OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Baru /  Hanya Ada 40 Unit, BMW M5 Competition Dijual Seharga Rp 4,789 Miliar



Hanya Ada 40 Unit, BMW M5 Competition Dijual Seharga Rp 4,789 Miliar

20 Sep 2021

Spesifikasi BMW M5 Competition

BMW M5 Competition (Foto: BMW Group Indonesia)

News.OLX.co.id - BMW Indonesia kembali meluncurkan sebuah model terbarunya untuk dipasarkan di Indonesia. 

BMW M5 Competition menjadi sports car mewah yang mengkombinasikan semua kemewahan dan kenyaman sedan bisnis dengan performa tinggi dan teknologi terdepan resmi meluncur dan dijual di Indonesia pada Jumat, 17 September 2021 secara virtual. 

“Hari ini jadi semakin istimewa, karena satu lagi model legendaris dari BMW M GmbH diperkenalkan. BMW M5 Competition tidak hanya untuk memperkuat brand image kami sebagai penyedia kendaraan performa tinggi terbaik di Indonesia, tapi juga meneruskan sejarah 36 tahun BMW M5 sebagai sedan bisnis mewah empat-pintu berperforma tinggi yang selalu menjadi tolak ukur di segmennya," ujar Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia dalam sambutannya. 

Bagaimana keunggulan mobil sedan mewah yang merupakan varian tertinggi ini? Kita bahas detail spesifikasinya mulai dari tampilan luar dan dalam, hingga kemampuan mesin yang diklaim BMW sebagai mobil sedan mewah dengan tenaga yang cukup buas.  

Eksterior BMW M5 Competition

BMW M5 Competition

M-specific kidney grille BMW sudah menjadi ciri khas dari model terbaru di kelas M5 Series. Grill-nya diperbarui dengan posisi lebih turun ke apron depan.

Apron depan memiliki kontur yang lebih berani dan punya saluran masuk udara yang lebih besar di samping, sedangkan air-flow bagian tengah berbentuk heksagonal dilengkapi dengan pendingin oli dan sensor radar untuk sistem Active Cruise Control (ACC). 

Garis lampu depan membentuk huruf L dan mengarah ke satu tujuan yaitu kidney grille BMW, menambah kesan dinamis. Tersedia opsi lampu BMW Individual Shadowline dengan aksen warna gelap pada LED matrix Headlights dan BMW Laserlight, semakin sporty.

Ciri khas BMW M5 Competition juga bisa dilihat dari paduan kap aluminium, fender dengan BMW M yang khas, spion ramping, serta atap berbahan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP).

Apron belakang terkesan lebih berotot dengan diffuser besar dengan beragam upgrade, mulai dari lampu belakang LED tiga dimensi, dengan grafis cahaya yang semakin kuat.  

Identik dengan detail styling hitam, BMW M5 Competition semakin menebalkan kesan mewahnya. Detail warna high gloss Black tersebut terdapat pada BMW M-specific kidney grille, M gills yang khas, tutup kaca spion luar dan spoiler belakang.

Badge BMW M5 Competition berwarna Hitam menempel pada M-specific kidney grille, BMW M gills dan bagasi. Seluruh detail tersebut ditutup dengan exhaust system berwarna Black Chrome.

Lima pilihan warna eksterior ditawarkan, mulai dari Alpine White, Black Saphire, Marina Bay Blue, Donington Grey Metallic, dan Bluestone Metallic, serta dua pilihan warna baru Brands Hatch Grey dan Motegi Red metallic. 

Opsi velg juga bisa dipilih dengan desain baru yaitu 20" M light alloy wheels Y-spoke style 789 M, forged wheel, Bicolour, Jet Black, serta burnished with mixed tyres.

Interior BMW M5 Competition

BMW M5 Competition

Bicara bagian interior, tentunya kemewahan dari BMW M5 Competition sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Beberapa peningkatan juga dilakukan seperti tampilan layar lebih besar dan konsep pengoperasian baru dengan mode BMW M.

Layar berukuran 12,3 inci ini semakin memudahkan pengendara untuk mengawasi dengan jelas berbagai fungsi yang terkait dengan sistem dinamika berkendara dan penggerak BMW M xDrive. 

Pengemudi juga bisa lebih cepat beralih dari mode drive Road dan Sport. 

Pengemudi BMW M5 Competition juga bisa mengaktifkan moda Track, sebuah mode berkendara khusus di sirkuit balap. Dengan mengaktifkan mode tersebut, semua fungsi kenyamanan dan keselamatan sistem bantuan pengemudi akan dimatikan, sehingga sensasi berkendara secara manual layaknya mobil-mobil balap di sirkuit akan didapatkan. 

Untuk bisa kembali ke mode Road yang merupakan standar berkendara dengan nyaman dan aman di mobil ini, tinggal menekan tombol Mode M.

Mesin BMW M5 Competition

BMW M5 Competition

BMW M5 Competition menggendong mesin V8 dengan kekuatan tenaga sangat mengesankan. Output maksimum yang dikeluarkan mencapai 625 hp pada 6.000 rpm, serta torsi puncak sebesar 750 Nm di 1.800 rpm - 5.860 rpm.

Karakter mesin bisa diubah hanya dalam satu sentuhan tombol, dari mode dasar Efficient ke Sport dan Sport+.

Gerakan laju dari 0 – 100 km/jam hanya ditempuh dalam 3,4 detik saja dengan speed tertinggi mencapai 250 km/jam. Pergerakan super cepat ini kemudian menempatkan BMW M5 Competition masuk dalam jajaran mobil super-sports cars. 

Transmisi BMW M Steptronic 8-percepatan hadir sebagai pengantar tenaga buas BMW M5 Competition yang menjadikan proses perpindahan gigi cukup singkat dengan respon cepat dan tepat di setiap dorongan pedal gas. 

Pengemudi juga bisa menggunakan paddle shift di lingkar kemudi untuk lebih merasakan sensasi berkendara secara manual.

Yang juga baru di model ini adalah penggunaan BMW M Carbon ceramic brakes yang bisa dikenali dari kaliper warna emas dengan logo BMW M. Fitur ini mampu menahan keausan dengan lebih baik, lebih ringan 23 kilogram, serta memberikan kinerja pengereman dan stabilitas termal yang lebih baik, termasuk tahan serta bekerja dengan baik saat melintas di sirkuit. 

Harga BMW M5 Competition

Resmi masuk ke Indonesia, BMW M5 Competition dibanderol dengan harga 'selangit'. Untuk bisa memilikinya, siapkan uang sebesar Rp 4,789 miliar, itu pun masih harga off the road.

Permasalahan lain bukan itu saja, meski punya uang sebesar banderol yang ditentukan, bukan jaminan bisa membeli mobil mewah tersebut. Pasalnya BMW Group Indonesia hanya kebagian jatah 40 unit saja, artinya siapa cepat dia dapat.

Harga tersebut juga sudah termasuk BMW Service Inclusive, program after sales yang membebaskan semua biaya perawatan mobil untuk masa kepemilikan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana yang lebih dulu. Termasuk juga garansi 36 bulan tanpa batasan kilometer. 

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga