MOBIL BEKAS

Toyota Avanza Bekas Masih Jadi Buruan Jutaan Orang Indonesia

10 Oct 2019

Ada sebuah candaan otomotif yang kalau diceritakan bakalan bikin ketawa. “Mobil yang paling susah disalip di Indonesia ternyata bukan supercar sekelas Lamborghini, Ferrari maupun Porsche yang punya tenaga mesin gila-gilaan. Melainkan Toyota Avanza yang cuma bermodal mesin dengan kapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter.”

Tentu semua yang dengar cerita ini langsung bertanya, “Kok bisa?”

Yup, kalau OLXer habis nyalip Avanza, pasti tiba-tiba di depan udah ketemu lagi dengan Avanza. Salip lagi, eh ketemu ada lagi Avanza di depan.

Tentu saja hal ini hanya sebuah joke yang beredar di kalangan masyarakat. Pasalnya, populasi Toyota Avanza memang sangat banyak dan berkeliaran di sejumlah jalan-jalan seluruh Indonesia. 

Tak heran mobil keluarga lahir dalam satu rahim pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat ini memang jadi raja di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) selama satu dekade terakhir. 

Bahkan sejak hadir pertama kali di Gaikindo Auto Expo 2003, Toyota Avanza langsung ngegas dengan penjualan 100.000 unit yang diraih pada tahun yang sama. Kalau OLXer mau tau, sejak 2003 sampai akhir 2018, total penjualan mobil sejuta umat ini sudah mencapai 1,7 juta unit. 

Indikatornya tidak hanya bisa dilihat dari statistik penjualan mobil baru saja, tetapi faktanya Avanza masih mendominasi pencarian mobil bekas yang ada di platform OLX.co.id.

Dalam situs jual beli OLX.co.id, Toyota Avanza menjadi salah satu model mobil bekas dengan angka pencarian tertinggi. Pada periode 15 - 30 September 2019 tercatat ada 2,176,796 user OLX.co.id yang melakukan pencarian mobil Toyota Avanza.

Nah, OLXer yang mau tau soal fakta-fakta dan sejarah singkat Toyota Avanza berikut ulasannya.

Nama Avanza diambil dari bahasa Italia, yaitu Avanzato yang punya makna peningkatan. Dengan filosofin ini maka diharapkan setiap orang yang memilih mobil tersebut tentunya akan mengalami peningkatan kualitas hidup.

Pertama kali hadir di Indonesia, kembaran dari Daihatsu Xenia ini tersedia cuma dalam dua model saja, yakni 1.3 E dan 1.3 G, dengan penawaran transmisi manual saja. 

Seiring perkembangannya, mobil yang awalnya digadang-gadang sebagai penerus dari Toyota Kijang karena menjadi salah satu mobil paling laris di Indonesia. Selain itu, Avanza bertransformasi untuk memenuhi ekspektasi masyarakat Indonesia akan mobil yang fungsional, bisa muat banyak dan juga irit bahan bakar.

Selang setahun meluncur atau 2004, Toyota Avanza ternyata memberikan penawaran kepeda konsumen dengan menghadurkan varian tertinggi berupa mesin 1.3 S VVT-i (Variable Valve Timing Intelligence) dan transmisi otomatis empat kecepatan.

Hampir sejumlah semua sektor dilakukan pembaruan termasuk interior hingga fitur disegarkan, mulai dari odometer dan tripmeter digital, serta sistem pengereman menggunakan Anti-lock Braking System (ABS).

Masuk pada pertengahan 2006, Toyota kembali menghadir wajah baru yang disebut New Avanza 1.5 S VVT-i. Hal ini terlihat dari beberapa penyegaran, mulai dari eksterior, hingga mesin. Di tahun tersebut, Toyota Avanza semakin lengkap, termasuk dengan disematkan sensor parkir belakang.

Menyoal jantung pacu, Toyota mengupgrade bagian mesin Avanza menjadi 1.500 cc VVT-i. mesin ini ternyata mesin yang sama digunakan pada Toyota Rush. Pada 2008, New Avanza S hadir dan menawarkan dua pilihan transmisi, manual dan otomatis. 

Sedangkan pada November 2009, Toyota Avanza menghadirkan tipe E dan G yang juga sudah dilengkapi transmisi otomatis.

Generasi kedua Toyota Avanza hadir pada 9 November 2011 dan dikenal dengan sebutan All New Avanza. Moment ini sekaligus memunculkan varian baru Avanza yang disebut Veloz, atau varian paling atas. Oia, generasi kedua Toyota Avanza ini juga mengalami ubahan menyeluruh secara signifikan.

Adapun nama Veloz sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu Velocity yang artinya kecepatan. Toyota Veloz juga menjadi varian teratas juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya. Sedangkan untuk jantung pacunya Toyot menawarkan dua pilihan mesin yakni 1.3 liter dan 1.5 liter.

Sedangkan pada Juni 2014, Toyota kembali menghadirkan varian Avanza Luxury sebagai varian paling mewah dari Avanza. Hal ini juga membuat Toyota Avanza lebih wah dan lebih mengedepannkan keamanan dan keselamatan yaitu berupa dual SRS Airbag dan menyempurnakan level NVH (Noise, Vibration dan Harshness). 

Pada 2015  Toyota kembali hadirkan model baru dengan memperkenalkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Ubahan ini ternyata versi facelift kedua dan banyak rombakan mulai dari penggunaan lampu multi-reflektor, gril, sampai bumper yang berbeda antara Avanza dan Veloz.

Paling terbaru, Avanza meluncur dalam model facelift tanggal 15 Januari 2019.

Toyota Avanza sudah hadir dalam dua generasi namun tetap saja diminati konsumen meskipun dikepung LMPV merek lainnya yang juga tidak kalah kualitasnya. Selama satu dekade lebih Toyota Avanza selalu di hati masyarakat dan keluarga Indonesia.

Penasaran bagaimana kondisi pasar mobil bekas Toyota Avanza? Langsung klik disini aja. (Z/Her)

Spesifikasi Umum Toyota Avanza 

Mesin

1NR-FE

2NR-FE

Mesin Bensin

Tersedia dalam transmisi manual ataupun otomatis (kecuali tipe 1.5 G)

 

 

Tipe mesin

4 silinder segaris, 16-katup DOHC, Dual VVT-i EFI

4 Silinder segaris, 16-katup DOHC, Dual VVT-i EFI

Isi silinder (cc)

1.329 (1.330)

1.495 (1.500)

Diameter x langkah (mm x mm)

72.5 x 80.5

72.5 x 90.6

Daya maksimum (PS/rpm)

97/6000

104/6000

Torsi maksimum (kgm/rpm)

12.5/4000

14.4/4000

Dipakai di

Avanza 1.3 E, 1.3 G dan 1.3 Veloz (tipe baru)

Avanza 1.5 G dan Avanza 1.5 S (sekarang Avanza Veloz)