OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Suzuki Wagon R Buatan Indonesia Ternyata Lebih Laris di Luar Negeri



Suzuki Wagon R Buatan Indonesia Ternyata Lebih Laris di Luar Negeri

23 Sep 2021

Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R, mobil yang masuk kategori mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) ternyata penjualan masih kalah dari kompetitornya, seperti Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Bahkan jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Suzuki Karimun Wagon R selama Januari-Agustus 2021 hanya tembus 1.666 unit. Lain halnya dengan Honda Brio Satya yang tergolong laris hingga mencapai 22.641 unit.

Bahkan duo maut Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, penjualannya tercatat masing-masing di angka 13.030 unit dan 11.114 unit.

Menanggapi kurang bergairahnya penjualan Suzuki Karimun Wagon R, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra memang tak menampik kondisi tersebut.

“Kalau kita lihat konsumen Karimun Wagon R ini adalah konsumen yang fungsional, dan disaat masa pandemi ini memang penjualannya kami fokuskan ke arah fleet atau ke perusahaan,” ungkap Donny saat virtual conference dengan awak media beberapa waktu lalu.

Saat ditanya apakah menurunya penjualan Karimun Wagon R tanda untuk Suzuki melakukan perubahan, Donny sendirinya rupanya enggan berkomentar. Diapun mengatakan, belum bisa bicara detailnya.

Laris di luar negeri

Meski penjualan Karimun Wagon R melempem di Indonesia, namun ternyata mobil tersebut laris manis di luar negeri. Ya, Suzuki Karimun Wagon R ternyata di ekspor ke Pakistan dalam bentuk terurai atau Completely Knocked Down (CKD).

“Memang kalau kita lihat, volume ekspor dan volume domestik Karimun Wagon R ini lebih banyak ekspornya, dan ini memang salah satu cara strategi Suzuki bagaimana setiap produk ini mempunyai portofolio yang baik sehingga kami usahakan tidak bergantung di pasar domestik, tapi produk-produk ini kami ekspor dan bersaing di negara yang kami akan ekspor,” ucap Donny.

Sekadar informasi, menurut data Gaikindo, sepanjang Januari-Agustus 2021, ekspor Karimun Wagon R ke Pakistan dalam bentuk CKD sebanyak 12.336 unit. Sedangkan Donny mengatakan, untuk pasar ekspor, penjualan Januari-Agustus Suzuki Karimun Wagon R jadi penyumbang terbanyak lebih dari 12 ribuan unit, disusul Suzuki XL7 diangka 10 ribuan unit, Suzuki Carry di angka 9 ribuan unit dan Suzuki Ertiga mencapai 4.450 unit.

Adapun saat ini harga Karimun Wagon R, antara lain:

- Karimun Wagon R GA Rp 122.000.000

- Karimun Wagon R Blind Van Rp 134.500.000

- Karimun Wagon R GL M/T Rp 135.500.000

- Karimun Wagon R GL AGS Rp 144.500.000

- Karimun Wagon R GS M/T Rp 144.000.000

- Karimun Wagon R GS AGS Rp 152.500.000

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga