Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriToyota Calya Spesifikasi Lengkap, Harga dan Promo Terkini

    Toyota Calya Spesifikasi Lengkap, Harga dan Promo Terkini

    Toyota Calya merupakan mobil keluarga yang masuk kategori mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) versi Multi Purpose Vehicle (MPV). Kembaran Daihatsu Sigra ini memang masih anak baru di kancah otomotif nasional. Sebab, adik dari Avanza dan Xenia ini baru secara resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu.

    Sebagai catatan, sejatinya mobil ini merupakan inovasi dari mobil konsep Daihatsu yang disebut UFC-3. Mobil Ini juga sempat mejeng pertama kali pada 2014 atau persis dua tahun sebelum Calya & Sigra mengaspal.

    Kendati masih seumur jagung Toyota Calya termasuk mobil yg cukup digemari lantaran mobil ini dianggap sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang menyukai mobil berkapasitas banyak dan sanggup mengangkut tujuh orang penumpang.

    Bahkan berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil ini bisa tembus 5.000 unit per bulan. Tak heran masuk dalam lima besar mobil terlaris di Indonesia.

    Oia, perlu OLXer tau juga, kendaraan ini dirakit & diproduksi oleh pabrik Daihatsu Astra Motor yang memiliki pabrik di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat. 

    Perbedaan Varian Toyota Calya – Wajib Tahu Sebelum Membeli

    Jika OLXer berniat untuk memilikinya untuk mobilitas sehari-hari, sebaiknya mengetahui apa saja yang mereka tawarkan, termasuk pemilihan transmisi otomatis atau manual. Selain itu, OLXer juga perlu tahu, jika Toyota Calya memiliki beberapa varian yaitu tipe E STD Manual Transmisi, E Manual Transmisi, kemudian G Manual Transmisi & G Automatic Transmisi. 

    Oia, sejak model facelift diluncurkan pada 16 September 2019 atau tahun lalu, memang Toyota Calya mengalami beberapa penyegaran. Paling mencolok, penggunaan fitur keselamatan Airbag atau kantung udara dan Anti Lock Braking System (ABS) kini tersedia pada semua tipe kecuali varian terendah E STD MT. 

    Perbedaan satu sama lainnya, memang sangat terlihat bagian eksterior antara varian E & G. Seperti halnya batok lampu kabut tipe G dibalut warna hitam glossy atau piano-black, sedangkan tipe E hanya warna plastik hitam biasa. Selain itu, tipe G sendiri sudah dilengkapi fog Lamp atau lampu kabut, sedangkan tipe E belum ada, hanya saja disediakan tempatnya saja.

    Balutan bodi Toyota Calya tipe G memiliki aksen krom pada bagian depan dan belakang warna krom hitam atau coklat gelap. Mungkin agar terlihat lebih mewah. Sedangkan pada tipe E, bagian tersebut adalah aksen sewarna body.

    Perbedaan lainnya terjadi pada lampu sein pada Spion, dimana tipe G dilengkapi lampu sein, sedangkan pada tipe E tidak ada. Selain itu, warna pilar tipe E, pillar B & C pada bagian samping dikelir sewarna body, sedangkan pada tipe G diberi aksen plastik hitam.

    Untuk perbedaan di bagian interior, hal yang paling terasa yaitu pada bagian warna panel AC, dimana tipe E, dashboard konsol tengah AC dan knop AC berwarna hitam, sedangkan pada tipe G diberi warna silver.

    Selain itu, ada tempat penyimpanan di bawah panel AC  untuk tipe G. Sedangkan tipe E tidak ada. Aksen krom pada Calya tipe G jadi terasa mewah, mulai dari handle pintu & sekeliling exhaust AC, sedangkan pada tipe E cuma hitam polos.

    Oia, aksen Silver Calya tipe G ada pada arm rest di doortrim dan palang stir, sedangkan tipe E hanya warna coklat muda sewarna jok. Sehingga tipe G terlihat lebih mewah.

    Sementara itu, beberapa perbedaan lainnya seperti fitur Retractable Mirror  yang bisa dilipat secara elektrik di dalam kabin hanya dapat digunakan pada Calya tipe G sedangkan pada tipe E tidak ada. 

    Kemudian, Head Unit pada tipe G telah dilengkapi monitor layar sentuh, sedangkan tipe E masih seperti double din biasa dengan tampilan monochrom dan belum dapat support video display. 

    Audio Steering Switch sebagai tombol pengaturan audio juga terdapat pada lingkar kemudi Calya tipe G, sedangkan tipe E belum ada. Pilihan Transmisi tipe G juga ada otomatis & manual, sedangkan E tidak ada transmisi otomatis.

    Untuk jantung pacunya, semua varian masih sama, yaitu dibekali mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yg sama seperti Etios Valco dan dikombinasikan dengan 4-silinder segaris Dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga hingga 86 Tk pada putaran 6.000 rpm & torsi maksimal sebesar 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

    Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, maka setiap tipe harganya juga berbeda.

    Berikut perbedaan harga Mobil Calya berdasarkan tipe:

    Perbedaan Harga Toyota Calya  dari Setiap Tipe

    Toyota Calya

    Harga/ Juta

    Perbedaan Harga

    E STD MT

    144,550,000

    E MT

    147,350,000

    2,800,000

    G MT

    153,650,000

    6.,00,000

    G AT

    165,850,000

    12,200,000

    Dari varian Toyota Calya E STD MT hingga varian G AT  terdapat selisih harga hampir Rp 21,3  jutaan. Tipe manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Perbedaan dari masing masing tipe yg telah kami susun tentu akan mempermudah dalam mengambil keputusan tersebut.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil LCGC Terbaik Di Indonesia

    Keunggulan Toyota Calya Terbaru 2023

    Termasuk kategori LCGC, tentunya keunggulan untuk mobil LCGC ini pastinya harga yang ditawarkan harus terjangkau. Terbukti mobil ini ternyata ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 140 jutaan. Tentu saja harganya cukup murah untuk sebuah sebuah mobil MPV, yaitu mulai dari Rp 140 jutaan. 

    Namun selain harga ada beberapa keunggulan lainnya, antara lain:

    • Spesifikasi Desain

    Secara tampilan memang cukup menarik untuk sebuah MPV dengan harga Rp 140 jutaan. Tampilan eksterior juga tak kalah modern dengan MPV satu tingkat di atasnya. 

    Bahkan Toyota Calya yang memiliki desain lampu sipit ini sudah menggunakan LED seperti mobil-mobil modern pada umumnya. Belum lagi cat chrome juga memberikan kesan memikat seperti mobil-mobil mewah.

    • Kabin lega

    Untuk sebuah LCGC MPV, kapasitas ruang kabin Toyota Calya tergolong cukup luas, karena mampu menampung tujuh penumpang dan masih memiliki bagasi pada bagian belakang. 

    Dengan begitu, selain membawa penumpang tentunya masih bisa membawa barang, contohnya tiga buah galon & satu tas kecil sekaligus. Tapi perlu dicatat, OLXer harus tahu berapa batasan bobot yang bisa diangkut yah.

    • Fitur Mobil Calya

    Memiliki fitur kekinian seperti pada bagian luar dipasang fog Lamp, Rear Combination Lamp, Combination Meter, Front Armrest, One-Touch Tumble, Power Charging Station, electric mirror, serta power window di keempat pintu,

    Belum lagi pada sistem hiburan, seperti pada audio video system dijejali head unit empat speaker dengan USB, AUX, Bluetooth connectivity, MID, dan Eco Mode. 

    Dilengkapi fitur keselamatan seperti dua airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi ISOFIX, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt.

    • Irit bahan bakar

    Dibekali dengan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco & dikombinasikan dengan 4-silinder segaris Dual VVT-i, yg menghasilkan tenaga hingga 86 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

    Dengan mesin ini pula, membuatnya termasuk ke dalam mobil irit bahan bakar, karena seperti regulasi khusus LCGC, bahan bakar yang dikeluarkan 1 liter untuk 20 km. 

    Harga – Harga Toyota Calya Bekas Terbaru 2023

    Toyota Calya G AT 2016
    Tipe G AT 2016 dijual di OLX

    Seperti diketahui, meski disebut baru seumur jagung, karena baru sekitar empat tahun lamanya di kancah otomotif nasional. Namun begitu, bagi mereka yang mencari harga lebih rendah atau menyesuaikan budget, maka alternatif yg ditempuh yaitu mencarinya dengan status bekas.

    Tak dapat dipungkiri, Toyota Calya saat ini termasuk mobil yang cukup dicari konsumen OLX Autos. Setidaknya, mobil dengan kondisi tangan kedua harganya ada yg dibanderol Rp 70-100 jutaan 

    Tentu saja ada harga tinggi dan rendah, bisa sangat  bervariasi, tergantung tahun perakitan, kondisi mobil, jarak tempuh kilometer, hingga kelengkapan surat-surat.

    Simak beberapa rekomendasi kami berikut ini:

    *harga mobil bekas berbeda beda tergantung dari kondisi mobilnya. Rekomendasi kami tidak bersifat mutlak, namun didasarkan pada harga iklan mobil bekas di OLX.

    Harga Toyota Calya di bawah Rp 100 juta

    Apabila OLXer memiliki budget terbatas, namun tetap ingin membeli. Tentu pilihannya adalah memilih yang bekas. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 100 juta ini daftarnya:

    ·  Calya Tahun : 2016, 2017, 2018, 2019

    ·  Calya Tipe : Pilihannya dengan transmisi manual maupun otomatis 

    Cek Disini Untuk Toyota Calya Harga Rp 100 Jutaan

    Skema Harga Cicilan Toyota Calya

    Bagi sebagian orang mobil merupakan kebutuhan utama untuk mobilitas sehari hari, atau sebagian orang lainnya yang berfungsi sebagai gaya hidup. Apapun latar belakangnya membeli mobil bekas secara tunai tidak bisa ditempuh oleh semua orang. 

    Nah bagi sebagian lainnya jalur kredit atau membeli secara mencicil adalah pilihannya. Berikut simulasi untuk beli kredit Toyota Calya

    Kredit Toyota Calya  Cicilan mulai dari Rp 765 ribuan per bulan hingga Rp 2,5 Juta per bulan

    Membeli mobil Toyota Calya baru atau bekas bisa juga dilakukan dengan cicilan kredit. Bahkan ada cicilan hingga Rp 765 ribuan untuk status bekas. Sedangkan untuk kondisi baru, cicilan paling rendah Rp 1,58 juta untuk tipe E STD MT, dan Rp 1,6 juta untuk E MT, kemudian Rp 1,68 juta untuk tipe G MT, dan Rp 1,8 juta untuk tipe G AT.

    Lantas tipe apakah atau tahun berapakah yang bisa dibeli dalam rentan harga cicilan tersebut?

    1. Tentukan terlebih dahulu mobil bekas atau baru
    2. Kemudian pilih tipe sesuai selera kebutuhan
    3. Selanjutnya pilih harga serta tahun produksinya

    Misalkan ingin membeli pada cicilan kurang dari Rp 1,5  jutaan per bulan. Maka berdasarkan subtopik diatas bisa diperoleh beberapa tipe Toyota Calya E STD MT namun tentu, lama cicilan hingga delapan tahun.

    Namun jika ingin cicilan Rp 2,5 jutaan, bisa saja membeli Calya dengan cicilan selama lima tahun. 

    Berikut adalah gambaran atau simulasi cicilan kredit Toyota Calya. Silahkan sesuaikan berdasarkan kebutuhan masing masing.

    Toyota Calya

    Harga OTR

    Pinjaman

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    5th

    6th

    7th

    8th

    1.2 E STD MT

    144,550,000

    108,412,500

    2,258,594

    1,957,448

    1,742,344

    1,581,016

    1.2 E MT

    147,350,000

    110,512,500

    2,302,344

    1,995,365

    1,776,094

    1,611,641

    1.2 G MT

    153,650,000

    115,237,500

    2,400,781

    2,080,677

    1,852,031

    1,680,547

    1.2 G AT

    165,850,000

    124,387,500

    2,591,406

    2,245,885

    1,999,085

    1,813,984

    Bekas

    100,000,000

    75,000,000

    1,562,500

    1,354,167

    1,205,357

    1,093,750

    Bekas

    70,000,000

    52,500,000

    1,093,750

    947,917

    843,750

    765,625

    Perlu diketahui, ada beberapa hal yang membuat kredit Toyota Calya berbeda-beda, yaitu

    *setiap bank memiliki ketentuan masing masing, simulasi ini dibuat berdasarkan gambaran umum perkreditan. Silahkan kunjungi bank terdekat untuk perhitungan pastinya

    *Simulasi ini dihitung menggunakan DP 25%,

    *Bunga flat 5% per tahun.

    *Simulasi di atas belum termasuk asuransi atau biaya administrasi

    Baca juga: Daftar Harga LCGC Sebelum Kena PPnBM Bulan Depan

    Review Tampilan Eksterior dan Interior Toyota Calya

    Toyota Calya
    Tampak Depan

    Toyota Calya memang mengalami ubahan ringan pada 16 September 2019 lalu. Ubahan sangat terasa pada sisi eksteriornya. Untuk mobil di kelas LCGC, tampilan memang terkesan modern dan lebih kekinian. 

    Lihat saja, wajah mobil ini sudah ditata lebih apik berkat penggunaan grille Dark Chrome Element lebih besar dengan tiga garis disertai logo Toyota di tengahnya. Yang menarik lainnya, penggunaan lampu utama berteknologi LED sehingga pencahayaan jadi lebih terang.

    Untuk Calya tipe G sudah dilengkapi fog lamp dengan bentuk yg sedikit memanjang ke lampu utama nan disematkan pada bagian depan di sisi kanan kiri.

    Pada bagian samping kanan serta kiri, mobil ini memiliki garis tipis yang melewati handle door hingga buritan.

    Sementara pada bagian bodi belakang, memang tak banyak berubah, akan tetapi mobil ini sudah mengusung stoplamp yg membentuk siku disertai wiper tunggal sebagai pembersih kaca belakang.

    Kesan tak biasa dan lebih modern juga terasa pada bagian ruang kabin atau interior. Sebut saja adanya dashboard multilayer yang dibalut warna Dark Brown and Black sehingga jadi terlihat elegan. 

    Calya tipe G juga sudah dilengkapi Head Unit layar sentuh sehingga memberikan kesan kekinian. Tentu saja layar sentuh ini memudahkan penumpang hanya dengan sentuhan jari untuk mengoperasikan sistem hiburan. Sedangkan bagi pengemudi, lingkar kemudi sudah dilengkapi Audio Steering Switch yg dapat dioperasikan dengan sentuhan jari jempol. Oia, layar sentuh audio system ini  sudah dilengkapi iPod/iPhone Connectivity, DVD Player, USB, Bluetooth, dan fitur AUX.

    Tombol pengatur AC mobil ini juga sudah berubah jadi model knob yang lebih modern, tidak lagi seperti model kompor gas.

    Toyota Calya juga memiliki beberapa ruang penyimpanan, seperti pada kursi penumpang baris pertama dilengkapi New Underseat Compartment Tray. Kemudian ada juga seat back pocket untuk menaruh barang-barang seperti majalan. Sementara itu di bawah kursi penumpang depan tersedia under tray yg bisa menaruh barang bawaan dengan kapasitas maksimal 2 kg.

    Kabin mobil ini juga sudah dibalut dengan warna kursi Dark Brown bermaterial cukup berkualitas untuk memaksimalkan penumpang ketika menduduki kursi.

    Adapun untuk semua bangku mobil ini sudah dilengkapi headrest dan sabuk pengaman 3 point.

    Konfigurasi / Spesifikasi Toyota Calya Semua Tipe

    Konfigurasi Spesifikasi Mesin

    Toyota Calya dibekali dengan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco serta dikombinasikan dengan 4-silinder segaris Dual VVT-i, yg menghasilkan tenaga hingga 86 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

    Nah, mau tau detail mesin yang dibenamkan secara lebih lengkap, berikut ulasannya:

    Spesifikasi Mesin

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Kapasitas Mesin (cc)

    1197

    Jumlah Silinder

    4

    Jumlah Katup

    16

    Tipe Penggerak

    Penggerak roda depan / Front Wheel Drive

    Maksimal Tenaga (HP) / rpm

    86 / 6,000 rpm

    Maksimal Torsi (nm) / rpm

    107 / 4,200

    Jenis Bahan Bakar

    Bensin

    Kapasitas Bahan Bakar (liter)

    36

    Konfigurasi mesin

    3NR, In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

    Spesifikasi Dimensi Kendaraan

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Panjang (mm)

    4,070

    Tinggi (mm)

    1,600

    Lebar (mm)

    1,655

    Radius Putar (mm)

    4,600

    Jarak sumbu roda (mm)

    2,525

    Jarak pijak (mm)

    180

    Konfigurasi Ban & Velg

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Lebar

    175

    Aspek Rasio

    65

    Diameter

    14

    Material Velg

    Alloy Wheel

    Spesifikasi Suspensi – Rem

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Rem Depan

    Ventilated Disc

    Suspensi depan

    MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer

    Rem Belakang

    Drum/Tromol

    Suspensi belakang

    Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring

    Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring and Stabilizer

    Keselamatan serta Keamanan

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Anti lock Braking System

    Tidak

    Ya

    Brake Assist

    Tidak

    Electronic Brake Distribution

    Tidak

    Ya

    Sensor parkir

    Tidak

    Ya

    Rearview Camera

    Tidak

    Airbag system

    Ya

    Child safety locks

    Tidak

    Sabuk pengaman depan

    Ya

    ISOFIX

    Ya

    Uphill & Downhill Assist Control

    Tidak

    Vehicle Stability Control System

    Tidak

    Anti theft system

    Tidak

    Ya

    immobilizer

    Tidak

    Ya

    Konfigurasi Kenyamanan

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    AC

    Ya

    Pengaturan posisi setir

    Tidak

    Power window depan

    Ya

    Tombol multi fungsi di Stir

    Tidak

    Ya

    Cruise Control

    Tidak

    Engine start stop button

    Tidak

    Front & Rear Defogger

    Tidak

    Ambient Lights

    Tidak

    Gearshift paddle

    Tidak

    Head-up Display

    Tidak

    Headrest

    Ya

    Keyless entry

    Tidak

    Power outlet

    Ya

    Power steering

    Ya

    Lampu baca

    Halogen

    Kapasitas penumpang

    7

    Bahan tempat duduk

    Fabric

    Vanity mirror

    Tidak

    Ya

    Spesifikasi Eksterior

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Lampu depan

    LED

    Lampu kabut

    LED

    Kaca spion

    Electric mirrors

    Retractable Outer Mirror

    Roof rack and rail

    Tidak

    Rear Defogger

    Tidak

    Lampu Belakang

    Halogen

    Shark Fin

    Tidak

    Ornament Chrome

    Ya

    Dark chrome

    Lampu sein spion

    Tidak

    Ya

    Hiburan dan Komunikasi

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Audio

    2DIN layar monochrome

    layar sentuh

    Audio Steering Wheel

    Tidak

    Ya

    Fitur serta Lain – lain

    Varian / Tipe Mobil

    E

    G

    STD MT

    MT

    MT

    AT

    Warna Kabin

    Coklat gelap

    AC Double Blower

    Tidak

    Under Seat

    Compartment Tray

    Tidak

    Ya

    Front Console Box

    Tidak

    Ya

    Illumination AT

    Indicator

    Tidak

    Ya

    Driver Seat

    Pocket

    Tidak

    Ya

    Multi Player Display

    Tidak

    Ya

    Tips Membeli Toyota Calya Bekas 

    Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil Calya bekas. Berikut hal yg harus diperhatikan;

    • Periksa service record serta kondisi mesin. Pastikan pemilik mobil Toyota Calya sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.
    • Periksa body hingga cat. Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya kemudian pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.
    • Periksa interior. Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yg mulai berkarat.
    • Periksa kelengkapan surat. BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

    Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

    Baca juga: Daftar Mobil Pajak Termurah di Indonesia

    Review Pengalaman Toyota Calya

    Memilih Toyota Calya sebagai tunggangan pribadi sudah dilakukan Yuni, Ibu dua orang anak yang berdomisili di Jatimakmur, Bekasi. Menurut dia, Calya menjadi pilihan yg tepat jika ingin mencari mobil yang terjangkau dan juga irit dalam hal bahan bakar.

    “Positifnya mobil ini memang irit bahan bakar, selain itu, karena mobil Toyota maka dealer atau bengkel yg dijumpai lebih mudah,” ucap Yuni yang memiliki Calya tipe G otomatis. 

    Kata Yuni, Toyota Calya miliknya selalu digunakan harian untuk bekerja. Bahkan meski kondisi macet, mobil ini masih cukup nyaman untuk melewati jalanan di ibukota.

    Selain Yuni, Robertus juga memilih Calya sejak 2017. Menurut dia, tak pernah mengalami masalah walaupun harus mengemudi dengan kondisi jalan menanjak. 

    “Saya sendiri pakainya full pertamax serta rutin melakukan service,” ucap Robertus yg menggunakan Calya G Manual. 

    FAQ – Pertanyaan seputar Toyota Calya

    Apakah Toyota Calya memiliki mesin 1.000 liter seperti Daihatsu Sigra?

    Jawabannya tentu saja tidak. Sebelum menghadirkan Toyota Calya, Toyota memang sudah melakukan studi market secara terpisah dengan Daihatsu. Hasilnya, konsumen Toyota ternyata dianggap tidak banyak menyukai mesin 1.000 liter untuk mobil keluarga seperti Toyota Calya. Namun lain halnya dengan konsumen Daihatsu, yang masih menginginkan mobil keluarga dengan kapasitas lebih kecil. 

    Perbedaan eksterior Toyota Calya dan Daihatsu Sigra?

    Keduanya memiliki karakter berbeda. Untuk Calya lebih terkesan sporty, sementara Daihatsu Sigra diklaim elegan.

    Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sama-sama menawarkan tujuh pilihan warna, namun penyebutan namanya berbeda. Seperti Calya memiliki warna putih, perak metalik, orange metalik, merah, abu-abu metalik, bronze mica metalik, hitam. 

    Sedangkan Sigra untuk warna putih disebut Icy White Solid, perak metalik (Glittering Silver Metallic), orange metalik, merah (Red Solid), abu-abu metalik (Dark Grey Metallic), Bronze Metallic & hitam (Ultra Black Solid).

    Perbedaan lainnya tentu saja pada logo, dimana Calya memiliki lambang garuda. Sementara Sigra menggunakan logo S dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

    Selain itu, Toyota Calya lebih sporty dengan penggunaan gril yg tampak mengalir dari atas ke bawah dan lebih didominasi warna hitam, sementara Sigra tampil elegan dengan gril yang tampak terpisah antara bagian atas bawah dan menampilkan kemilau warna krom.

    Lampu Kabut, serupa tapi tak sama. Untuk Calya desain rumah lampu menyempit ke atas serta posisi lampu kabut agak bawah. Sedangkan Sigra menggunakan desain rumah lampu melebar ke samping dan posisi lampu kabut mendekati lampu utama.

    Talang Air Toyota Calya polos namun simple, sedangkan Sigra menambahkan fitur talang air di kedua sisinya dan moulding chrome pada bagian bawah pintu. Untuk velg Calya dan Sigra sama-sama berukuran 14 inci namun keduanya memiliki desain berbeda. 

    Perbedaan interior Toyota Calya dan Daihatsu Sigra?

    Sama-sama merupakan LCGC MPV berkapasitas tujuh penumpang. Hanya saja untuk Calya kabinnya menggunakan nuansa warna gelap & krom seperti pada tuas transmisi dan door trim. Roda kemudinya pun telah dilengkapi beberapa tombol untuk mengatur sistem hiburan atau Audio Steering Switch. 

    Sementara itu, Sigra mengusung warna lebih terang tanpa kelengkapan lain yang ditawarkan Calya, tentunya membuat kembaran versi Daihatsu ini lebih terjangkau.

    Untuk interior, Toyota Calya dilengkapi Multi Information Display, 2 DIN Touchscreen Head Unit, Electric Power Steering, ruang penyimpanan barang, serta pernak pernik lainnya tersedia sebagai standar yang kelengkapannya tentu disesuaikan dengan tingkat variannya. 

    Cara Performa Toyota Calya tetap hebat?

    Satu cara yang membuat mobil Toyota Calya tetap bandel tak lain rajin melakukan  servis berkala dan di service di bengkel resmi, termasuk penggantian oli, membersihkan filter udara secara tepat waktu. Selain itu, gunakan bahan bakar sesuai yg direkomendasi pabrikan, seperti minimal RON 92 atau Pertamax.

    Selain itu, cara lain yg bisa OLXer terapkan yaitu selalu mengecek kondisi radiator mobil agar mesin tidak Overheat. Yang perlu diperhatikan, pengemudi harus memperhatikan penggunaan kopling saat berkendara untuk menghindari slip kopling. 

    Apa oli yang digunakan untuk Toyota Calya?

    Karena Toyota Calya masuk segmen LCGC MPV, maka tidak ada salahnya menggunakan oli dengan tingkat kekentalan SAE 0W-20 seperti yang dimiliki Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant Full Synthetic 0W-20 ECO Power API SN GF- 5. Pelumas encer ini biasa digunakan pada daerah bersalju.

    Selain itu, bisa juga menggunakan TOP 1 HP Sport dengan kekentalan yang sama seperti TMO yaitu 0W-20. Pelumas ini terbuat dari bahan dasar sintetik yg diformulasikan secara khusus dengan cleansing agent additive.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait