TIPS PROPERTI

5P Agar Rumah Cepat Laku

06 Nov 2019

Jualan properti memang gak semudah jualan toko kelontong yang setiap hari calon pembeli bolak-balik membeli kebutuhan harian.

Posisi rumah strategis, bentuknya bagus, lingkungannya enak gak bisa jadi patokan bakalan laku cepat. Penawaran harga yang murah dari calon pembeli kadang-kadang suka bikin jengkel.

Tapi tawar menawar kan bukan hal yang dilarang, so diterima aja OLXers. Kalau cocok ambil, gak cocok tinggal di skip aja.

Nah, berikut ada beberapa kiat jitu yang bisa dilakukan agar nilai properti bisa tinggi dan terjual dengan harga yang sesuai harapan. Yuk kita tengok apa saja kiat-kiatnya:

Pilih Agen Properti yang Tepat

Sekarang ini banyak sekali property agency yang menawarkan jasa menjual properti atau rumah dengan iming-iming menjanjikan. Sebaiknya pilih agen properti yang bonafide, punya jaringan luas serta memiliki reputasi yang baik. Setidaknya para profesional dari agensi tersebut bisa membantu untuk menjual rumah atau properti OLXers dengan harga yang tinggi. 

Pasang Iklan Online dan Sosial Media

Gak bisa dipungkiri, platform jual-beli rumah online menjadi sarana terbaik dalam menjual rumah. Alasannya karena di era digital seperti saat sekarang ini, banyak orang yang mencari rumah justru melalui platform online. OLX menjadi sarana terbaik untuk menjual properti dengan jumlah pengunjung (traffic) tertinggi diantara platform jual-beli lainnya setiap hari.

Jadikan iklan jual rumah Anda makin menarik dengan tampilan foto terbaik dan lengkap, mulai dari nampak depan, belakang hingga seluruh bagian interior rumah. Foto menjadi salah satu daya tarik utama pengunjung dalam mencari rumah. 

Jangan pelit untuk meningkatkan status iklan dari iklan biasa menjadi highlight agar semakin banyak lagi orang yang akan melihat iklan rumah Anda.

Terus jangan puas sampai disitu. Masih banyak sarana beriklan lainnya yang bisa OLXers manfaatin. Sosial media pribadi juga sangat bermanfaat. Apalagi kalau mau sedikit berusaha untuk membuat video singkat untuk mendeskripsikan rumah yang kita jual. 

Pasang Pengumuman Open House

Istilah open house gak hanya dipakai pengembang properti baru. Kalian juga bisa menggunakan trik ini agar calon pembeli bisa melihat langsung. Gak ada salahnya dimulai dari tetangga atau saudara dulu. Rekomendasi dari mereka bakal memperluas jangkauan informasi soal jualan rumah Anda. Tapi harap waspada sama yang namanya calo-calo dadakan. 

Pasang Perabotan di Rumah

Agar gak kelihatan rumah kosong, sebaiknya rumah yang dijual dilengkapi dengan berbagai perabotan. Banyak saat ini orang menjual properti baru yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan furniture mewah agar harganya bisa lebih tinggi. Kalau misalnya rumah yang dijual masih ditempati, gak ada salahnya tawarkan juga kepada calon pembeli beberapa perabotan milik kita yang kira-kira masih punya nilai tinggi. 

Pasang Harga Normal 

Kesalahan ini yang masih sering dilakukan oleh penjual rumah. Mematok harga terlalu tinggi dengan prediksi bakal ditawar dan kemudian bisa deal dengan harga standar yang kita mau. Salah besar! Kalau di awal sudah overprice, dijamin tidak bakal ada calon pembeli yang mau mengontek, bahkan sekadar iseng nanya-nanya.

Pasang harga normal, sesuai dengan nilai tanah dan bangunan di daerah tersebut, tentu akan menarik banyak calon pembeli. Selamat mencoba! (Z)