OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Tips Hemat dan Aman Ketika Melakukan Perjalanan Menggunakan Mobil Pribadi



Tips Hemat dan Aman Ketika Melakukan Perjalanan Menggunakan Mobil Pribadi

25 Dec 2020

Ilustrasi liburan dengan menggunakan mobil pribadi. (Shutterstock)

Bepergian bersama keluarga, kerabat dan teman dekat memang lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena kita bisa lebih bebas bercengkrama serta dapat membuat jadwal keberangkatan dan tempat singgah sesuka hati.

Hanya saja tak sedikit yang beranggapan, bahwa jika bepergian menggunakan mobil pribadi bisa membuat pengeluaran justru lebih membengkak. Padahal, bepergian dengan menggunakan mobil pribadi juga bisa menghabiskan budget lebih terjangkau, asalkan mengetahui cara mengatur keuangan dengan baik dan benar.

Nah, berikut ini ada beberapa tips hemat jika hendak bepergian menggunakan mobil pribadi, antara lain:

1. Pilih mobil yang tepat

Hal pertama yang harus diketahui adalah jenis mobil yang digunakan. Jika ada hanya 2-4 orang, mungkin bisa menggunakan mobil kecil atau city car yang memiliki bagasi cukup luas. Sedangkan jika ada 4-7 penumpang lebih baik menggunakan MPV atau SUV yang kapasitasnya juga tujuh orang penumpang.

Perlu diketahui juga, jika perjalanan atau tujuan liburan Anda ke daerah perbukitan, sebaiknya menggunakan mobil yang tangguh seperti jenis SUV. Apalagi, jika perjalanan yang dituju berupa bebatuan dan tanah, ada baiknya menggunakan mobil offroad.

2. Periksa mobil sebelum perjalanan

Sebelum bepergian, sudah sepatutnya melakukan pengecekan pada sejumlah komponen mobil seperti lampu-lampu, tekanan ban, ban serep, dan fungsi fitur-fitur penting lainnya yang ada pada mobil.

Apabila OXLer merasa kurang percaya jika dilakukan sendiri, bisa juga di cek ke bengkel langganan terpercaya.

3. Buat rencana yang matang

Ketika hendak melakukan perjalanan, sudah sepatutnya membuat rencana atau jadwal mulai dari berangkat, lokasi destinasi, hingga tempat untuk menginap.

Pastikan jadwal yang dibuat tertata rapi dan aman agar selamat sampai tujuan.

4. Buat rincian anggaran pengeluaran

Jika ingin bepergian, sudah pasti modal yang paling utama adalah soal biaya. Oleh karena itu, buatlah rincian biaya yang pasti dikeluarkan, seperti uang bensin, tol, tiket masuk, parkir atau uang untuk membayar di toilet.

Kendati demikian, OLXer juga wajib mempersiapkan biaya tak terduga, yang biasanya memang tak disangka-sangka uang keluar begitu saja. Misalnya, di tengah perjalanan OLXer mendapatkan informasi tempat makan atau lokasi yang berdekatan, dan tak ingin terlewat.

5. Cari informasi perjalanan

Ketika hendak ingin bepergian dengan jarak cukup jauh, sebaiknya mencari tahun berbagai informasi seperti yang ada di internet. Dengan mencari informasi, OLXer akan terhindari dari kesalahan seperti tersesat atau harus mengeluarkan biaya lebih karena alasan satu hal lainnya.

Oia, jika OLXer memang tak ingin bertanya kepada seseorang ketika mencari rute tujuan, sebaiknya gunakan beberapa aplikasi peta Google atau Google Maps.

6. Bawa Perlengkapan 

Sudah seharunya ketika hendak bepergian OLXer membawa perlengkapan yang sewajarnya seperti selimut, jaket, makanan kecil agar lebih hemat kasur lipat, kartu tol yang sudah terisi uang digital hingga kotak P3K dan obat-obatan.

7. Tentukan lokasi untuk tidur

Hal yang juga perlu ditentukan ketika bepergian yaitu, dimanakah OLXer akan beristirahat dalam hal ini tidur. Jika memang ingin berkemah pastikan membawa tenda. Jika ingin tidur di hotel, pastikan hotel yang ditentukan sudah sesuai budget atau tidak.

Ada pun jika ingin tidur di mobil, pastikan aman. Lengkapi pula bantal dan selimut agar tetap nyaman.

8. Cari rekan yang bisa mengemudi

Mengemudi membutuhkan tenaga ekstra. Meski terlihat santai,  faktanya mengemudi juga dapat membuat kondisi tubuh cepat lelah. Oleh karena itu sebaiknya cari teman untuk bergantian mengemudi.

Selain itu, jika mengemudi sangat melelahkan sebaiknya istirahat dan tidurlah secukupnya. Catat. jangan paksakan diri Anda untuk mengemudi. karena jika sampai mengemudi sambil mengantuk, bisa fatal akibatnya. 

Perlu diketahui, karena saat ini kondisi negeri kita sedang waspada bahaya penyebaran virus corona, sebaiknya tunda untuk bepergian. Hanya saja, jika memang sangat terdesak, maka bisa ikuti sesuai Surat Edaran Satgas Covid-19 yang poin utamanya bisa lihat di sini.

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga