Copied to clipboard!



TIPS PROPERTI

Tips Liburan Tanpa Khawatir Meninggalkan Rumah Kosong

Author : Zainal Abidin

24 Dec 2019


Duuuuh, waktu sepertinya cepat banget berlalu OLXers. Tau-tau kita sudah di penghujung 2019 aja. Pastinya kalian semua sudah punya rencana mau berlibur kemana kan?

Nah, kalau sudah punya rencana berlibur, jangan lupa juga untuk kasih perhatian ke rumah yang bakal ditinggalin yaaaa. 

Terkadang kita hanya peduli soal keselamatan selama perjalanan, tapi mengabaikan keamanan rumah yang ditinggal berhari-hari kosong. 

Berikut tips sederhana saat meninggalkan rumah:

Nyalakan Lampu

Buatlah kesan di rumah ada orang dengan tetap menyalakan lampu di beberapa ruangan. Gak usah takut tagihan listrik membengkak, karena nilainya gak seberapa dibanding harus kemalingan. 

Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci

Sebelum meninggalkan rumah, lakukan cek dan ricek pada pintu dan jendela. Pastikan semua sudah dalam keadaan terkunci. Kalau perlu di bagian pagar pasang gembok tambahan. Kalaupun ada yang berniat jahat, minimal butuh usaha tambahan untuk ngebobol pagar. 

Jangan Tinggalkan Kunci di Tempat Rahasia

Kalau sudah dipastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan benar, jangan pernah berpikir untuk meninggalkan kuncinya di tempat yang kalian rahasiakan. OLXers harus berpikir bahwa orang yang berniat masuk ke rumah punya waktu yang banyak untuk mencari dimana tempat rahasia di sekitaran rumah yang biasa dipakai untuk meninggalkan kunci.

Jangan Terlalu Banyak Share Liburan di Sosial Media

Terkadang eksistensi di sosial media itu penting. Apalagi momen liburan memang sayang untuk tidak kalian bagikan dengan teman-teman sosmed OLXers. Tapi sebenarnya ini bisa jadi salah satu tindakan yang memberi peluang rumah kalian dimasukin orang jahat. Bisa saja dari foto-foto tersebut menjadi pemberi info bahwa kalian sekeluarga lagi tidak di rumah.

Jika mau posting keseruan liburan OLXers, mungkin bisa dilakukan setelah kembali ke rumah alias latepost.

Pasang Alarm atau Kamera CCTV

Mungkin sebagian berpikir cara ini agak lebay, tapi ingat, segala upaya pencegahan harus kalian tempuh agar aset yang kalian tinggalkan di rumah selama liburan tetap aman. Cara ini memang sedikit butuh effort, mulai dari membeli sampai proses pemasangannya. Tapi yang pasti sangat wort-it. Lagipula sekarang sudah banyak dijual kamera CCTV harga murah yang bisa dengan mudah kalian beli. Cek disini.

Titip Rumah ke Tetangga

Salah satu fungsi kita hidup bertetangga adalah seperti ini. Adanya tetangga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kekhawatiran kita saat meninggalkan rumah kosong berhari-hari. Sebelum berangkat, sambangi rumah tetangga terdekat dan kabarkan rencana kepergian, dan jangan lupa untuk memberi nomor yang bisa dihubungi bila terjadi kondisi darurat. 

Langkah-langkah di atas setidaknya bisa kalian persiapkan atau lakukan agar perjalanan liburan akhir tahun OLXers tetap menyenangkan sekaligus aman. Rasa khawatir meninggalkan rumah dalam waktu lama setidaknya bisa berkurang.

So…. happy holiday! (Z)