Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriTips Bepergian Sambil Membawa Anjing di Dalam Mobil

    Tips Bepergian Sambil Membawa Anjing di Dalam Mobil

    Hewan peliharaan seperti anjing memang sangat menggemaskan. Bahkan hewan yang disebut paling setia dengan manusia ini kerap kali ingin mengikuti majikannya kemanapun mereka pergi.

    Tak hanya itu, ketika sang pemilik mengemudi, tak sedikit hewan yang suka menggonggong itu turut ingin menumpang masuk ke dalam mobil.

    Nah, jika OLXer memang tak tega meninggalkan anjing di rumah dan ingin membawa ke dalam mobil, ada baiknya melakukan berbagai tips seperti di bawah ini:

    Sebelum Berangkat

    Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya melakukan berbagai langkah persiapan antara lain.

    – Pastikan hewan peliharaan sudah mendapatkan vaksinasi dasar serta vaksinasi tambahan, jika dibutuhkan, untuk melindungi dari penyakit-penyakit baru, seperti penyakit Lyme pada anjing. Temukan dan siapkan nomor dokter hewan darurat 24 jam selama perjalanan.

    – Apabila terpisah dari peliharaan, bawalah foto terbaru peliharaan. Kemudian menuliskan nomor ponsel di kalung identifikasi juga dapat menjadi pilihan yang baik. Jangan biarkan hewan piaraan kesayangan meninggalkan kendaraan tanpa kalung pengikat, ID tag dan tali.

    Bepergian bersama anjing

    – Tidak semua anjing dapat diajak berjalan-jalan, jadi ada baiknya melakukan beberapa latihan sebelum melakukan perjalanan panjang.

    – Jagalah anjing saat berkendara demi keselamatannya dan OLXer sendiri. Gunakan pengaman seperti tali pengikat, pet carrier atau cargo barrier. OLXer juga dapat menggunakan tali khusus untuk diikat di kursi belakang.

     – Jangan pernah biarkan hewan peliharaan duduk di kursi depan karena meningkatkan risiko terluka parah bahkan berakibat fatal jika airbag terbuka. Jika anjing berukuran besar, tempat terbaik untuk mereka adalah di area bagasi. Pertimbangkan untuk membeli cargo tray tambahan untuk melindungi karpet.

    – Jangan pernah tinggalkan anjing sendirian di dalam mobil. Di hari yang cerah, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat sehingga berpotensi mengakibatkan sengatan panas yang berlebihan, bahkan dengan jendela yang terbuka. Selain itu, hal tersebut meningkatkan risiko penculikan peliharaan.

     –  Apabila anjing merasa resah atau menggonggong terus-menerus, OLXer dapat memberikan mainan, chew toy, atau treats untuk tetap menyibukkan peliharaan Anda. Biasanya seekor anjing akan menjadi lebih tenang dan dapat menjadi lebih rileks jika memiliki kesibukan

    – Sesampainya di tempat tujuan, ajaklah anjing berjalan-jalan secara terikat untuk memastikan keamanannya serta membuatnya meregangkan kaki agar merasa lebih rileks. Seekor anjing yang terlatih sekalipun dapat merasa tidak nyaman di lokasi yang tidak familiar. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait