OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Ternyata, Pabrik Daihatsu Indonesia Ekspor Mobil Untuk Toyota dan Mazda



Ternyata, Pabrik Daihatsu Indonesia Ekspor Mobil Untuk Toyota dan Mazda

25 May 2021

Ilustrasi jejeran mobil Daihatsu Xenia yang terparkir menunggu untuk disuplai ke sejumlah wilayah. (Daihatsu)

Merek mobil Daihatsu memang cukup laris penjualannya di pasar otomotif nasional. Selain jadi salah satu brand otomotif terlaris Daihatsu dikenal memiliki komitmen cukup tinggi, karena selain jumlah dealer yang banyak, mereka juga mempunya pabrik produksi di Indonesia.

Ya, melalui PT Astra Daihatsu Motor sebagai agen pemegang merek di Indonesia sekaligus basis produksi utama untuk grup otomotif Daihatsu, jadi merek mobil yang satu-satunya banyak memproduksi mobil di Tanah Air. Tepatnya di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat.

Nah, seperti dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) beberapa mobil Daihatsu yang diproduksi dan melibatkan anak bangsa dalam proses pembuatanya antara lain Ayla, Sigra, Luxio, Xenia, Terios, Gran Max hingga model terbaru Rocky.

Namun OLXer juga harus tahu, selain memproduksi untuk brand nya sendiri, Daihatsu juga membuat mobil-mobil yang dipasarkan dengan cap Toyota, diantara Agya, Calya, Avanza, Rush dan yang terbaru Raize.

Ya, Daihatsu dan Toyota memang berada di bawah payung Astra Group untuk pasar di Indonesia. Termasuk di Jepang sendiri sebagai tempat kelahiran kedua merek ini juga sudah menjalin kerja sama.

Nah, yang menarik lagi adalah, ternyata pabrik Daihatsu di Indonesia juga mengekspor beberapa mobil ke luar negeri, namun tidak menggunakan nama Daihatsu.

Ehm, kira-kira apa saja ya OLXer?

Ya, beberapa mobil yang dibuat pabrik Daihatsu di Indonesia namun di ekspor keluar negeri meliputi Toyota Town ACE, Lite AC, Avanza, Rush, hingga Wigo.

Tak tanggung-tanggung, mobil-mobil yang disebutkan di atas di ekspor ke sejumlah negara, di Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika hingga Amerika Tengah. 

Nah, berikut ini beberapa negara tujuan ekspornya, Jepang, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, Malaysia, Nepal, Bangladesh, Filipina, Peru, Arab Saudi, Kuwait, Guatemala, Oman, Mexico, Myanmar, St Vincent, Jamaica, Panama, Uni Emirat Arab, Bahrain, Iraq, Gabon, Nicaragua, El Salvador, Honduras, Kamboja, Nepal, Mauritius, Barbados, Antiqua, Dominican, Mesir, Uruguay, Trinidad, Curacao, Bahama, Suriname, Timor Leste, Laos, Srilanka, Ghana, Ekuador, Vietnam, Nigeria, Fiji, Sudan, Samoa, Puerto Rico, Tonga, Chili, Vanuatu, Trinidad, G Cayman, Bermuda, Tunisia, hingga Tahiti.

Selain itu, Daihatsu juga mengekspor mobil dengan label Mazda yaitu Mazda Bongo. Mobil yang dicomot dari Daihatsu Gran Max bermesin 1,5 liter ini dikirim secara utuh ke Jepang.

“Di Jepang mempunyai standar keselamatan yang berbeda dengan Indonesia. Khusus untuk ekspor ke Jepang, spesifikasinya mengikuti negara tujuan,” ungkap Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia beberapa waktu lalu.

Menurut Amel, memang tidak mudah membuat mobil dan hingga tembus pasar ekspor. Sebab, sejatinya banyak peraturan yang harus dipenuhi dan hal tersebut kerap kali sangat berbeda dengan regulasi di untuk mobil di Indonesia.

Nah, OLXer sekarang sudah tahukan apa saja produk Daihatsu yang dibuat di Indonesia dan ternyata juga di ekspor ke sejumlah negara. 

 

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga