor menjualnya dengan banderol Rp 1,95 miliar untuk All New Audi A6 3.0 TFSI quattro dan Rp 1,49 miliar untuk All New Audi A6 2.0 TFSI. Kedua harga ini dijual dengan status on the road Jakarta.

Setiap konsumen A6, layaknya pembeli produk lainnya akan mendapatkan layanan purna jual berupa garansi pabrik selama tiga tahun atau 90.000 km dan bebas perawatan selama tiga tahun atau 100.000 km (syarat dan ketentuan  berlaku) dimulai dari tanggal pengiriman mobil, termasuk penggantian gratis suku cadang yang rusak dan biaya perbaikan.