OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Tips & Trik Pasang Iklan yang Baik di OLX



Tips & Trik Pasang Iklan yang Baik di OLX

04 Jun 2021

Langkah yang paling penting saat memasang iklan adalah memperhatikan sebuah judul, karena untuk menarik perhatian. (OLX)

Menjual mobil bekas kini tak hanya mendatangi langsung ke dealer, karena ada juga cara  cepat yaitu melalui situs online seperti di OLX.

OLXer juga perlu tahu tips & trik cara pasang iklan yang baik dan benar,  agar menarik calon konsumen. Mau tahu caranya, berikut ulasannya:

1. Judul Iklan yang Baik

Langkah yang paling penting adalah memperhatikan sebuah judul iklan. Ya, judul yang baik sangat disarankan untuk menarik perhatian. Selain itu, OLXer juga perlu mencantumkan beberapa hal seperti menjelaskan mobil apa yang dijual, mencantumkan merk atau model mobil, serta memberikan informasi soal harga dan tahun optional.

Sebaliknya, jika OLXer tidak menjelaskan mobil apa yang dijual, tidak mencantumkan merek atau model mobil, serta tidak memberikan detail informasi berkaitan dengan mobil yang dijual, maka calon konsumen enggan melihat iklannya.

Nah, beberapa contoh judul iklan yang tepat seperti:

  • Jual Daihatsu Grand Max 2015
  • Xenia Xi 2005 Pemakaian Pribadi
  • Mobil Xenia Kesayangan Rp 110 juta nett

Sedangkan contoh judul yang salah dan sangat tidak direkomendasikan karena tidak memberikan informasi yang tepat seperti:

  • Siapa Cepat Dia Dapat
  • Xenia 2010 Bisa Tukar Tambah Agya, Brio dan Avanza 

2. Cantumkan Nomor Kontak

Tips & Trik Pasang Iklan
Tips & Trik Pasang Iklan. (OLX)

 

Jika OLXer ingin menjual mobil di platform online seperti OLX, maka jangan lupa mencantumkan informasi mengenai kontak Anda berupa nomor telepon atau alamat dan bisnis yang bisa tersedia pada kolom kontak yang tersedia.

Perlu dicatat, jangan mencantumkan nomor telepon di judul, foto dan deskripsi iklan. Selain itu, pastikan nomor kontak yang dicantumkan adalah benar. Jangan sampai, OLXer merasa sudah berhari-hari mobil yang diiklankan, namun tidak pernah mendapatkan kabar dari calon konsumen karena salah memberikan nomor kontak.

3. Perubahan Produk

Jika ingin menjual mobil di situs mobil bekas, sebaiknya tidak mengubah unit yang dijual pada iklan yang sudah pernah tayang.

Contoh kesalahan pemilik mobil saat menjual mobil bekas yaitu jika pertama kali mengiklankan dengan judul “Jual Xenia 2010 Kesayangan”, maka OLXer tidak disarankan untuk mengubah menjadi “Jual Avanza Masih Mulus.” 

4. Pilih Kategori yang Sesuai

Tips & Trik Pasang Iklan
Tips & Trik pasang Iklan mbil di OLX. (OLX)

 

Beberapa hal yang perlu OLXer ketahui saat menjual mobil bekas, sebaiknya memilih kategori yang sesuai dengan mobil yang dijual. Termasuk dalam memilih merek, model dan varian yang sesuai.

Contoh iklan yang baik adalah, jika OLXer ingin menjual mobil Xenia, maka kategori yang perlu dipilih adalah Mobil Bekas, Daihatsu, dan Xenia.

Sebaliknya OLXer jangan mencantumkan kategori asal-asalan dan tidak nyambung seperti masuk Mobil Bekas, namun mereknya Toyota dan modelnya Avanza. Itu sangat tidak tepat.

5. Pasang Foto yang Berkualitas

Jika ingin menjual mobil di platform online seperti OLX, maka sebaiknya dilengkapi dengan gambar atau foto mobil yang dijual sangat jelas dan fokus. Selain itu, sebaiknya gambar atau foto yang dihadirkan watermark nomor telepon atau website dan tidak mengandung asusila.

Hal yang perlu diketahui ketika memasang foto untuk iklan berbaris yaitu tidak terbalik atau miring. Selain itu, sudah seharusnya foto atau gambar tidak ngeblur atau tidak fokus. 

Sebaiknya tampilkan foto dalam beberapa angle berbeda dengan komposisi dan pencahayaan yang tepat, seperti saat siang hari atau ketika cuaca sangat cerah.

6. Multiple Item

Saat akan memasang iklan, sebaiknya OLXer hanya mencantumkan satu unit di kategori mobil bekas atau motor bekas pada deskripsi iklan.

Sebaliknya, OLXer tidak diperkenankan untuk mencantumkan berbagai jenis unit atau model pada deskripsi iklan.

Contohnya, jika memberikan judul ‘Jual Xenia 2010 Kesayangan’, Maka tambahan yang bisa diberikan di kolom deskripsi adalah memberikan kata ‘Mulus, Pemakaian 2010/2012’.

Contoh yang tidak boleh dilakukan adalah dalam satu kolom digunakan beberapa kata-kata deskripsi iklan dari berbagai merek dan model serta harga yang berbeda, seperti mencantumkan unit Ayla Rp 100 juta, Brio Rp 105 juta dan Avanza Rp 99 juta.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga