Copied to clipboard!

Ilustrasi Suzuki Katana (motorcyclistonline.com)



MOTOR

Suzuki Katana 150 cc Bakal Masuk Indonesia?

Author : Herdi Muhardi

06 Feb 2020


Mendengar kata Suzuki Katana, pasti OLXer langsung terbayang mobil Suzuki bergaya offroad yang juga disebut Jimny. Namun perlu diketahui, Suzuki divisi roda dua juga punya motor bernama Katana.

Bahkan, Suzuki Katana model terbaru sempat muncul di pameran International Intermot di Koln, Jerman pada 2018 silam. Selain itu, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan juga sempat dibawa.

Ya, motor sport yang sempat berjaya di era-80an ini dianggap obat mujarab bagi mereka pecinta motor Suzuki. Hal ini bisa jadi ajang nostalgia. 

Nah kabar, terbaru Suzuki ingin membuat Katana jadi lebih terjangkau. Tentunya, opsi yang dipertimbangkan menurunkan spesifikasi mesin dari empat silinder berkapasitas 999 cc menjadi 125 atau 150 cc yang digunakan pada mesin GSX 150.

Jika melihat pasar 150cc, tentunya Indonesia jadi salah satu targetnya, karena Suzuki GSX150 sendiri dibuat di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi, Jawa Barat. 

Lantas apakah benar Suzuki Katana 150cc, siap dijual di Indonesia?

Menanggapi hal tersebut, Department Head of Sales and Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya angkat bicara. Menurutnya tidak semudah itu Suzuki menghadirkan model atau produk baru.

Sebaliknya, kata dia, untuk membuat motor dengan baik, maka perlu juga beberapa hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari harga kompetitif dan lainnya. 

“Sehingga saat ini kami masih menilai, apakah motor ini (Katana) harga dan lain-lain bisa cukup di accept di Indonesia,” ungkap Yohan saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Namun sayang saat ditanya lebih detail, Yohan enggan membocorkan pembahas Suzuki Katana 150cc lebih dalam.

Nah, OLXer yang memang ingin punya si legendaris Suzuki Katana versi 150cc, ada baiknya berdoa dulu ya. Semoga terkabul. Tapi kalau mau mesin 999cc mungkin bisa juga. Tapi siapkan dulu kocek yang cukup dalam pastinya.