Copied to clipboard!

Ilustrasi Charging Station Tesla di Swedia. (Shutterstock)



BERITA

Tesla Disebut Mau Bikin Pabrik di Batang Jawa Tengah

Author : Herdi Muhardi

13 Nov 2020


Perusahaan mobil listrik asal Amerika, Tesla, dikabarkan akan membangun pabrik di Batang, tepatnya di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Hal ini diungkapkan langsung Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin, Taufiek Bawazier.

“Sekarang ini sudah ada investasi Hyundai dan nanti berikutnya kita berharap Tesla masuk di Batang, katanya berminat,” ungkap Taufiek saat acara video conference bersama awak media.

Menurut Taufiek, ketertarikan Tesla untuk menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air, tak lain karena akan ada pabrik baterai mobil listrik berstandar Original Equipment Manufacturer di Indonesia.

Taufiek sendiri mencontohkan, bahwa ketertarikan Tesla membangun pabrik di China penjualan mobil di negeri Tirai Bambu cukup kompetitif. Bisa dibilang cukup laris. Sementara itu, untuk urusan baterai mobil listrik ada di Indonesia.

Ya, pemerintah sendiri meyakini bahwa Indonesia akan menjadi pemain utama pemasok baterai lithium di dunia. Hal ini didukung dengan kandungan nikel terbesar yang ada di Sulawesi, di mana nikel merupakan komponen utama dalam pembuatan baterai pada mobil-mobil Tesla.

Namun sayang, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku asosiasi belum mengetahui sejauh mana kejelasan informasi tersebut.

“Mudah-mudahan itu semakin meramaikan industri kendaraan bermotor di Indonesia,” tutur Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara. 

Hanya saja Kukuh berharap, dengan keberadaan pabrik Tesla hadir di Indonesia, maka hal tersebut semakin meramaikan industri otomotif di Indonesia, yang saat ini roadmap nya tidak hanya listrik, tetapi juga hybrid. 

Seperti diketahui, beberapa perusahaan luar negeri seperti LG Chem Ltd dari Korea Selatan dan Contemporary Amperex Technology Ltd dari China sudah lebih dulu berinvestasi untuk membangun pabrik baterai lithium di Indonesia.

Jadi, memang tidak menutup kemungkinan Tesla ngotot ingin bangun pabrik di Indonesia, tetapi bukan pabrik perakitan, melainkan pabrik baterai mobil listrik mobil Tesla.