BERITA

Sigra Jadi Armada Taksi, Apa Kata Daihatsu

10 Oct 2019

Nama Daihatsu Sigra dan Toyota Calya kembali menjadi perbincangan hangat. Hal ini terkait mobil yang masuk segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tersebut digunakan sebagai armada taksi.

Diketahui, si kembar yang dijadikan taksi ini milik PT Express Transindo Utama yang dipesan langsung sebanyak 1.000 unit dan dioperasikan di wilayah Jabodetabek.

Lantas bagaimana tanggapan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku perusahaan yang juga memproduksi Sigra dan Calya?

Menurut Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra, pada dasarnya Daihatsu tidak menerima order khusus kendaraannya untuk transportasi umum terlebih taksi.

“Tapi kalau yang bersangkutan membeli retail, terus terus dijadikan taksi, kami nggak bisa monitor. Nah kalau order khusus perusahaan taksi nggak ada jualan untuk perusahaan taksi,” ungkap Amel saat ditemui di sela New Sigra Media Test Drive di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Amel pribadi juga mengaku, bahwa dirinya hingga saat ini tidak menerima laporan soal perusahaan taksi membeli dengan jumlah banyak.

Amel tak menampik, jika Daihatsu Sigra memang menjadi tulang punggung untuk pasar domestik. Saking banyak pemesanan, kata dia, PT ADM tidak memberikan jatah khusus untuk setiap dealer.

“Berapa juga yang diminta, dikasih. Karena Sigra dibuat di Karawang enggak ada masalah kapasitas. Yang ada masalah kapasitas itu di Sunter,” jelas Amel.

Sementara itu Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengakui, jika Daihatsu Sigra kini banyak digunakan untuk taksi online.

"Tetapi sewaktu beli, pembelian pribadi. Saya tidak tahu akan jadi taksi atau tidak," ucapnya.

Hendrayadi menuturkan, apabila Daihatsu Sigra dibeli secara pribadi namun digunakan untuk armada taksi, tentunya tak ada benefit khusus yang didapat.

Sebaliknya, jika dalam satu tahun pembeliannya banyak seperti fleet, maka benefit yang didapat cukup melimpah, mulai dari mendapat pelatihan mekanik khusus, diskon sparepart dan servis, maupun layanan lainnya.

Seperti diketahui, Daihatsu Sigra yang diluncurkan 16 September 2019 lalu sudah mengalami ubahan dan kenaikan antara Rp 1,5 juta - Rp 2 juta.

Adapun harga Daihatsu Sigra dengan status on the road Jakarta yaitu:

New Sigra 1.0 D MT Rp 114 juta

New Sigra 1.0 M MT Rp 124,4 juta

New Sigra 1.2 X MT Rp 133,75 juta

New Sigra 1.2 X AT Rp 146,55 juta

New Sigra 1.2 X MT DLX Rp 139,25 juta

New Sigra 1.2 X AT DLX Rp 152,05 juta

New Sigra 1.2 R MT Rp 140,15 juta

New Sigra 1.2 R AT Rp 152,95 juta

New Sigra 1.2 R MT Rp 143,95 juta

New Sigra 1.2 R AT DLX Rp 156,75 juta. (Her)