BERITA

Suzuki Kasih Kejutan di Segmen Low SUV dengan Hadirkan Penantang Rush-Terios

30 Aug 2019

Jakarta - Suzuki bakal bikin sebuah kejutan dengan rencana menghadirkan penantang dari Low SUV kembar Rush Terios di Indonesia. Sinyal kejutan ini dibeberkan langsung oleh Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di acara All New Ertiga TripVenture yang berlangsung di Cirebon, Rabu (28/8/2019). 

"Kalau kami lihat pasar Low SUV khususnya tiga baris menarik buat Suzuki. Misalnya saja Ertiga. Pasar terus berubah. Ertiga belum ada 2 tahun sudah ada 2 perubahan. Kami akan coba mengakomodir yang ada di sini. Ketika produk baru nanti di bawa ke sini, semoga bisa mengakomodir kebutuhan konsumen,” beber Donny memberikan bocoran. 

Hanya saja untuk lebih detail, soal kapan dan bagaimana spesifikasi Low SUV Suzuki ini, ia masih enggan berkomentar lebih banyak. 

Tapi bila melihat India, Maruti Suzuki India baru saja meluncurkan sebuah SUV bernama XL6 yang dikembangkan dari basis Suzuki Ertiga. Kuat dugaan model ini juga yang akan jadi kejutan tersebut.

Bedanya di India XL6 punya konfigurasi kursi dengan captain seat, nah di Indonesia Suzuki lebih cenderung ingin bermain di segmen SUV 7-seater. Namanya pun berubah menjadi XL7, sebagai kode jumlah bangku. 

Lebih jauh Donny mengakui kalau strategi awal penjualan XL7 tidak diawali dengan impor seperti model Celerio dan Ciaz. Besarnya potensi pasar Low SUV di Indonesia membuat pihaknya percaya diri untuk langsung melakukan produksi disini.

"Low SUV itu potensi pasarnya besar. Makanya kami usahakan produksi disini dengan target penjualan di ats 2.000 unit sebulan. Kami maunya begitu. Dan kami yakin volume penjualan mobil ini bakalan menggembirakan,” pungkasnya.

Menyinggung soal strategi harga, Donny menyebut bakal sama dengan kondisi pasar di Indonesia saat ini, dimana posisi harga Low SUV akan lebih tinggi dibanding dengan harga Low MPV.

Sebagai gambaran harga Toyota Rush saat ini dimulai dari Rp 244.250.000, sementara untuk Toyota Avanza dimulai dari harga Rp 188.000.000. Jadi kemungkinan besar Suzuki XL7 bakal berbanderol di bawah harga Rp 300 juta. (Z)