Copied to clipboard!

Toyota Mobility Foundation. (Toyota Global)



BERITA

Toyota Avanza Disulap Khusus Untuk Armada Tenaga Medis

Author : Herdi Muhardi

05 Jun 2020


Berbagai cara dilakukan pemerintah dan elemen masyarakat untuk menanggulangi atau mengurangi penyebaran virus corona. Bahkan menurut data Covid.go.id per Jumat (5/6/2020), setidaknya sudah lebih dari 6,4 juta orang terjangkit Covid-19 dan 386 ribu diantaranya meninggal dunia.

Angka ini memang sangat mengkhawatirkan, mengingat 29 ribu orang Indonesia disebutkan positif virus corona dan 1.770 orang diantaranya meninggal dunia. 

Penyebaran virus corona memang masih masif. Bahkan, yang sangat dikhawatirkan adalah para tenaga medis, di mana beberapa perawat, dokter ataupun yang berkaitan langsung dengan pasien sudah banyak tertular virus yang awalnya dari China tersebut.

Toyota Mobility Foundation

Nah, berangkat dari kasus di atas, merek mobil asal Jepang, Toyota, bekerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF) baru-baru ini menyediakan layanan antar jemput khusus bagi para tenaga medis dengan menggunakan empat Toyota Avanza.

Menurut President Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda, kerja sama Toyota Mobility Foundation (TMF) diharapkan dapat mendukung pekerjaan tenaga medis secara efektif ketika mereka berjuang melawan COVID-19, terutama di Indonesia.

“Dengan adanya layanan ini, diharapkan tenaga medis dapat bekerja secara efisien,” ungkap Matsuda dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6/2020). 

Ya, mobil-mobil yang dihadirkan ini sengaja disediakan sebagai layanan transportasi yang sesuai dengan kebutuhan para tenaga medis agar mereka bisa tetap aman dan tepat waktu dalam melakukan mobilitas seperti dari laboratorium pengujian ke rumah sakit atau sebaliknya. 

Toyota Mobility Foundation

Adapun jika dilihat dari luar, tampilannya Toyota Avanza  ini tak ada bedanya, hanya saja tertulis Toyota Mobility Foundation. Sedangkan masuk ke dalam kabin, seluruh bagian jok sudah dilapisi dengan plastik. Demikian juga antara pilar A dan B dibatasi dengan plastik.

Tapi tenang, plastik sebagai pembungkus jok ini akan rajin diganti secara rutin agar tetap menjaga kebersihan. Bahkan beberapa protokol kesehatan juga diterapkan seperti penggunaan pelindung diri, penyediaan hand sanitizer, melakukan penyemprotan desinfektan pada kendaraan secara rutin, menyediakan air purifier pada kendaraan, menyediakan separator di dalam kendaraan,menerapkan physical distancing serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Toyota Mobility Foundation

Sedangkan untuk menggunakan layanan ini setidaknya, para tenaga medis dapat memesannya dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi ‘On Demand’ dari Toyota Mobility Foundation kemudian melakukan pre-booking. Cara ini memang mirip dengan layanan ojek atau taksi online.

Program sosial yang didukung PT Toyota Astra Motor dan Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co.,Ltd ini  telah disediakan untuk empat Puskesmas yang berlokasi di Jakarta Utara yaitu di daerah Cilincing, Koja, Pademangan dan Penjaringan serta dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di daerah Tanjung Priok dan Bekasi.

Sebelumnya, program TMF yang menyediakan layanan transportasi khusus tenaga medis sudah dilakukan di Bangkok, Thailand, dan Manila, Filipina. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi beban para tenaga medis sehingga kita dapat melawan virus corona. 

Toyota Indonesia sendiri juga sudah menyiapkan beberapa layanan untuk solusi mobilitas para tenaga medis dalam penanganan Covid-19 dengan menyediakan Toyota Dyna yang menjadi kendaraan sanitasi, Ambulance Kijang Innova, dan menyiapkan total 68 unit kendaraan untuk mobilitas tenaga medis di beberapa daerah di Indonesia.