OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Spesifikasi Motor Marc Marquez dan Pol Espargaro di MotoGP 2021



Spesifikasi Motor Marc Marquez dan Pol Espargaro di MotoGP 2021

23 Feb 2021

Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Pol Espargaro di MotoGP 2021 siap menggunakan Honda RC213V dengan berberapa modifikasi.

Marc Marquez dan Pol Espargaro siap membela Repsol Honda di Musim MotoGP 2021. Bagi Marquez, ini menjadi kesekian kalinya dia bersama Repsol Honda. Sedangkan untuk Espargaro ini menjadi harapan baru setelah di musim sebelumnya bergabung dengan Red Bull KTM.

Seperti dilansir Honda Racing Corporation, Tim Repsol Honda bersiap untuk mengatur ulang dan menunjukkan bahwa mereka siap untuk tantangan apa pun. Terlebih, mereka mengklaim baik Marquez maupun Espargaro, masih menjadi pembalap terbaik saat ini.

Kedua pembalap ini memang baru terlihat setim di Repsol Honda. Namun begitu, keduanya memang memiliki daya juang tinggi, karena mereka sudah melakukan balapan sejak dini bersama, di kejuaran lokal Spanyol hingga 446 Kejuaraan Dunia dengan raihan 184 podium, 109 tiang dan 97 kemenangan.

Dibalik persiapan mental Marquez dan Espargaro yang berada dalam posisi baik, tentu saja ada hal yang tak kalah penting dalam MotoGP 2021 yaitu, persiapan sosok sepeda motor Honda RC213V.

Honda RC213V
Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Pol Espargaro di MotoGP 2021 siap menggunakan Honda RC213V dengan berberapa modifikasi. 

Ya, Repsol Honda telah mengumumkan Honda RC213V terbaru yang akan digunakan Marquez dan Espargaro. Disebutkan, livery Honda RC213V musim ini masih mengkombinasikan warna yang sama seperti musim lalu, yaitu gabungan kelir merah, orange dan putih.

Namun begitu, ada beberapa perbedaan untuk Honda RC213V musim 2021, antara lain:

1. Sasis

Untuk tahun 2021, sasis telah dimodifikasi jadi lebih rigid dan seimbangan, sehingga mampu melibas lintasan untuk mencapai kompatibilitas maksimum saat menikung atau stabilitas. 

Selain itu, sasis berbahan aluminium twin-spar juga sangat ringan, sehingga memberikan karakteristik kekakuan dan kekuatan ideal yang diperlukan untuk menahan dan menghasilkan daya yang lebih besar dari mesin RC213V ke ban belakang. 

Selain itu, sasis juga sangat fleksibilitas karena dirancang agar dapat  meningkatkan cengkraman ban.

2. Suspensi

Untuk  menyeimbangkan sasis, Honda RC213V 2021 sudah dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang dari Ohlins. Ya, suspensi ini akan menjaga agar ban tetap menempel ke aspal sehingga menghasilkan daya cengkraman maksimal, meski di beberapa titik menghantam ribuan benturan dan riak yang ditemui di setiap putaran.

3. Bodi

Penyegaran Honda RC213V 2021 tak luput dari ubahan desain bodywork serat karbon yang lebih ringan dan jadi se-aerodinamis mungkin. RC213V 2021 memiliki fairing terbaru untuk mencapai akselerasi maksimum, termasuk handling, dan pengereman melalui pengelolaan aliran udara.

Dalam beberapa tahun terakhir, 'sayap kecil' aerodinamis memainkan peran yang semakin penting di MotoGP dan merupakan beberapa perubahan yang paling terlihat di setiap musim.

4. Ban

Untuk musim MotoGP 2021, Honda RC213V masih menggunakan ban buatan Michelin. Pemakaian merek ban asal Prancis ini, tak lain karena masih menjadi pemasok di musim MotoGP.

5. Pengereman

Honda RC213V sudah dipasang rem depan serat karbon dari Brembo. Dengan menggunakan sistem pengereman karbon, maka dapat menghasilkan tenaga pengereman yang luar biasa.

Dalam kondisi basah dan kering, penutup eksternal dan saluran pendingin terkadang ditambahkan untuk membantu mengatur suhu rem.

6. Mesin

Untuk jantung pacu, Honda RC213V telah disematkan mesin  V4 silinder dengan kapasitas 1.000 cc yang mampu menghasilkan daya lebih dari 241 Tk.

Perlu dicatat, pada musim MotoGP 2021 pengembangan mesin selama musim dingin telah dilarang karena adanya perubahan regulasi. Itu artinya, Honda RC213V masih menggunakan spesifikasi mesin yang sama seperti tahun 2020.

Berikut detail Spesifikasi Honda RC213V MotoGP 2021:

Panjang : 2052 mm
Lebar : 645 mm
Tinggi : 1.110 mm
Jarak sumbu roda : 1.435 mm
Road Clearance : 115
Berat (kg) : Sesuai peraturan FIM
Tipe mesin : Berpendingin cairan, empat langkah, DOHC 4 katup, V-4
Volume : 1000 cc
Daya maksimum : Lebih dari 180 KW
Jenis rangka : Aluminium twin-tube
Roda Depan : 17 inci
Roda Belakang : 17 inci
Suspensi Garpu : Teleskopik
Suspensi Belakang : Pro-link
Kapasitas tangki bahan bakar : 22 liter

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga