OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Sering Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Atur Posisi Ketika Mengemudi



Sering Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Atur Posisi Ketika Mengemudi

10 Mar 2021

Ilustrasi seorang wanita mengemudi dengan posisi tubuh yang salah. (shutterstock)

Mengemudi bukan sekadar duduk melihat arah ke depan, dengan kaki siap menginjak pedal gas dan rem, serta kedua tangan ada pada lingkar kemudi untuk mengatur arah, dan sewaktu-waktu memindahkan tuas transmisi.

Ya, ketika mengemudi sudah sewajarnya tubuh sang sopir merasa nyaman, agar tak cepat lelah. Pasalnya, apabila tubuh lelah saat mengemudi, bukan tak mungkin hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Bahkan menurut situs resmi Hyundai, sebelum mulai melakukan perjalanan ada baiknya untuk selalu mengatur posisi duduk sesuai dengan tingkat kenyamanan masing-masing. Sebab, setiap orang punya rasa nyaman yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, perlu OLXer ketahui, ada beberapa fitur pada sebuah mobil yang dapat digunakan untuk mengatur posisi mengemudi, mulai dari bagian jok hingga lingkar kemudi.

Hanya saja, setiap mobil tingkat kenyamanan untuk pengemudi bisa berbeda-beda, termasuk bentuk joknya.  Namun begitu, sebelum mengemudi sebaiknya pastikan posisi duduk nyaman dan aman.

Namun secara garis besar, ada beberapa yang perlu OLXer lakukan antara lain:

1. Atur posisi duduk

Untuk mendapatkan posisi duduk, setidaknya OLXer bisa mengaturnya dengan menekan perangkat atau tombol yang ada pada bagian samping jok.

OLXer juga menggeser jok maju atau mundur, dan kemiringan untuk sandaran tubuh. Rasakan perbedaanya, posisi mana yang membuat Anda nyaman.

Meskipun setiap orang punya selera yang berbeda-beda, tetapi secara aturan keamanan, posisi duduk yang benar itu punggung dan pundak harus menempel semua ke sandaran punggung jok.

2. Atur posisi tangan di setir

Sama seperti jok, lingkar kemudi juga perlu diatur maju dan mundur  sesuai dengan tingkat kenyamanan masing-masing. Memang, pengaturan setir mobil sudah ada pada  mobil-mobil terkini. Sebelumnya, untuk mengatur setir hanya ada di mobil-mobil mewah saja.

Perlu diketahui pula, saat mengatur lingkar kemudi, pastikan posisi tangan jangan terlalu menekuk saat menggenggam setir.

Pastikan pula, tangan kanan berada di posisi arah jam  3, sedangkan tangan kiri berada di jam 9. Pastikan pula, tangan kiri tetap dapat menjangkau tuas transmisi.

3. Atur spion

Salah satu yang perlu dilakukan pengemudi sebelum melakukan perjalanan yaitu mengatur spion luar bagian kiri dan kanan, sampai benar-benar bisa melihat kendaraan lain dari belakang.

Setelah itu boleh menyalakan mesin, kemudian berangkat menuju ke tempat yang sudah ditentukan.

Perlu dicatat pula, dengan mengatur posisi duduk dan lingkar kemudi, maka hal ini sangat penting dilakukan agar tidak cepat lelah dan aliran dan lancar.

Selain itu, dengan mengatur posisi duduk dan lingkar kemudi, maka saat melakukan manuver, gerakan tangan pada lingkar kemudi lebih leluasa dan tidak kaku. Namun begitu, pada saat bermanuver posisi punggung serta bahu harus tetap menempel pada sandaran punggung jok.

Apabila saat kita berbelok dan pundak kita tidak bersentuhan dengan sandaran jok maka memajukan sandaran jok ke depan. Hal ini akan membuat proses mengemudi lebih stabil.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga