Copied to clipboard!
Penjualan Suzuki Indonesia 2020

Suzuki New Carry Pick Up menjadi penyumbang terbanyak penjualan Suzuki Indonesia di bulan Oktober 2020 (Foto : Zie)



BERITA

Suzuki Peringkat ke-4, Merek Penjualan Mobil Terbanyak Januari-Oktober 2020

Author : Zainal Abidin

20 Nov 2020


Penjualan kendaraan roda empat Suzuki di Indonesia perlahan tapi pasti terus membaik dengan performa penjualan retail dan wholesales yang terus meningkat jelang akhir tahun 2020.

Di bulan Oktober kemarin, penjualan retail PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencapai angka 5.715 unit, sementara di sektor wholesales mencapai 5.143 unit. Total penjualan retail mobil Suzuki sepanjang periode Januari - Oktober tahun ini mencapai angka total 56.652 unit dengan kontribusi penjualan nasional sebesar 12,5 persen dari total keseluruhan 453.525 unit.

Jumlah penjualan retail tersebut menempatkan Suzuki berada di peringkat ke-4 daftar merek mobil dengan penjualan retail terbanyak di Indonesia. 

Begitu juga di sektor penjualan wholesales, Suzuki menempati posisi ke-4 dengan total sebanyak 50.045 unit dengan penguasaan 11,9 persen periode Januari - Oktober 2020. 

“Meski pasar otomotif sedang lesu, namun capaian penjualan Suzuki perlahan-lahan semakin stabil. Di bulan September dan Oktober, kami berhasil mencatat angka penjualan mendekati 6.000 unit. Tentunya hal ini juga berkat kepercayaan masyarakat yang memilih produk Suzuki sebagai kendaraan andalan. Kami berharap industri otomotif Indonesia semakin pulih dan stabil kembali menjelang akhir tahun,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).  

New Carry Pick Up masih menjadi penyumbang angka penjualan terbanyak bagi Suzuki dengan penjualan retail sebanyak 3.363 unit di Oktober 2020. Angka tersebut menyumbang 64 persen dari total retail Suzuki di bulan Oktober.

Terbaru, model light commercial vehicle  paling laris ini sekarang sudah menawarkan model yang lebih beragam dengan hadirnya model Minibus dan Blind Van yang bisa dimanfaatkan konsumen menunjang berbagai jenis usaha angkutan maupun logistik.

XL7 yang sekarang menjadi backbone SUV Suzuki di Indonesia juga berkontribusi sebanyak 11 persen disusul All New Ertiga sebesar 8 persen. 

Yang cukup menggembirakan dari tren penjualan Suzuki menjelang akhir tahun ini adalah dominasi dari produk-produk kendaraan yang diproduksi di Indonesia hingga 95 persen. Dimana ketiga model Suzuki tersebut memiliki tingkat muatan komponen lokal hingga 85 persen. 

Itu artinya, konsumen Indonesia sekarang lebih bangga menggunakan mobil Suzuki buatan Indonesia dibanding model yang diimpor dari luar negeri. Apalagi pasar global juga sudah sangat mengakui kualitas produksi mobil Suzuki Indonesia yang dibuktikan dengan capaian ekspor Suzuki selama Oktober 2020 sebanyak 4.190 unit.

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Tentunya dukungan dan kepercayaan dari masyarakat semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi dalam menstimulus pasar. Sehingga dalam berbagai hal, baik ekonomi, industri, dan sektor lainnya bisa kembali stabil dan pulih seperti sedia kala,” tutup Donny.