Copied to clipboard!
Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross (Foto : Toyota Global)



MOBIL BARU

Toyota Corolla Cross Meluncur di Thailand, Siap Masuk Indonesia?

Author : Zainal Abidin

10 Jul 2020


Toyota Thailand baru saja melakukan debut perdana Corolla Cross, model SUV baru Toyota pada Kamis, 9 Juli 2020. Meski bernama Corolla yang orang tahu merupakan model sedan andalan Toyota, tapi model ini terlihat lebih mirip dengan model SUV RAV-4. Tidaklah mengherankan ketika Toyota Motor Thailand Company Ltd menyebutnya dengan konsep 'Corolla Meets SUV'

"Produk baru ini ada di segmen SUV, dan Thailand jadi negara pertama di dunia untuk mengenalkan All-New Corolla Cross. Platform-nya dari model Corolla sedan," ujar Michinobu Sugata dalam siaran persnya,” beber Presiden Toyota Motor Thailand Company Ltd Michinobu Sugata saat proses peluncuran.

Corolla Cross mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA), sama dengan yang digunakan pada model Toyota C-HR, Toyota Corolla Altis, dan model terbaru Toyota lainnya. 

Dari sisi fascia, Corolla Cross mengadopsi desain lampu utama yang besar dengan bentuk meruncing dan terkoneksi pada bagian grill. Bahasa desain ini memang lagi digandrungi karena punya kesan modern dan futuristik.

Memperkuat ciri khas sebuah SUV maupun crossover, pada sisi samping terdapat over fender dan juga roof rail di bagian kap atas. Sementara di bagian belakang ada bumper berwarna gelap yang dipadu dengan desain lampu LED Horizontal. 

Pas masuk di bagian interior ada kesan elegan dengan mayoritas corak warna hitam yang dikombinasikan dengan warna cerah dan terang. 

Sistem pendingin udara digital semakin menambah kenyamanan berada di dalam ruang kabin, apalagi Toyota Corolla Cross juga dilengkapi head unit touchscreen 9 inchi yang bisa terhubung dengan perintah suara dan Apple CarPlay dan speaker 6 sisi.

Toyota Corolla Cross hadir dengan dua pilihan mesin transmisi CVT. Pilihan pertama adalah mesin berkode 2ZR-FBE 1.8 liter dengan tenaga 140 Ps di 6.000 rpm, dan torsi 177 Nm di 4.000 rpm.

Untuk pilihan kedua ada mesin Hybrid 2ZR-FXE THS II yang secara keseluruhan mampu menghasilkan tenaga maksimal 122 PS.

Fitur-fitur mewah serta terkini juga hadir pada Corolla Cross mulai dari Moon Roof, Power Adjustable Driver Seat, Dual-Zone Automatic Climate Control, Armrest serta USB outlets untuk penumpang belakang.

Urusan fitur keamanan juga sudah lengkap mulai dari Drive Start Control, 7 Airbags, Hills Start Assist, Blind Spot Monitor, Tire Pressure Monitoring System, Rear Cross Traffic Alert, Cruise Control, Automatic High Beam, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, dan Power Window Back Assist.

Di Thailand, Corolla Cross dijual dalam 4 varian dengan rentang harga mulai dari 989.000 baht (Rp 458 juta) sampai 1.199.000 baht (Rp 555 juta). 

Toyota Corolla Cross Kemungkinan Masuk Indonesia

Diproduksi di pabrik Toyota Thailand yang berada di provinsi Chachoengsao, Thailand, SUV baru Toyota ini akan memenuhi permintaan pasar domestik dan juga ekspor.

Salah satu negara tujuan ekspor dari Corolla Cross termasuk Indonesia, jadi besar kemungkinan model ini juga akan dijual di Tanah Air. 

Tapi sejauh ini belum ada informasi detail kapan meluncur dan juga kisaran harga jualnya. 

Yang pasti, jika Corolla Cross masuk Indonesia, beberapa pesaing di segmen ini sudah siap menunggu. Sebut saja Mitsubishi Outlander Sport, Mazda CX-30, Honda CR-V dan Mazda CX-5.

Kita tunggu saja kejutan dari Toyota di tahun yang penuh tantangan ini.