Copied to clipboard!

Suzuki Carry generasi pertama ini dijual Rp 14,6 jutaan. (OLX.co.id)



MOBIL BEKAS

Siapa yang Ingat Suzuki Carry Model Ini? Harganya Lebih Murah dari Honda Beat

Author : Herdi Muhardi

03 Aug 2020


Suzuki Carry merupakan mobil legendaris dengan bentuk kotak yang pernah ada di kancah otomotif nasional. Namun bagi OLXer yang lahir di era 70  dan 80an pasti punya kenangan tersendiri terhadap Suzuki Carry.

Bagaimana tidak, ketika mereka masih muda, Suzuki Carry pasti kerap menemai masyarakat bepergian. Hal ini karena Suzuki Carry dikenal sebagai salah satu kendaraan yang digunakan untuk angkut penumpang atau barang.

Sekilas soal Suzuki Carry, faktanya mobil ini masuk ke Indonesia pada 1983 dan secara resmi disebut Suzuki Carry ST100 dengan jeroan mesin ST100 berkapasitas 970 cc 4 silinder dengan kode mesin F10A.

Meski di Indonesia dikenal sebagai generasi pertama, namun di negara asalnya Jepang, Suzuki Carry tersebut merupakan generasi ketujuh.

Nama Suzuki Carry kala itu cukup melejit, bahkan mobil ini juga akrab dikenal sebagai Suzuki Carry Bagong yang jadi salah satu tokoh pewayangan, dimana  bentuk wajah mobil ini mirip dianggap mirip dengan sosok Bagong.

Suzuki Carry pertama memang cukup dikenang karena memiliki ciri utama lampu depan bulat jadi terlihat seperti mata belo. Mobil ini juga terlihat sangat sederhana karena masih mengandalkan sistem pengereman menggunakan tromol pada bagian depan depan dan belakang.

Memasuki tahun berikutnya, Suzuki Carry ST 100 buatan Indonesia mengalami facelift pada bagian lampu depan yang berubah dari bulat menjadi setengah trapesium. Hanya saja, bertahan beberapa bulan saja dan digantikan oleh lampu model kotak.

Oia, Suzuki Carry juga menjadi cikal bakal dari Carry Extra dan Carry Futura yang muncul pada 1991.

Bicara soal Suzuki Carry generasi pertama, ternyata hingga saat ini sosoknya masih ada lho OLXer. Bahkan disitus jual beli online OLX.co.id mobil legendaris tersebut ada beberapa diantaranya dilego sang pemiliknya.

Soal harganya, ternyata Suzuki Carry generasi pertama ini dijual lebih murah dari Honda Beat, yaitu mulai dari Rp 6,5 juta sampai Rp 16 juta.

Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil Suzuki Carry Generasi pertama bekas jangan heran kalau satu model dan tahun produksinya sama namun harganya berbeda-beda.

Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

Jika OLXer memang berniat mencari mobil Suzuki Carry generasi pertama bekas bisa lihat di sini.