OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Sudah Musim Hujan, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Rusak



Sudah Musim Hujan, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Rusak

15 Sep 2021

Ilustrasi AC mobil. (Istimewa)

Memasuki musim hujan, para pemilik mobil biasanya wajib melakukan perawatan ekstra, tak terkecuali pada bagian penyejuk udara atau air conditioner (AC).

Ya, AC tidak hanya menjadi penyejuk di dalam kabin ketika kondisi cuaca panas. Sebab saat turun hujan, keberadaan AC bisa sangat membantu lantaran jadi cara ampuh menghilangkan embun yang menempel pada kaca jendela.

Oleh karena itu, agar segala persiapan mengemudi saat hujan berjalan dengan lancar, maka OLXer melakukan perawatan AC ke bengkel khusus. Jika memang tak sempat, setidaknya OLXer harus menghilangkan beberapa kebiasaan buruk yang memicu kerusakan AC pada mobil.

Jendela berembu
Ilustrasi kaca jendela menajdi berembun. (Shutterstock)

Nah, seperti dilansir situs bengkel AC Rotary Bintaro, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak AC:

1. Mematikan AC mobil bersamaan dengan mematikan mesin mobil

Meskipun kelihatannya sepele, ternyata kebiasaan satu ini justru memicu AC mobil cepat rusak. Banyak orang masih melakukan hal tersebut, yaitu tidak memosisikan suhu AC hingga mati dulu sebelum mematikan mesin dan mencabut kunci mobil.

Apabila hal ini jadi kebiasaan dan masih dilakukan, sebaiknya segera dihentikan sebelum AC mobil benar-benar rusak. Sebab jika sampai rusak dan harus melakukan perbaikan, tentu itu akan sangat merepotkan dan memakan biaya.

2. Kabin mobil yang kotor

Sama seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar, kita juga perlu menjaga kebersihan kabin mobil. Sebab kabin mobil yang kotor dan berdebu bisa menyebabkan AC mobil rusak karena kotoran yang masuk ke dalam selang AC.

Tentu saja hal ini biasanya tidak disadari oleh empunya mobil hingga AC mobil tidak mau berjalan seperti sedia kala.

3. Pemasangan pengharum mobil yang salah

Memasang pengharum pada mobil memang sah sah saja, agar mobil terasa nyaman untuk digunakan setiap saat. Namun sayangnya pemasangan pengharum mobil yang salah ini justru bisa menyebabkan kerusakan pada AC mobil.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan letakkan pengharum dekat AC mobil karena partikel dari pengharum tersebut bisa menghambat ventilasi AC mobil.

4.  Menaikkan suhu AC mobil mendadak

Kebiasaan satu ini masih sering dilakukan banyak orang, terlebih jika cuaca saat berkendara tidak mendukung alias terlalu panas. Ada juga orang yang tiba-tiba meningkatkan suhunya dari angka 1 ke 3.

Sayangnya, hal inilah yang menyebabkan AC mobil cepat rusak. Ada baiknya jika menaikkan suhu dengan perlahan sehingga kinerja AC mobil pun tidak mendadak meningkat pula.

5. Jarang membersihkan AC mobil

Jarang mengecek atau membersihkan AC mobil adalah kebiasaan yang bisa menyebabkan penyejuk kabin mobil menjadi cepat rusak.

Oleh karena itu, memang kita tidak perlu membersihkan AC mobil setiap hari. Akan tetapi, kita harus melakukan perawatan AC mobil dalam jangka waktu tertentu ke bengkel AC mobil.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga