OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Review /  Sudah Bisa Dipesan, Ini Daftar Harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize



Sudah Bisa Dipesan, Ini Daftar Harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

03 May 2021

Daihatu Rocky dan Toyota Raize. (Sumber Daihatsu & Toyota) (D Herdi Muhardi)

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize akhirnya resmi hadir di Indonesia. Keduanya sudah bisa dipesan di dealer-dealer terdekat dengan harga sesuai kebijakan pemerintah perihal potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah hingga 100 persen.

Ya, jika ingin membeli si kembar dengan diskon PPnBM sampai 100 persen syarat yang harus dilakukan hanya sampai Mei 2021. Sebab, pada Juni-Agustus 2021 diskon PPnBMnya hanya sebesar 50 persen.

Sementara untuk periode September-Desember 2021 potongan PPnBM akan kembali turun namun sekitar 25 persen saja. Nah, selepas itu, kemungkinan akan harganya akan kembali normal tanpa ada potongan atau diskon PPnBM.

Perlu diketahui juga, kalau Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sejatinya sudah diluncurkan pertama kali di ajang Tokyo Motor Show 2019 di Jepang. Kedua mobil ini memang hasil kerja sama antara Daihatsu dan Toyota.

Di Indonesia sendiri, Daihatsu dan Toyota berada di satu paying, yaitu perusahaan Astra Group, alhasil kedua brand ini memang kerap melahirkan mobil-mobil kembar, mulai dari Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, lalu ada juga Toyota Rush-Daihatsu Terios. Dikelas mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) ada juga Toyota Agya-Daihatsu Ayla, kemudian Toyota Calya-Daihatsu Sigra.

Nah, yang jarang OLXer tau, semua mobil kembar yang dipasarkan di Indonesia ini diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor, dimana pabrik produksinya Daihatsu sendiri ada di Karawang, Jawa Barat dan juga Sunter, Jakarta. Nah, ini pun termasuk  Rocky dan Raize. 

Jika membahas Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, keduanya memang mirip. Namun begitu, sama seperti produk kembar sebelumnya, baik Daihatsu maupun Toyota memberikan perbedaan. Mau Tahu apa yang bedanya?

"Secara keseluruhan (keduanya) sama. Bedanya lebih pada tampilan grill. Rocky ke atas tersenyum lebar dan Raize ke bawah. Sedangkan fitur disesuaikan dengan target konsumen," kata Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Ya, desain Daihatsu Rocky pada bagian grille besar membentuk trapesium sedangkan Toyota Raize pada grille dibuat terbalik berbentuk trapezoidal melebar ke bawah hingga menyatu area fog lamp. 

Daihatsu Rocky memiliki fitur next generation smart assist, blind spot monitor, rear cross traffic alert (RCTA), lane keep control, dan sistem hiburan yang terintegrasi dengan Daihatsu Connect.

Sedangkan, Toyota Raize hadir dengan fitur yang juga terdapat pada Daihatsu Rocky seperti adaptive cruise control, collision warning, crash avoidance braking function, panorama parking assist, serta erroneous start prevention function with braking control.

Daihatsu Rocky punya Advance Safety Assist (A.S.A), sedangkan untuk Toyota Raize punya Toyota Safety Sense (TSS). Keduanya disebut hadir di varian tertinggi. 

Daihatsu Rocky A.S.A memiliki enam fitur keselamatan penting, yang terdiri dari Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, terakhir Lane Departure Prevention.

Sedangkan Toyota Raize GR Sport ada di Toyota Safety Sense (TSS) lebih lengkap lagi fitur keselamatannya, karena memiliki enam airbag, Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control. 

Secara dimensi keduanya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, yaitu panjang 4.030mm, lebar 1.710mm, tinggi 1.635mm. Untuk  jarak sumbu roda 2.525 mm dengan ground clearance 200 mm. 

Menyoal jantung pacu, keduanya masih menggunakan mesin 1KR-VET 3-silinder, berkapasitas 1.0-liter plu turbo yang menghasilkan daya 96 Tk dan torsi 140 Nm. Semuanya sudah dilengkapi pilihan transmisi manual maupun CVT.

Nah, OLXer yang mau tahu harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, berikut daftarnya:

Harga Daihatsu Rocky

  1. Rocky 1.0 R TC MT 214,2 jut
  2. Rocky 1.0 R TC MT ADS Rp 222,2 juta
  3. Rocky 1.0 R TC CVT Rp 227.4 juta
  4. Rocky 1.0 R TC CVT ADS Rp 235,4 juta
  5. Rocky 1.0 R TC CVT ASA Rp 236.1 juta

Harga Toyota Raize

  1. Raize 1.0 Turbo G Rp 219,9 Juta
  2. Raize 1.0 Turbo G CVT Rp 233,1 Juta
  3. Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT Rp 244,7 Juta
  4. Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS CVT Rp 263,7 Juta

Perlu dicatat, harga di atas merupakan on the road Jakarta, ditambah sudah sesuai dengan kebijakan diskon PPnBM sebesar 100 persen yang hanya berlaku sampai Mei 2021.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga