OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Tips Aman dan Nyaman Mengendarai Motor Sport Full Fairing



Tips Aman dan Nyaman Mengendarai Motor Sport Full Fairing

02 Sep 2021

Ilustrasi komunitas penggemar motor Yamaha R15. (Istimewa)

Segmen motor sport model fairing memang kurang populer dibandingkan jenis matik. Namun begitu, beberapa sepeda motor terbaru dengan bentuk mirip motor balap ini termasuk disukai kalangan yang anak mudah yang mengedepankan performa.

Ya, motor sport model fairing, seperti halnya Yamaha R series mengedepankan fitur dan teknologi modern sehingga menunjang pengalaman berkendara, baik ketika perjalanan jarak jauh maupun saat digunakan untuk harian. 

Kendati demikian, dalam keterangan resminya, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan tips yang baik dan benar ketika menggeber jenis motor sport fairing di jalanan, agar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan, yaitu:

Riding posture

1.Riding posture mengikuti karakter sepeda motor, rileks dan senatural mungkin agar lebih mudah untuk melakukan handling dan menjaga kestabilan motor.

2. Posisi tangan mengikuti kontur stang dengan pergelangan dan siku menyudut. Posisi tangan yang lurus lebih susah melakukan handling saat bermanuver. 

Posisi kaki mendekap body motor (knee grip), hindari kaki yang mengangkang ini akan membuat kestabilan berkurang. Posisi punggung atau bahu rileks karena posisi setang rendah, badan disarankan sedikit membungkuk.

3. Posisi badan bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi pengoperasian sepeda motor. Jika saat berakselerasi, badan agak lebih membungkuk dan jika melakukan pengereman badan agak tegak, ini akan membuat pengendalian lebih stabil. 

Saat berbelok, badan segaris lurus dengan motor (lean with the bike), ini akan lebih aman karena berkendara di jalan raya.

Safety Gear

1. Disarankan gunakan helm full face standar SNI dan ukuran yang pas di kepala, ini akan membuat perlindungan lebih maksimal.

2. Gunakan jaket dan celana tertutup, disarankan khusus untuk berkendara, termasuk protector tangan dan kaki.

3. Gunakan sarung tangan khusus untuk berkendara yang menutupi semua bagian tangan dan jari agar saat mengoperasikan gas, rem dan kopling lebih maksimal (grip bagus).

4. Gunakan sepatu, disarankan yang menutupi sampai atas mata kaki, hindari menggunakan sandal.

5. Disarankan safety gear berwarna cerah, ini akan mudah terlihat oleh pengendara lain atau pengguna jalan lainnya sehingga membuat rider lebih aman.

Yang paling penting, berkendara harus dalam kondisi badan sehat atau fit, karena membuat Anda lebih konsentrasi dan fokus. Serta selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan utamakan keselamatan baik bagi diri sendiri dan orang lain.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga