OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Tips Renovasi Garasi Mobil Agar Makin Luas dan Efisien



Tips Renovasi Garasi Mobil Agar Makin Luas dan Efisien

15 Feb 2021

BRI Campaign

Garasi Mobil (Foto : Shutterstock)

News.OLX.co.id - Banyak orang kerap mengabaikan bentuk garasi mobil mereka, padahal sebelum membeli kendaraan kita tentunya perlu memperhatikan ruang penyimpanan yang ideal agar mobil bisa tersimpan dengan baik. 

Di banyak rumah, garasi tidak lebih dari tempat untuk memarkir mobil, menyimpan dekorasi, dan menggantung beberapa perkakas. Namun, dengan sedikit kecerdikan, garasi dapat diubah menjadi ruang luar biasa yang senyaman ruangan lain.

Seperti halnya mereparasi kendaraan, kita perlu perencanaan yang matang sebelum mengubah bentuk garasi mobil.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Renovasi Garasi Jadi Luas dengan Lebih Mudah dan Efisien :

1. Membagi Area Garasi

Langkah pertama untuk menciptakan garasi yang lebih layak huni adalah membagi area garasi. Ya, kita perlu membagi ruang di garasi, misalnya satu untuk mobil, satu untuk bengkel (area workshop), dan satu lagi untuk kesenangan pribadi (hobi). 

Selain itu, tentukan berapa banyak mobil yang akan masuk ke garasi, karena hal ini akan berdampak besar pada desain tata letak ruangan. 

Tak lupa juga, kita perlu menyiapkan penyimpanan cerdas untuk menyembunyikan alat dan perkakas dari jangkauan orang lain khususnya anak-anak. Setelah menetapkan pembagian area, setiap ruang secara alami akan terletak terpisah, tetapi jika menginginkan pembagian yang lebih formal kita bisa menambahkan partisi atau lemari pemisah.

2. Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Jika sering mereparasi mobil sendiri di rumah, kita tentunya akan sering bekerja di bawah kap mobil atau truk. Artinya, jika satu-satunya penerangan terletak di langit-langit garasi, kita akan sering bekerja dalam bayang-bayang kap mesin.

Itulah mengapa penting untuk memiliki tidak hanya lampu utama di atas kepala, tetapi juga pencahayaan yang cukup dari samping atau di dinding.

Pencahayaan yang baik tidak hanya mengurangi ketegangan mata, tetapi juga penting untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas. Jadi, jika garasi tidak mendapatkan cukup cahaya alami dari jendela (atau jika Anda akan bekerja di malam hari), pastikan untuk memasang perlengkapan lampu yang cukup sehingga kita dapat melihat di mana saja tanpa bayangan.

3. Ruang Khusus Perkakas

Garasi yang tidak rapi adalah garasi yang tidak efisien. Ketidakrapihan sering kali berasal dari kurangnya ruang penyimpanan khusus untuk menyimpan semua perkakas dengan benar.

Saat merencanakan pembagian ruangan, perlu diingat bahwa tidak hanya perlu menyimpan barang berukuran besar seperti ban atau roda, tetapi juga segudang barang kecil seperti perkakas dan perangkat keras yang membutuhkan ruang rak dan banyak kompartemen.

Ketika mengatur ruang penyimpanan secara efektif, kita akan sekaligus mempersiapkan diri untuk mendapatkan produktivitas maksimum dari ruang yang sedikit.

4. Sirkuit Listrik

Sirkuit kelistrikan sangat bervariasi, sehingga kita perlu memeriksa kodenya sebelum merancang sirkuit. Namun idealnya, meletakkan stop kontak setiap jarak enam kaki adalah aturan praktis yang perlu diperhatikan.

Pastikan garasi berada pada sirkuit khusus, bebas gangguan dari pengering rambut dan peralatan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan kotak stop kontak empat colokan (bukan dua colokan) untuk mengurangi soket ekstensi.

Jika garasi juga digunakan sebagai workshop atau bengkel, kita bisa menggunakan sirkuit listrik 220 watt yang merupakan standar minimal untuk pengelasan dan peralatan berat.

5. Lantai Garasi

Jika lantai garasi dalam kondisi bagus, kita bisa mengecatnya untuk membuat tampilan semakin menarik. Namun jika lantai memiliki beberapa kerusakan, kita perlu membersihkannya lebih dulu dan mengisi celah lantai dengan mortar.

Namun jika lantai tidak dapat diperbaiki, cukup menambahkan alas lantai dari karet yang efisien untuk kendaraan, karena teksturnya nyaman dipakai berjalan, melindungi suara bising, serta mudah dibersihkan dari tumpahan entah cairan minuman atau oli motor. 

6. Maksimalkan Desain

Pikirkan desain ruangan dalam bentuk tiga dimensi, bukan hanya dua dimensi. Maksimalkan sebaik mungkin setiap sisi dinding dan lantai garasi agar tidak ada ruang kosong yang sia-sia. Beberapa volume ruang yang sering diabaikan adalah bagian dinding di atas mobil, dinding di sisi garasi, serta ruang dekat pintu garasi.

Selain memaksimalkan desain ruangan, kita juga perlu melihat prioritas dari seberapa sering menggunakan suatu item. Beri label atau garis petunjuk di kotak perkakas untuk membantu menjaga disiplin penyimpanan. 

Nah bagi OLXer yang berencana merenovasi garasi rumah atau beli rumah dengan garasi idaman bisa coba mengajukan KPR BRI yang suku bunganya kompetitif, DP rendah dan jangka waktu hingga 20 tahun. Proses pengajuan KPR BRI mudah dapat diajukan di mana saja dan kapan saja melalui Aplikasi BRISPOT. Melalui aplikasi BRISPOT, OLXer dapat registrasi, tracking pengajuan sampai pencarian dan juga menghitung simulasi KPR. Dengan KPR BRI, garasi baru atau rumah baru, bukan cuma impian.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga