Copied to clipboard!

Honda PCX Electric.



MOTOR

Sepeda Motor Listrik Semakin Bermunculan, Honda Kapan?

Author : Herdi Muhardi

13 Feb 2020


Honda boleh saja merajai penjualan sepeda motor di Indonesia. Hanya saja, di tengah perbincangan akan kendaraan ramah lingkungan seperti halnya motor listrik, pabrikan dengan logo sayap kepak tersebut ternyata belum menjualnya secara masal.

Sebaliknya, dalam beberapa tahun terakhir sepeda motor listrik semakin bermunculan dan dijual di pasar otomotif nasional. Uniknya, mereka bukan pemain besar setenar Honda.

Lantas kapan Honda jualan sepeda motor listrik di Indonesia?

Menanggapi hal tersebut, Direktur Marketing PT Astra Honda Motor  Thomas Wijaya angkat bicara. Menurut saat ini Honda sudah menjajakan motor listrik yaitu Honda PCX Electric. Hanya saja Honda PCX tidak dijual masal melainkan menggunakan skema rental dengan beberapa perusahaan jasa transportasi online, seperti Grab dan Gojek.

"Buat Astra Honda melihat motor listrik ini bukan sekadar memproduksi motor saja, tapi semua, konsumen dan infrastruktur kami tingkatkan. Saat ini kami sudah bekerja sama juga dengan beberapa seperti Grab, Gojek, kita bertahap ada request dari teman-teman, ada peningkatan tetapi tidak signifikan," ungkap Thomas saat ditemui beberapa waktu lalu.

Thomas sendiri mengklaim, meski motor listrik Honda saat ini digunakan untuk ojek online, namun output yang diterima bagi Honda sangat positif

Lalu mengapa motor listrik Honda PCX Electric belum dijual untuk masal, mengingat saat ini ada regulasi yang dikeluarkan pemerintah sehingga meringankan masyarakat untuk membeli kendaraan listrik?

Kata Thomas, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, mulai dari keamanan terhadap konsumen, penyediaan infrastruktur, sampai limbah  baterai yang masih dikembangkan.

Thomas sendiri mengapresiasi beberapa pemerintah provinsi telah mengeluarkan kebijakan berupa bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) Kendaraan Listrik.

"Itu salah satu kebijakan yang positif (penetapan pajak kendaraan listrik) tentunya mendukung perkembangan motor listrik ke depan. Namun perlu aturan lainnya yang dibutuhkan konsumen, infrastruktur, limbah, dan lainnya," jelasnya.

Sekilas Honda PCX Listrik

OLXer harus tau, PT AHM pada dasarnya sudah memiliki kendaraan listrik, yaitu PCX Electric. Sepeda motor ini sudah diperkenalkan di acara Indonesia Motorcycle Show (IMOS) pada November 2018, kemudian diumumkan kehadirannya pada akhir Januari 2019 lalu.

Motor ini menggunakan struktur rangka dengan jarak sumbu roda yang panjang dan rear hugger. Dengan desain ini maka struktur bingkai motor motor cukup untuk dua baterai yang disebut Honda Mobile Power Pack, serta pergerakan roda belakang lebih luas.

Honda PCX Electric sudah menggunakan tipe suspensi belakang lebih panjang, dan roda depan sudah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS).

Honda PCX Electric sudah menggunakan sistem lampu full LED dengan sejumlah aksen biru di beberapa body yang akan terlihat saat lampu dimatikan. Namun sayang, hanya ada satu warna yaitu Pearl Glare White.

Untuk jantung pacunya, motor ini setara mesin berkapasitas 150 cc yang sudah dilengkapi dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM).

Dengan dua baterai tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 4,2 kW dan torsi 18 Nm pada 500 rpm. Dengan dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack ini pula, Honda PCX Electric mampu melaju hingga 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).