OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Tips Persiapan Mobil Untuk Kamu yang Akan Menempuh Perjalanan Jauh



Tips Persiapan Mobil Untuk Kamu yang Akan Menempuh Perjalanan Jauh

16 Feb 2021

Hippo Charger

Charge smartphone di dalam mobil (Foto : Shutterstock)

News.OLX.co.id - Jika kamu merencanakan untuk bepergian jauh dengan mengendarai mobil pribadi dalam waktu dekat ini, jangan lupa untuk memeriksa kendaraan kamu dengan teliti dan membawa hal-hal yang penting. Jangan sampai, di tengah perjalanan nanti, kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dan tentunya akan merepotkan kamu dan penumpang lainnya.

Agar perjalanan kamu lancar hingga sampai ke tujuan, selain mempersiapkan fisik, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mobil kamu sebelum melakukan perjalanan.

1. Air Radiator

Sebelum melakukan perjalanan panjang, hal pertama yang harus kamu lakukan dalam pengecekan kendaraan adalah dengan mengecek air radiatornya. Pastikan air radiator mobil dalam keadaan penuh sesuai dengan indikator level.

Jangan lupa untuk mengecek selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Jika kamu menemukan selang yang menggelembung atau retak, segera ganti untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang sehingga tidak ada kebocoran.

Lalu, selalu siapkan air radiator cadangan agar kamu bisa mengisi air radiator jika mengalami kebocoran sehingga air radiator di mobil kamu tidak habis dalam perjalanan dan kamu bisa bawa mobil kamu ke bengkel terdekat.

2. Oli Mesin

Selanjutnya, kamu perlu mengecek oli mesin. Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup dengan cara memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda tanda L dan F. Paling tidak sedikit di bawah garis level F.

Perhatikan juga apakah oli mesin sudah kotor atau masih bersih. Jika sudah kotor, segera lah mengganti oli mesin mobil kamu sehingga kesehatan mesin mobil kamu tetap terjaga.

3. Rem

Rem merupakan komponen yang sangat penting bagi keselamatan. Oleh karena itu, sebelum bepergian jauh ada baiknya kita memperhatikan keadaan komponen rem dalam kendaraan. Mulai dari kampas rem, level minyak rem, hingga master rem. Jika minyak rem berkurang dari batas level minimal, perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran.

4. Baterai

Baterai mobil atau aki adalah sumber tenaga utama untuk menghidupkan kelistrikan mobil. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel.

Dengan membersihkannya, hambatan akan menghilang dan mencegah korsleting pada sistem kelistrikan mobil. Jika kamu menggunakan aki basah, kamu juga perlu memeriksa level air aki dan tambahkan jika terlihat kurang.

5. Ban

Perlu diingat, ban memiliki peran penting dan krusial. Jika tidak dilakukan pengecekan bisa membahayakan kamu dan orang yang ada di dalam mobil.

Oleh karena itu selalu jaga kondisi ban mobil kamu dengan mengecek tekanan, melihat kondisi ban apakah masih layak jalan atau tidak dan melakukan spooring dan balancing.

6. Dongkrak Mobil

Jangan bepergian jarak jauh tanpa dongkrak di dalam bagasi mobil kamu. Karena, kamu tidak pernah tahu keadaan darurat apa yang akan terjadi kepada kamu selama di tengah perjalanan. Misalnya, apabila ban mobil kempes atau bocor yang mengharuskan kamu untuk segera untuk segera menggantinya dengan ban mobil cadangan.

7. Perangkat Pendukung

Selain memperhatikan kesehatan dan keperluan untuk mobil, kamu juga harus mempersiapkan perangkat-perangkat pendukung selama berada dalam perjalanan. Seperti powerbank salah satunya. 

Powerbank akan sangat berguna selama perjalanan, terlebih bagi kamu yang membutuhkan smartphone untuk penunjuk jalan kamu. Bayangkan jika di tengah-tengah perjalanan ketika kamu berada di antah berantah, lalu smartphone kamu baterainya habis, pasti kamu akan bingung untuk menentukan jalan untuk sampai ke tujuan.

Belum lagi jika kamu mengalami keadaan darurat yang mengharuskan kamu menghubungi nomor darurat, tapi smartphone kamu kehabisan daya. Pasti pusing dibuatnya.

Salah satu powerbank terbaik adalah powerbank HIPPO Winx. Powerbank ini bukan hanya memiliki kapasitas yang besar, yaitu 10.000mAh, HIPPO Winx juga memiliki kabel built-in dengan berbagai varian port output, seperti MicroUSB, USB Type C, dan Lightning sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi membawa kabel untuk mengisi daya gadget.

HIPPO Winx juga dapat mengisi daya beberapa gadget kamu secara bersamaan dengan mendukung berbagai pengisian daya cepat, seperti Quick Charge 3.0 dan Power Delivery 3.0 sehingga dapat mengisi daya gadget kamu dengan lebih cepat.

Segera miliki powerbank HIPPO Winx sekarang juga dengan klik link berikut ini!

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga