Copied to clipboard!

Nissan Navara dan Mitsubishi Triton.



BERITA

Siap-Siap Nissan Navara Bakal Pakai Mesin, Transmisi Mitsubishi Triton

Author : Herdi Muhardi

30 May 2020


Nissan Motor Company baru saja mengumumkan transformasi bisnisnya dalam empat tahun ke depan. Salah satu rencananya Nissan ternyata akan lebih memanfaatkan aliansi yang saat ini sudah dijalani bersama Mitsubishi dan Renault.

Nah, bicara soal aliansi, Nissan dan Mitsubishi memang sudah melakukan berbagi proyek kerja sama. Ya, salah satunya Nissan Livina yang saat ini dipasarkan masih satu darah dari Mitsubishi Xpander.

Tak puas dengan Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, Nissan sendiri ternyata mempersiapkan produk lainnya yang sudah dikembangkan dari mobil Mitsubishi.

Kabar produk terbaru Nissan tersebut diungkapkan COO Nissan Ashwani Gupta saat video conference beberapa waktu lalu.

Lalu mobil seperti apakah itu?

"Seperti kita tahu Mitsubishi sangat kuat di pick-up yaitu Triton dan saat ini kami sedang mendiskusikan dengan Mitsubishi untuk menggunakan mesin, transmisi, dan juga modul yang sama pada Navara," jelas Gupta.

Memang tidak disebutkan secara rinci bagaimana Nissan Navara generasi selanjutnya seperti apakah bodi nya 11-12 dengan Mitsubishi Triton atau tidak.

Namun seperti yang disampaikan CEO Nissan Global Makoto Uchida,  Nissan ingin membuat sejumlah model mobil di masa depan dengan konsep ‘Nissan-ness’.  Artinya, meski akan saling comot desain, mesin, atau platform, tetapi masing-masing brand akan memiliki ciri tersendiri sebagai pembeda.

Tentu saja, langkah ini dilakukan untuk memanfaatkan aset yang ada, lebih efisien dan menghasilkan keuntungan lebih.

Adapun jika dijelaskan di atas, mesin Nissan Navara yang awalnya dijejali mesin bertipe YD25DDTi Common Rail Turbo Diesel With Intercooler In-line 4-cylinder DOHC 16 Valves VGS Turbo Intercooler berkapasitas 2.488 cc akan diganti dengan mesin Mitsubishi Triton.

Ya, Mitsubishi Triton ini dilengkapi mesin 4D56 Direct Diesel Injection dan Turbocharger DOHC 16 Valve, inline 4-Cylinder, dengan kapasitas 2.477 cc.