Copied to clipboard!
Suzuki XL7

Harga dan Spek Suzuki XL7



MOBIL BARU

Suzuki XL7, The New Extra Ordinary SUV

Author : Zainal Abidin

17 Feb 2020


Jakarta – Suzuki XL7 hadir di Indonesia mengusung tagline “The New Extraordinary SUV”, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhir pekan kemarin.

Mencoba peruntungannya di pasar SUV Tanah Air, XL7 mencoba menawarkan berbagai keunggulannya kepada konsumen. 

“Sebagai The New Extraordinary SUV, Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman, serta berbagai fitur yang canggih. Seluruh kelebihan itu membuat XL7 sebagai SUV 7-seater yang tangguh dengan tampilan yang lebih modern dan berkarakter. Kami harap, mobil terbaru kami ini mampu mendukung aktivitas keluarga Indonesia yang menyukai petualangan menyenangkan bersama orang-orang tercinta,” terang Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam peluncuran secara global Suzuki XL7.

SUV ini menjadi andalan SIS untuk meraih target pangsa pasar 12 persen di 2020 menemani Carry pick up dan Ertiga yang selama ini menjadi backbone penjualan merek otomotif berlambang S di Indonesia. 

Menurut Dony pihaknya menargetkan untuk menjual 2.000 unit Suzuki XL7 setiap bulannya. “Kita pasang target 20 persen market share di segmen medium SUV. Pasar medium SUV saat ini kan sekitar 10.000 per bulan, kami ambil sekitar 20 persen, jadinya 2.000 unit,” ucap Dony dengan cukup percaya diri kepada wartawan beberapa hari jelang peluncuran Suzuki XL7 secara global.

Lalu apa saja yang menjadikan Suzuki XL7 sebagai "Extra Ordinary" SUV menurut pihak Suzuki Indonesia? Mari kita bahas secara singkat bagian per bagian. 

Tampilan Gagah dengan Dimensi Lebih Bongsor

Suzuki XL7 adalah adik kandung dari Ertiga. Keduanya lahir dari line produksi yang sama, dan secara tongkrongan juga bisa dibilang sama, hanya saja berbeda karakter.

XL7 dibuat lebih bongsor dibandingkan kakak tertuanya kalau dilihat dari sisi dimensinya.

Dimensi Suzuki Ertiga berukuran 4.395 mm, dengan lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, berjarak sumbu roda 2.740 mm, serta ground clearance 180 mm. Sementara XL7 dibuat lebih jangkung dengan dimensi 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm serta jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm dan didukung ground clearance setinggi 200 mm. 

“Dimensi Suzuki XL7 menjadi salah satu selling point, karena dengan dimensi tersebut memberikan ruang lebih luas hingga baris ketiga,” ucap Donny.

Untuk mempertegas Suzuki XL7 sebagai mobil yang asyik diajak berpetualang, pada bagian atapnya tersemat roofrail. Sementara urusan penerangan, lampunya sudah pakai teknologi LED dan DRL, serta pelek berukuran R16 menggunakan ban ukuran 195/60. Khusus untuk varian Alpha, XL7 juga menawarkan warna bodi twotone

Interior Mewah, Punya Fitur Canggih Smart e-Mirror

Kabin Suzuki XL7 didominasi dengan warna hitam, mulai dari dasbor, doortrim hingga bahan pelapis jok. Nuansa gelap ini membawa kesan mewah di dalam kabinnya. Apalagi di sisi doortrim terdapat material soft touch. Penumpang dibuat semakin yamanan dengan hadirnya armrest di baris pertama dan kedua.

Urusan hiburan juga tambah keren dengan layar touch screen berukuran 8 inch di konsol tengah yang mudah dioperasikan. Serta tampilan Multi Information DIsplay (MID) sebagai pusat informasi terkait kendaraan yang terlihat dinamis serta modern.

Bicara soal fiturnya, mobil SUV baru dari Suzuki ini cukup berlimpah fitur yang bikin nyaman seisi kabinnya. Terbaru adalah smart e-mirror, spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung. Begitu juga dengan fitur keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga. 

Dari sisi fitur keamanannya, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer. 

Mesin Sama dengan Ertiga, Output Tenaga Lebih Besar

Menjelajah ke sektor dapur pacu dari Suzuki XL7, ternyata masih mengandalkan mesin sama dengan yang digunakan pada Ertiga, yakni mesin K15B DOHC berkapasitas 1.462 cc. Cuma ada sedikit perbedaan teknis saja yang menghasilkan perbedaan output dengan Ertiga. 

Jika output tenaga maksimal pada Ertiga 103,2 Hp pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm, di XL7 menjadi lebih baik. Menghasilkan daya sebesar 104,7 Hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. 

Pilihan Warna Twotone di Tipe Tertinggi

Varian Warna XL7

Alpha

Beta

Zeta

Rising Orange + Black

 

-

-

Brave Khaki + Black

 

-

-

Prime Cool Black

 

 

 

Pearl Snow White

 

 

 

Pearl Burgundy Red

-

 

 

Metallic Magma Grey

-

 

 

Harga Kompetitif

Tipe

Harga

XL7 ZETA M/T

Rp230.000.000

XL7 ZETA A/T

Rp240.500.000

XL7 BETA M/T

Rp246.500.000

XL7 BETA A/T

Rp257.000.000

XL7 ALPHA M/T

Rp256.500.000

XL7 ALPHA A/T

Rp267.000.000