Copied to clipboard!

Ilustrasi tuas transmisi matik vs manual.



TIPS

Pahami Huruf dan Angka Pada Tuas Transmisi Matik

Author : Herdi Muhardi

11 Jun 2020


Mobil dengan transmisi otomatis atau matik dalam beberapa tahun terakhir kian diminati. Alasannya pun sederhana, yaitu  lebih mudah dikendarai ketimbang mobil manual. 

Bahkan bagi kaum hawa, kebanyakan mengakui mengendarai mobil dengan transmisi otomatis membuat mereka mengemudi menjadi lebih simple.

Namun tak hanya kaum hawa, para lelaki juga mengakui, jika mengemudi dengan transmisi manual lama kelamaan bisa membuat pegal. Terlebih jika kondisi jalanan yang dilalui kerap kali mengalami kemacetan. 

Mobil bertransmisi otomatis sendiri memang hanya memiliki dua pedal, gas dan rem. Sementara manual memiliki pedal kopling yang juga harus diseimbangkan menggunakan kaki kiri supaya mesin tidak mati. 

Adapun pergantian gigi pada mobil matik pun cenderung mudah. Tuas transmisi hanya tinggal digerakkan ke posisi yang Anda mau yakni P, R, N, D, atau L. Tapi tahukah Anda arti huruf-huruf yang tertera pada tuas transmisi mobil matik?

Supaya tidak keliru saat berkendara, berikut penjelasannya. 

1. Park (P)

Simbol P memiliki arti Park atau memarkir. Sesuai dengan namanya, tuas transmisi diarahkan ke posisi ‘P’ bila Anda ingin memarkir mobil dalam waktu yang lama. 

2. R (Reverse)

Reverse pada mobil matik artinya mundur. Sama dengan simbol R di mobil manual. Fungsinya adalah untuk membantu mobil mundur ke belakang.

3. N (Netral)

N menjadi simbol Neutral atau netral. Dalam posisi ini, mesin dan transmisi tidak terhubung. Alhasil ketika mesin mobil menyala, mobil tak akan langsung maju atau mundur. Tapi, jika kondisi jalanan menurun atau menanjak maka sebaiknya injak pedal rem.

Sebaliknya, jika kondisi jalanan mendatar apalagi saat parkir paralel, maka pindahkan tuas transmisi ke posisi N agar nantinya bisa didorong sehingga tidak menghalangi pengendara lainnya. 

4. D (Drive)

Agar mobil bisa berjalan, OLXer perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi D. Mobil akan berjalan maju ke depan begitu tuas transmisi berada di posisi D. Nantinya mobil akan menyesuaikan gigi dengan sendirinya hingga gigi tertinggi.

5. L (Low) 

Sama halnya dengan D, tuas transmisi L juga bisa membuat kembali berjalan. Bedanya, Anda bisa menggunakan L ketika mobil melintas di tanjakan. 

6. 1 dan 2

Oia, terkadang ada juga angka 1 atau 2. Nah artinya, mirip-mirip D atau L. Akan tetapi jika diandaikan dengan transmisi manual, maka gigi mobil akan bertahan di gigi  1 saja. Demikian juga dengan angka 2, maka gigi bertahan hanya di gigi tertinggi yaitu 2 saja. Penggunaan transmisi hanya akan ada di posisi 1. 

Adapun 2, mobil akan menyesuaikan gigi pada posisi 2. Penggunaan gigi 1 dan 2 pada mobil transmisi matik sangat cocok dipakai ketika melewati medan yang curam. 

7. Shift Lock 

Biasanya di sebuah mobil tuas transmisi memiliki Shift Lock. Ternyata fungsi Shift Lock untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindah ke posisi N ketika mesin mati. 

Shift Lock akan bermanfaat ketika kita hendak parkir paralel, sehingga ketika mesin mobil matic mati di mana tuas transmisi berada di posisi P bisa dipindahkan ke N. Alhasil mobil bisa didorong untuk menggesernya.