Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriSUV Mewah Terbaru Audi Meluncur di GIIAS 2019, Apa Hebatnya?

    SUV Mewah Terbaru Audi Meluncur di GIIAS 2019, Apa Hebatnya?

    Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) turut diikuti merek mobil premium asal Jerman, Audi melalui PT Garuda Mataram Motor, selaku Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia.

    Di hajatan otomotif tahunan yang berlangsung ICE, BSD, Tangerang Selatan, Audi melengkapi jajaran mobil mewahnya dengan menghadirkan Sport Utility Vehicle (SUV) Audi Q8.

    Menurut COO PT Garuda Mataram Motor Jonas Chendana, Audi Q8 mengkombinasikan keleluasaan dan keergonomisan sebuah SUV dengan garis desain yang elegan dari sebuah SUV coupe. 

    “Dijejali berbagai kelengkapan, sistem konektivitas yang canggih dan ketangguhan di medan offroad, mobil ini menjadi rekan yang tepat untuk berlibur maupun berbisnis sekalipun,” ungkap Jonas saat ditemui di acara GIIAS 2019.

    Nah, untuk lebih jelas soal Audi Q8 berikut ulasannya:

    Eksterior

    Audi Q teranyar ini memiliki dimensi lebih panjang dan lebar dibandingkan Audi Q7 yaitu panjang 4.990 mm, lebar 2.000 mm. Sedangkan tinggi lebih rendah, yakni hanya mencapai 1.710 m. Sedangkan jarak sumbu roda hampir mencapai 3.000 mm.

    Secara desain eksterior, Audi Q8 hadir dengan tampilan  wajah baru dari keluarga SUV Q milik Audi. Selain itu, single frame grille berbentuk oktagonal pada bagian depan diklaim memberikan kesan  mewah dan sporty. 

    Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe dan berakhir di pilar-D, agar tampil kokoh dan menegaskan kemampuan hebatnya sebagai sebuah SUV.

    Interior

    Masuk ke dalam kabin, Audi Q8 tak lepas dari konsep interior premium khas Audi. Selain itu, hampir dari kabin ini dibalut kulit berwarna hitam sehingga memberikan kesan elegan. 

    Belum sampai disitu, jeroan interior ini juga memiliki sistem kendali terpusat MMI yang dapat diakses melalui dua layar utama di tengah-tengah dashboard. 

    Layar pertama, jadi layar utama berukuran 10,1 inci untuk kendali infotainment dan navigasi yang dilengkapi dengan tampilan 3D view camera dan layar kedua adalah layar 8,6 inci di bawahnya yang digunakan untuk mengatur penyejuk kabin, fungsi-fungsi kenyamanan dan input tulisan. 

    Di balik lingkar kemudi terdapat Audi Virtual Cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadi pusat informasi bagi sang pengemudi. Selain itu, masih banyak lainnya fitur-fitur canggih yang dibenamkan mobil tersebut. 

    Performa Mesin

    Jantung pacu  Audi Q8 cukup menarik, karena dibenamkan teknologi Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV) dengan kombinasi mesin bensin V6 berkapasitas 3,0 liter yang dapat menghasilkan tenaga 340 Tk dan torsi 500 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi otomatis 8 speed Tiptronic.

    Adapun dengan teknologi MHEV mengintegrasikan baterai  lithium-ion dan Belt Alternator Starter (BAS) menjadi sistem kelistrikan utama 48-volt. Teknologi ini memungkinkan Q8 untuk menjelajah di antara kecepatan  55 – 160 km/jam dengan kondisi mesin mati, hingga saatnya BAS akan menyalakan kembali mesinnya dengan cepat dan sangat lembut. 

    Secara keseluruhan, dengan mesin ini, Audi Q8 diklaim dapat berakselerasi 0 – 100 km/ jam hanya dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/ jam. 

    Dengan  BAS, maka dapat mengumpulkan kembali energi hingga 12kW, hasilnya teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

    Harga 

    Hadir dengan delapan pilihan warna, yaitu Deep Black, Carrara White, Samuray Grey, Florist Silver, Dragon Orange, Argus Brown, Galaxy Blue dan Cobra Beige, Audi Q8 yang dipasarkan di Indonesia dijual dengan banderol Rp 2,455 miliar on the road. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait