OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Tips Basmi Virus Corona di Dalam Mobil Tanpa Rusak Interior



Tips Basmi Virus Corona di Dalam Mobil Tanpa Rusak Interior

18 Mar 2020

Kabin mobil BMW All New X4.

Salah satu cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona yaitu dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau bisa juga memakai hand sanitizer.

Ruangan di rumah OLXer juga bisa dilakukan pencegahan penyebaran virus, yaitu dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan yang bisa saja menempel di dinding, kursi, meja atau lainnya.

Namun pertanyaan bagaimana cara mencegah virus yang awalnya dari Wuhan, China itu jika di dalam mobil, karena di dalam sebuah kendaraan ada bahan-bahan yang dianggap rentan ketika dibersihkan?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, solusi untuk membersihkan virus Corona di dalam kabin mobil yaitu dengan menggunakan cairan yang mengandung alkohol 70 persen. Demikian dilansir Consumer Reports, Rabu (18/3/2020).

Mobil jadi salah satu media yang cukup rawan terkena penyebaran virus Covid-19, karena disana terjadi rotasi penumpang yang kemungkinan tangannya menyentuh bagian mobil. Belum lagi, jika ada penumpang dengan kondisi tidak sehat dan menunjukan gejala seperti terkena virus Corona.

Menurut director of Operations at Consumer Reports’ Auto Test Center, Jennifer Stockburger, untuk menghilangkan kuman atau virus Corona sekalipun, setidaknya ada beberapa bagian pada mobil yang harus dibersihkan karena sering disentuh, antara lain lingkar kemudi, tangkai penghapus wiper dan sinyal (lampu sein), gagang pintu, tuas gigi, tombol atau layar sentuh, sandaran pengemudi dan penumpang, serta masih banyak lainnya.

"Jika Anda seorang pengemudi taksi atau menyewa mobil rental untuk pergi bersama, atau tinggal di suatu tempat dengan banyak kasus Covid-19, maka membersihkan bagian ini jadi suatu keharusan," ungkap Stockburger.

Sementara itu, menurut Executive Director Global Innovation Yanfeng Automotive Interiors, Jeff Stout, alkohol 70 persen yang mengandung bahan utama isopropil dinilai efektif melawan virus Corona dan mampu membersihkan permukaan interior tanpa merusaknya.

Kata dia, Yanfeng yang merupakan pemasok suku cadang otomotif terbesar di dunia dan hampir digunakan di setiap pabrikan mobil besar, kerap kali menggunakan alkohol isopropil untuk setiap proses pembersihan.

"Kami akan menggunakannya untuk membersihkan noda atau segala jenis secara detail setiap waktu terakhir sebelum kami mengirimkan produk," kata Stout,

Stout mengatakan, alkohol isopropil digunakan untuk membersihkan beragam hiasan plastik, cat berbalut krom, hingga kulit imitasi. Semuanya disebut telah diuji dan dipastikan tidak rusak ketika terpapar alkohol isopropil murni.

Masih menurut Stout, penggunaan alkohol isopropil juga tidak menutup kemungkinan untuk membersihkan pada bagian permukaan lainnya dengan cara menggosok pada bagian kain lembut.

Kendati demikian, penggunaan cairan alkohol tidak disarankan dilakukan setiap saat, karena rentan terhadap kerusakan dan perubahan warna.

Bahan yang Tidak Disarankan Untuk Membersihkan Kabin

Adapun yang tidak boleh dilakukan ketika membersihkan interior yaitu dengan menggunakan pemutih atau hidrogen peroksida pada bagian interior.

Meskipun kedua bahan ini dapat membunuh virus Corona pada bagian permukaan, namun cairan itu kemungkinan akan merusak pelapis mobil. Selain itu, pemutih atau hidrogen peroksida juga jangan dipakai untuk membersihkan berbasis amonia pada layar sentuh mobil, karena dapat merusak lapisan anti-silau dan anti-sidik jari.

Alternatifnya, lebih baik menggunakan sabun dan air. Hanya saja pastikan ketika membersihkan kabin tidak menggosoknya terlalu keras. Karena hal tersebut bisa membuat warna menjadi luntur.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga