Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    InformasiJasa & KeuanganStok BBM, LPG dan Avtur pada Libur Natal dan Tahun Baru Dipastikan...

    Stok BBM, LPG dan Avtur pada Libur Natal dan Tahun Baru Dipastikan Aman

    Meski pemerintah membatalkan cuti bersama yang bertepatan dengan libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru untuk mencegah penularan virus Covid-19, namun tak sedikit masyarakat tetap melakukan pergerakan agar tetap berkumpul bersama keluarga tercinta.

    Mau tak mau, arus hilir mudik orang dan barang akan tetap krusial seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini pula membuat PT Pertamina Persero memastikan ketersediaan stock energi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG dan Avtur agar tetap tercukupi selama Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    Menurut Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut, Pertamina secara korporasi telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak 7 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021 untuk memastikan ketersediaan energi untuk masyarakat di seluruh Lembaga Penyalur Pertamina (SPBU, Agen LPG, Pangkalan dan lembaga penyalur lainnya) dari Sabang sampai Merauke untuk menghadapi momen Libur Pilkada, Natal dan Tahun Baru 2021.

    “Kami telah melakukan proyeksi untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG, atas dasar proyeksi itu kita menambah buffering stok BBM selama masa Satgas tersebut sebesar 5 persen. Sedangkan untuk LPG kita menambah pasokan lebih dari 2 juta tabung LPG 3kg se Sulawesi atau sekitar 4 persen lebih banyak pada 9, 24-25 dan 31 Desember 2020,” ungkap Rama dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

    Kata Rama, Pertamina Regional Sulawesi telah melakukan proyeksi konsumsi energi, antisipasi potensi cuaca dan bencana, menyediakan layanan terbaik, serta berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam upaya memastikan ketersediaan BBM, LPG dan Avtur.

    Untuk konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat udara, diperkirakan naik sebesar 9,4 persen dibandingkan konsumsi normal harian November 2020. Dimana potensi tingginya arus mudik menggunakan moda transportasi udara diprediksi akan tinggi.

    Sebagai langkah antisipasi, Pertamina menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata, serta titik-titik tempat terjadinya kerumunan massa.

    “Potensi cuaca buruk serta bencana longsor dan banjir juga telah kami antisipasi. Skenario supply alternatif dan emergency baik via darat dan laut telah kami siapkan untuk dilakukan. Kami melakukan yang terbaik yang dapat kami lakukan. Sehingga masyarakat bisa nyaman dan tenang dalam momen natal dan tahun baru ini,” imbuhnya.

    Sebelum masyarakat mudik dan berlibur, Pertamina menghimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan kesiapan kendaraan salah satunya dengan mengisi bahan bakar kendaraan dalam keadaan penuh dan mengganti pelumas kendaraan.

    “Seluruh Operator SPBU kami telah menerapkan protokol kesehatan dan kami himbau masyarakat di era Pandemi ini untuk menggunakan aplikasi My Pertamina dalam bertransaksi di SPBU untuk meminimalisir kontak melalui uang tunai. Selain itu banyak kemudahan dan promo yang bisa dinikmati melalui aplikasi tersebut,” pungkas Rama

    Sampai dengan 31 Desember 2020, masyarakat yang membeli Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite menggunakan aplikasi MyPertamina akan mendapatkan promo harga BBM lebih hemat Rp 250,- per liter serta terdapat berbagai macam promo bright gas seperti gratis tukar tabung dan diskon isi ulang apabila memesan melalui Pertamina Call Center 135.

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait