Copied to clipboard!

Toyota Calya dengan ubahan ringan diluncurkan pada September 2019.



MOBIL BARU

Toyota Calya Spesifikasi Lengkap, Harga dan Promo Terkini

Author : Herdi Muhardi

17 Sep 2020


Toyota Calya merupakan mobil keluarga yang masuk kategori mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) versi Multi Purpose Vehicle (MPV). Kembaran Daihatsu Sigra ini memang masih anak baru di kancah otomotif nasional. Sebab, adik dari Avanza dan Xenia ini baru secara resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu.

Sebagai catatan, sebelum Toyota Calya dan Daihatsu Sigra meluncur, sejatinya mobil ini merupakan inovasi dari mobil konsep Daihatsu yang disebut UFC-3. Mobil Ini juga sempat mejeng pertama kali pada 2014 atau persis dua tahun sebelum Calya dan Sigra mengaspal.

Kendati masih seumur jagung Toyota Calya termasuk mobil yang cukup digemari lantaran mobil ini dianggap sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang menyukai mobil berkapasitas banyak dan sanggup mengangkut tujuh orang penumpang.

Bahkan berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil ini bisa tembus 5.000 unit per bulan. Tak heran Toyota Calya ini masuk dalam lima besar mobil terlaris di Indonesia.

Oia, perlu OLXer tau juga, karena kembaran Daihatsu Sigra, maka Toyota Calya ini dirakit dan diproduksi oleh pabrik Daihatsu Astra Motor yang memiliki pabrik di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat. 

Perbedaan Varian Toyota Calya - Wajib Tahu Sebelum Membeli

Jika OLXer berniat untuk memiliki Toyota Calya untuk mobilitas sehari-hari, sebaiknya mengetahui apa saja yang mereka tawarkan, termasuk pemilihan transmisi otomatis atau manual. Selain itu, OLXer juga perlu tahu, jika Toyota Calya memiliki beberapa varian yaitu tipe E STD Manual Transmisi, E Manual Transmisi, kemudian G Manual Transmisi dan G Automatic Transmisi. 

Oia, sejak model facelift diluncurkan pada 16 September 2019 atau tahun lalu, memang Toyota Calya mengalami beberapa penyegaran. Paling mencolok, penggunaan fitur keselamatan Airbag atau kantung udara dan Anti Lock Braking System (ABS) kini tersedia pada semua tipe kecuali varian terendah E STD MT. 

Perbedaan satu sama lainnya, memang sangat terlihat bagian eksterior antara varian E dan G. Seperti halnya batok lampu kabut tipe G dibalut warna hitam glossy atau piano-black, sedangkan tipe E hanya warna plastik hitam biasa. Selain itu, tipe G sendiri sudah dilengkapi fog Lamp atau lampu kabut, sedangkan tipe E belum ada, hanya saja disediakan tempatnya saja.

Balutan bodi Toyota Calya tipe G memiliki aksen krom pada bagian depan dan belakang warna krom hitam atau coklat gelap. Mungkin agar terlihat lebih mewah. Sedangkan pada tipe E, bagian tersebut adalah aksen sewarna body.

Perbedaan lainnya terjadi pada lampu sein pada Spion, dimana tipe G dilengkapi lampu sein, sedangkan pada tipe E tidak ada. Selain itu, warna pilar tipe E, pillar B dan C pada bagian samping dikelir sewarna body, sedangkan pada tipe G diberi aksen plastik hitam.

Untuk perbedaan di bagian interior, hal yang paling terasa yaitu pada bagian warna panel AC, dimana tipe E, dashboard konsol tengah AC dan knop AC berwarna hitam, sedangkan pada tipe G diberi warna silver.

Selain itu, ada tempat penyimpanan di bawah panel AC  untuk tipe G. Sedangkan tipe E tidak ada. Aksen krom pada Calya tipe G jadi terasa mewah, mulai dari handle pintu dan sekeliling exhaust AC, sedangkan pada tipe E cuma hitam polos.

Oia, aksen Silver Calya tipe G ada pada arm rest di doortrim dan palang stir, sedangkan tipe E hanya warna coklat muda sewarna jok. Sehingga tipe G terlihat lebih mewah.

Sementara itu, beberapa perbedaan lainnya seperti fitur Retractable Mirror  yang bisa dilipat secara elektrik di dalam kabin hanya dapat digunakan pada Calya tipe G sedangkan pada tipe E tidak ada. 

Kemudian, Head Unit pada tipe G telah dilengkapi monitor layar sentuh, sedangkan tipe E masih seperti double din biasa dengan tampilan monochrom dan belum dapat support video display. 

Audio Steering Switch sebagai tombol pengaturan audio juga terdapat pada lingkar kemudi Calya tipe G, sedangkan tipe E belum ada. Pilihan Transmisi tipe G juga ada otomatis dan manual, sedangkan E tidak ada transmisi otomatis.

Untuk jantung pacunya, semua Toyota Calya masih sama, yaitu dibekali mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco dan dikombinasikan dengan 4-silinder segaris Dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga hingga 86 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, maka setiap tipe Toyota Calya harganya juga berbeda.

Berikut perbedaan harga Toyota Calya berdasarkan tipe:

Perbedaan Harga Toyota Calya  dari Setiap Tipe

Toyota Calya

Harga/ Juta

Perbedaan Harga

E STD MT

144,550,000

-

E MT

147,350,000

2,800,000

G MT

153,650,000

6.,00,000

G AT

165,850,000

12,200,000

Dari varian Toyota Calya E STD MT hingga varian G AT  terdapat selisih harga hampir Rp 21,3  jutaan. Tipe manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Perbedaan dari masing masing tipe yang telah kami susun tentu akan mempermudah dalam mengambil keputusan tersebut.

Keunggulan Toyota Calya

Seperti disebutkan sebelumnya, Toyota Calya ini masuk kategori LCGC. Tentunya keunggulan untuk mobil LCGC ini pastinya harga yang ditawarkan harus terjangkau. Terbukti mobil ini ternyata ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 140 jutaan. Tentu saja harganya cukup murah untuk sebuah sebuah mobil MPV, yaitu mulai dari Rp 140 jutaan. 

Namun selain harga ada beberapa keunggulan Toyota Calya lainnya, antara lain:

  • Desain

Secara tampilan Toyota Calya memang cukup menarik untuk sebuah MPV dengan harga Rp 140 jutaan. Tampilan eksterior juga tak kalah modern dengan MPV satu tingkat di atasnya. 

Bahkan Toyota Calya yang memiliki desain lampu sipit ini sudah menggunakan LED seperti mobil-mobil modern pada umumnya. Belum lagi cat chrome juga memberikan kesan memikat seperti mobil-mobil mewah.

  • Kabin lega

Untuk sebuah LCGC MPV, kapasitas ruang kabin Toyota Calya tergolong cukup luas, karena mampu menampung tujuh penumpang dan masih memiliki bagasi pada bagian belakang. 

Dengan begitu, selain membawa penumpang tentunya masih bisa membawa barang, contohnya tiga buah galon dan satu tas kecil sekaligus. Tapi perlu dicatat, OLXer harus tahu berapa batasan bobot yang bisa diangkut sebuah Toyota Calya yah.

  • Fitur 

Seperti disebutkan di atas, untuk sebuah LCGC MPV, Toyota Calya sudah memiliki fitur kekinian seperti pada bagian luar dipasang fog Lamp, Rear Combination Lamp, Combination Meter, Front Armrest, One-Touch Tumble, Power Charging Station, electric mirror, serta power window di keempat pintu,

Belum lagi pada sistem hiburan, seperti pada audio video system dijejali head unit empat speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, dan Eco Mode. 

Toyota Calya juga sudah dilengkapi fitur keselamatan seperti dua airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi ISOFIX, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt.

  • Irit bahan bakar

Toyota Calya dibekali dengan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco dan dikombinasikan dengan 4-silinder segaris Dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga hingga 86 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Dengan mesin ini pula, Toyota Calya masuk ke dalam mobil irit bahan bakar, karena seperti regulasi khusus LCGC, bahan bakar yang dikeluarkan 1 liter untuk 20 km. 

Harga - Harga Toyota Calya Bekas

Toyota Calya G AT 2016
Toyota Calya G AT 2016 dijual di OLX

Seperti diketahui, meski Toyota Calya bisa disebut baru seumur jagung, karena baru sekitar empat tahun lamanya di kancah otomotif nasional. Namun begitu, bagi mereka yang mencari harga lebih rendah atau menyesuaikan budget, maka alternatif yang ditempuh yaitu mencarinya dengan status bekas.

Tak dapat dipungkiri,  Toyota Calya saat ini termasuk mobil yang cukup dicari konsumen OLX.co.id. Setidaknya, Toyota Calya dengan kondisi tangan kedua harganya ada yang dibanderol Rp 70-100 jutaan 

Tentu saja ada harga tinggi dan rendah, bisa sangat  bervariasi, tergantung tahun perakitan, kondisi mobil, jarak tempuh kilometer, hingga kelengkapan surat-surat.

Simak beberapa rekomendasi kami berikut ini:

*harga mobil bekas berbeda beda tergantung dari kondisi mobilnya. Rekomendasi kami tidak bersifat mutlak, namun didasarkan pada harga iklan mobil bekas di OLX.

Toyota Calya Harga di bawah Rp 100 juta

Apabila OLXer memiliki budget terbatas, namun tetap ingin membeli mobil Toyota Calya. Tentu pilihannya adalah memilih yang bekas. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 100 juta ini daftarnya:

·  Calya Tahun : 2016, 2017, 2018, dan 2019

·  Calya Tipe : Pilihannya dengan transmisi manual maupun otomatis 

Cek Disini Untuk Toyota Calya Harga Rp 100 Jutaan

Skema Cicilan Toyota Calya

Bagi sebagian orang mobil merupakan kebutuhan utama untuk mobilitas sehari hari, atau sebagian orang lainnya yang berfungsi sebagai gaya hidup. Apapun latar belakangnya membeli mobil bekas secara tunai tidak bisa ditempuh oleh semua orang. 

Nah bagi sebagian lainnya jalur kredit atau membeli secara mencicil adalah pilihannya. Berikut simulasi untuk beli kredit Toyota Calya

Kredit Toyota Calya  Cicilan mulai dari Rp 765 ribuan per bulan hingga Rp 2,5 Juta per bulan

Membeli mobil Toyota Calya baru atau bekas bisa juga dilakukan dengan cicilan kredit. Bahkan ada cicilan hingga Rp 765 ribuan untuk status bekas. Sedangkan untuk Toyota Calya baru cicilan paling rendah Rp 1,58 juta untuk tipe E STD MT, dan Rp 1,6 juta untuk E MT, kemudian Rp 1,68 juta untuk tipe G MT, dan Rp 1,8 juta untuk tipe G AT.

Lantas tipe apakah atau tahun berapakah yang bisa dibeli dalam rentan harga cicilan tersebut?

  1. Tentukan terlebih dahulu mobil bekas atau baru
  2. Kemudian pilih tipe sesuai selera dan kebutuhan
  3. Selanjutnya pilih harga dan tahun produksinya

Misalkan ingin membeli Toyota Calya dengan cicilan kurang dari Rp 1,5  jutaan per bulan. Maka berdasarkan subtopik di atas bisa diperoleh beberapa tipe Toyota Calya E STD MT namun dengan lama cicilan hingga delapan tahun.

Namun jika ingin cicilan Rp 2,5 jutaan, bisa saja membeli Calya dengan cicilan selama lima tahun. 

Berikut adalah gambaran atau simulasi cicilan kredit Toyota Calya. Silahkan sesuaikan berdasarkan kebutuhan masing masing.

Toyota Calya

Harga OTR

Pinjaman

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

5th

6th

7th

8th

1.2 E STD MT

144,550,000

108,412,500

2,258,594

1,957,448

1,742,344

1,581,016

1.2 E MT

147,350,000

110,512,500

2,302,344

1,995,365

1,776,094

1,611,641

1.2 G MT

153,650,000

115,237,500

2,400,781

2,080,677

1,852,031

1,680,547

1.2 G AT

165,850,000

124,387,500

2,591,406

2,245,885

1,999,085

1,813,984

Bekas

100,000,000

75,000,000

1,562,500

1,354,167

1,205,357

1,093,750

Bekas

70,000,000

52,500,000

1,093,750

947,917

843,750

765,625

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang membuat kredit Toyota Calya berbeda-beda, yaitu

*setiap bank memiliki ketentuan masing masing, simulasi ini dibuat berdasarkan gambaran umum perkreditan. Silahkan kunjungi bank terdekat untuk perhitungan pastinya

*Simulasi ini dihitung menggunakan DP 25%,

*Bunga flat 5% per tahun.

*Simulasi di atas belum termasuk asuransi dan biaya administrasi

Review Tampilan Eksterior dan Interior Toyota Calya

Toyota Calya
Toyota Calya

Toyota Calya memang mengalami ubahan ringan pada 16 September 2019 lalu. Ubahan sangat terasa pada sisi eksteriornya. Untuk mobil di kelas LCGC, tampilan Toyota Calya memang terkesan modern dan lebih kekinian. 

Lihat saja, wajah mobil ini sudah ditata lebih apik berkat penggunaan grille Dark Chrome Element lebih besar dengan tiga garis disertai logo Toyota di tengahnya. Yang menarik lainnya, penggunaan lampu utama berteknologi LED sehingga pencahayaan jadi lebih terang dan awet.

Untuk Calya tipe G sudah dilengkapi fog lamp dengan bentuk yang sedikit memanjang ke lampu utama yang disematkan pada bagian depan di sisi kanan kiri.

Pada bagian samping kanan dan kiri, mobil ini memiliki garis tipis yang melewati handle door hingga buritan.

Sementara pada bagian bodi belakang, memang tak banyak berubah, akan tetapi mobil ini sudah mengusung stoplamp yang membentuk siku disertai wiper tunggal sebagai pembersih kaca belakang.

Kesan tak biasa dan lebih modern juga terasa pada bagian ruang kabin atau interior. Sebut saja adanya dashboard multilayer yang dibalut warna Dark Brown and Black sehingga jadi terlihat elegan. 

Toyota Calya tipe G juga sudah dilengkapi Head Unit layar sentuh sehingga memberikan kesan kekinian. Tentu saja layar sentuh ini memudahkan penumpang hanya dengan sentuhan jari untuk mengoperasikan sistem hiburan. Sedangkan bagi pengemudi, lingkar kemudi sudah dilengkapi Audio Steering Switch yang dapat dioperasikan dengan sentuhan jari jempol. Oia, layar sentuh audio system ini  sudah dilengkapi iPod/iPhone Connectivity, DVD Player, USB, Bluetooth, dan fitur AUX.

Tombol pengatur AC mobil ini juga sudah berubah jadi model knob yang lebih modern, tidak lagi seperti model kompor gas.

Toyota Calya juga memiliki beberapa ruang penyimpanan, seperti pada kursi penumpang baris pertama dilengkapi New Underseat Compartment Tray. Kemudian ada juga seat back pocket untuk menaruh barang-barang seperti majalan dan sejenisnya. Sementara itu di bawah kursi penumpang depan tersedia under tray yang bisa menaruh barang bawaan dengan kapasitas maksimal 2 kg.

Kabin mobil ini juga sudah dibalut dengan warna kursi Dark Brown bermaterial cukup berkualitas untuk memaksimalkan penumpang ketika menduduki kursi.

Adapun untuk semua bangku mobil ini sudah dilengkapi headrest dan sabuk pengaman 3 point.

Konfigurasi / Spesifikasi Toyota Calya Semua Tipe

Mesin

Toyota Calya dibekali dengan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco dan dikombinasikan dengan 4-silinder segaris Dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga hingga 86 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Nah, mau tau detail mesin yang dibenamkan Toyota Calya secara lebih lengkap, berikut ulasannya:

Mesin

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Kapasitas Mesin (cc)

1197

Jumlah Silinder

4

Jumlah Katup

16

Tipe Penggerak

Penggerak roda depan / Front Wheel Drive

Maksimal Tenaga (HP) / rpm

86 / 6,000 rpm

Maksimal Torsi (nm) / rpm

107 / 4,200

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Bahan Bakar (liter)

36

Konfigurasi mesin

3NR, In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Dimensi Kendaraan

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Panjang (mm)

4,070

Tinggi (mm)

1,600

Lebar (mm)

1,655

Radius Putar (mm)

4,600

Jarak sumbu roda (mm)

2,525

Jarak pijak (mm)

180

Ban & Velg

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Lebar

175

Aspek Rasio

65

Diameter

14

Material Velg

Alloy Wheel

Suspensi dan Rem

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Rem Depan

Ventilated Disc

Suspensi depan

MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer

Rem Belakang

Drum/Tromol

Suspensi belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring

Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring and Stabilizer

Keselamatan dan Keamanan

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Anti lock Braking System

Tidak

Ya

Brake Assist

Tidak

Electronic Brake Distribution

Tidak

Ya

Sensor parkir

Tidak

Ya

Rearview Camera

Tidak

Airbag system

Ya

Child safety locks

Tidak

Sabuk pengaman depan

Ya

ISOFIX

Ya

Uphill & Downhill Assist Control

Tidak

Vehicle Stability Control System

Tidak

Anti theft system

Tidak

Ya

immobilizer

Tidak

Ya

Kenyamanan

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

AC

Ya

Pengaturan posisi setir

Tidak

Power window depan

Ya

Tombol multi fungsi di Stir

Tidak

Ya

Cruise Control

Tidak

Engine start stop button

Tidak

Front & Rear Defogger

Tidak

Ambient Lights

Tidak

Gearshift paddle

Tidak

Head-up Display

Tidak

Headrest

Ya

Keyless entry

Tidak

Power outlet

Ya

Power steering

Ya

Lampu baca

Halogen

Kapasitas penumpang

7

Bahan tempat duduk

Fabric

Vanity mirror

Tidak

Ya

Eksterior

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Lampu depan

LED

Lampu kabut

LED

Kaca spion

Electric mirrors

Retractable Outer Mirror

Roof rack and rail

Tidak

Rear Defogger

Tidak

Lampu Belakang

Halogen

Shark Fin

Tidak

Ornament Chrome

Ya

Dark chrome

Lampu sein spion

Tidak

Ya

Hiburan dan Komunikasi

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Audio

2DIN layar monochrome

layar sentuh

Audio Steering Wheel

Tidak

Ya

Fitur dan Lain – lain

Varian / Tipe Mobil

E

G

STD MT

MT

MT

AT

Warna Kabin

Coklat gelap

AC Double Blower

Tidak

Under Seat

Compartment Tray

Tidak

Ya

Front Console Box

Tidak

Ya

Illumination AT

Indicator

Tidak

Ya

Driver Seat

Pocket

Tidak

Ya

Multi Player Display

Tidak

Ya

Promo Toyota Calya

Promo Auto2000 September 2020

Selama September 2020, dealer Auto2000 memberikan promo berupa SEPTEMBER SURPRISE! Kejutan spesial untuk AutoFamily! Seperti di situs resmi Auto2000 disebutkan,  banyak untungnya jika membeli mobil Toyota di Auto2000 Digiroom!

Selain mudah, untuk  membeli mobil baru di Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa SHARP Air Purifier* dan juga tambahan uang elektronik sebesar Rp 500 ribu* loh!  Tambahan uang elektronik hanya berlaku untuk pembelian melalui kredit ya.

Penawaran terbatas! Promo ini hanya berlaku sampai 30 September 2020. 

Adapun untuk syarat mengikuti promo ini sebagai berikut :

1. Program berlangsung sampai tanggal 30 September 2020.

2. Program terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertempat tinggal di Indonesia.

3. Setiap pembelian mobil Toyota baru melalui website Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah Sharp Plasmacluster Air Purifier untuk pembelian tunai maupun kredit.

4. Uang elektronik senilai Rp. 500,000 hanya untuk pembelian kredit melalui Digiroom.

5. Program ini hanya berlaku untuk pembelian melalui website atau apps Auto2000 (Digiroom).

6. Customer wajib menggunakan data pribadi yang valid.

7. Hadiah yang tersedia sangat terbatas.

8. Customer wajib memenuhi ketentuan administrasi yang ditetapkan agar dapat menerima hadiah program September Surprise.

9. Hadiah air purifier dan uang elektronik akan diberikan ke customer melalui cabang penjualan.

10. Hadiah tidak dapat diuangkan atau diganti dalam bentuk lain.

11. Hadiah hanya dapat diberikan kepada customer yang terdaftar dan tidak dapat diwakilkan dan/atau dipindah tangankan.

12. Keputusan penerima hadiah program oleh Auto2000 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Tips Membeli Toyota Calya Bekas 

Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil Toyota Calya bekas. Berikut hal yang harus diperhatikan;

  • Periksa service record dan kondisi mesin. Pastikan pemilik mobil Toyota Calya sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.
  • Periksa body dan cat. Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.
  • Periksa interior. Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.
  • Periksa kelengkapan surat. BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

Review Pengalaman Toyota Calya

Memilih Toyota Calya sebagai tunggangan pribadi sudah dilakukan Yuni, Ibu dua orang anak yang berdomisili di Jatimakmur, Bekasi. Menurut dia, Toyota Calya menjadi pilihan yang tepat jika ingin mencari mobil yang terjangkau dan juga irit dalam hal bahan bakar.

“Positifnya mobil ini memang irit bahan bakar, selain itu, karena mobil Toyota maka dealer atau bengkel yang dijumpai lebih mudah,” ucap Yuni yang memiliki Toyota Calya tipe G otomatis. 

Kata Yuni, Toyota Calya miliknya selalu digunakan harian untuk bekerja. Bahkan meski kondisi macet, mobil ini masih cukup nyaman untuk melewati jalanan di ibukota.

Selain Yuni, Robertus juga memilih Calya sejak 2017. Menurut dia, tak pernah mengalami masalah walaupun harus mengemudi dengan kondisi jalan menanjak. 

“Saya sendiri pakainya full pertamax dan rutin melakukan service,” ucap Robertus yang menggunakan Calya G Manual. 

FAQ - Pertanyaan seputar Toyota Calya

Apakah Toyota Calya memiliki mesin 1.000 liter seperti Daihatsu Sigra?

Jawabannya tentu saja tidak. Sebelum menghadirkan Toyota Calya, Toyota memang sudah melakukan studi market secara terpisah dengan Daihatsu. Hasilnya, konsumen Toyota ternyata dianggap tidak banyak menyukai mesin 1.000 liter untuk mobil keluarga seperti Toyota Calya. Namun lain halnya dengan konsumen Daihatsu, yang masih menginginkan mobil keluarga dengan kapasitas lebih kecil. 

Perbedaan eksterior Toyota Calya dan Daihatsu Sigra?

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memiliki karakter berbeda. Untuk Calya lebih terkesan sporty, sementara Daihatsu Sigra diklaim elegan.

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sama-sama menawarkan tujuh pilihan warna, namun penyebutan namanya berbeda. Seperti Calya memiliki warna putih, perak metalik, orange metalik, merah, abu-abu metalik, bronze mica metalik dan hitam. 

Sedangkan Sigra untuk warna putih disebut Icy White Solid, perak metalik (Glittering Silver Metallic), orange metalik, merah (Red Solid), abu-abu metalik (Dark Grey Metallic), Bronze Metallic dan hitam (Ultra Black Solid).

Perbedaan lainnya tentu saja pada logo, dimana Calya memiliki lambang garuda. Sementara Sigra menggunakan logo S dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

Selain itu, Toyota Calya lebih sporty dengan penggunaan gril yang tampak mengalir dari atas ke bawah dan lebih didominasi warna hitam, sementara Sigra tampil elegan dengan gril yang tampak terpisah antara bagian atas dan bawah dan menampilkan kemilau warna krom.

Lampu Kabut, serupa tapi tak sama. Untuk Calya desain rumah lampu menyempit ke atas dan posisi lampu kabut agak bawah. Sedangkan Sigra menggunakan desain rumah lampu melebar ke samping dan posisi lampu kabut mendekati lampu utama.

Talang Air Toyota Calya polos dan simple, sedangkan Sigra menambahkan fitur talang air di kedua sisinya dan moulding chrome pada bagian bawah pintu. Untuk velg Calya dan Sigra sama-sama berukuran 14 inci namun keduanya memiliki desain berbeda. 

Perbedaan interior Toyota Calya dan Daihatsu Sigra?

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sama-sama merupakan LCGC MPV berkapasitas tujuh penumpang. Hanya saja untuk Calya kabinnya menggunakan nuansa warna gelap dan krom seperti pada tuas transmisi dan door trim. Roda kemudinya pun telah dilengkapi beberapa tombol untuk mengatur sistem hiburan atau Audio Steering Switch. 

Sementara itu, Sigra mengusung warna lebih terang tanpa kelengkapan lain yang ditawarkan Calya, yang tentunya membuat kembaran versi Daihatsu ini lebih terjangkau.

Untuk interior, Toyota Calya dilengkapi Multi Information Display, 2 DIN Touchscreen Head Unit, Electric Power Steering, ruang penyimpanan barang, serta pernak pernik lainnya tersedia sebagai standar yang kelengkapannya tentu disesuaikan dengan tingkat variannya. 

Cara Performa Toyota Calya tetap hebat?

Satu cara yang membuat mobil Toyota Calya tetap bandel tak lain rajin melakukan  servis berkala dan di service di bengkel resmi, termasuk penggantian oli, membersihkan filter udara secara tepat waktu. Selain itu, gunakan bahan bakar sesuai yang direkomendasi pabrikan, seperti minimal RON 92 atau Pertamax.

Selain itu, cara lain yang bisa OLXer terapkan yaitu selalu mengecek kondisi radiator mobil agar mesin tidak Overheat. Yang perlu diperhatikan, pengemudi harus memperhatikan penggunaan kopling saat berkendara untuk menghindari slip kopling. 

Apa oli yang digunakan untuk Toyota Calya?

Karena Toyota Calya masuk segmen LCGC MPV, maka tidak ada salahnya menggunakan oli dengan tingkat kekentalan SAE 0W-20 seperti yang dimiliki Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant Full Synthetic 0W-20 ECO Power API SN GF- 5. Pelumas encer ini biasa digunakan pada daerah yang bersalju.

Selain itu, bisa juga menggunakan TOP 1 HP Sport dengan kekentalan yang sama seperti TMO yaitu 0W-20. Pelumas ini terbuat dari bahan dasar sintetik yang diformulasikan secara khusus dengan cleansing agent additive.