OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  SIM yang Masa Berlakunya Habis 17 Maret-29 Mei 2020 Sudah Bisa Diperpanjang



SIM yang Masa Berlakunya Habis 17 Maret-29 Mei 2020 Sudah Bisa Diperpanjang

10 Jun 2020

Ilustrasi pembuatan SIM. (NTMC Polri)

Sejumlah aktivitas perkantoran kini sudah mulai beroperasi kembali. Jalanan di waktu jam sibuk juga sudah mulai terlihat padat merayap.

Tak hanya itu, layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) kini sudah beroperasi kembali.

Bahkan menurut Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono saat ini sudah bisa dilakukan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Ya, OLXer yang seharusnya melakukan perpanjang SIM pada 17 Maret-29 Mei 2020 namun tak bisa dilakukan karena kekhawatiran akan virus Covid-19, maka kesempatan perpanjang bisa dilakukan mulai 2 Juni-31 Agustus 2020.

Tak hanya itu, Korlantas Polri juga membuka layanan pembuatan dan perpanjangan SIM internasional.

Menurut Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono seperti dilansir NTMC Polri, dalam pelaksanaannya, Polri  memberlakukan protokol kesehatan terkait Covid-19.

“Hand sanitizer, maupun cuci tangan manual kami siapkan, menggunakan masker, ada tanda-tanda di tempat duduk juga ada tulisannya menggunakan jaga jarak,” ucap Argo.

Adapun untuk mengatasi Satpas yang mengalami lonjakan antrian, maka Polri akan membuka beberapa layanan seperti halnya SIM keliling

Namun begitu, bagaimana gerai SIM yang berlokasi di Mall?

Menanggapi hal tersebut, ternyata gerai SIM di mall juga kembali dibuka termasuk di Jakarta.

Menurut Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin gerai SIM dibuka menyesuaikan dengan waktu beroperasinya mall yang memiliki gerai SIM.

“Gerai SIM belum bisa buka, karena mal juga belum operasional. Ketika mal buka kita juga akan operasionalkan gerai SIM,” ucapnya.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga