MOBIL BARU

Toyota Corolla Altis Pakai Teknologi TNGA dan TSS, Ini Daftar Harganya

12 Sep 2019

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia kembali melakukan penyegaran pada Corolla Altis. Hadir dengan tiga varian yaitu G, V dan Hybrid Electic Vehicle (HEV),  All New Corolla Altis juga sudah mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Menurut President Director PT TAM, Yoshihiro Nakata, penggunaan platform TNGA pada Corolla Altis dipercaya dapat membuat performa driving jauh lebih mengesankan. Hal ini berkat center of gravity lebih rendah 20 mm dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga bisa jauh lebih stabil.

“Melalui kehadiran All New Corolla Altis varian HEV, Toyota juga ingin semakin menegaskan dukungan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia dalam rangka  akselerasi pengembangan kendaraan elektrifikasi dengan menghadirkan model mobil elektrifikasi yang lengkap,” ungkap Nakata saat peluncurannya di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Namun, jika OLXer sekilas melihat wujudnya tampilan Corolla generasi ke-12 sekilas memang tak banyak berbeda. Akan tetapi, jika dilihat lebih detail, ubahannya memang sangat terasa dan mengadopsi ubahan secara global.

Hal ini juga terlihat pada lampu yang lebih tajam dan sipit, grille lebih besar dan hadir aksen krom di bagian cangkang lampu kabut.

Jika melongok ke belakang lampu lebih lebar dan juga disematkan LED Bar. Sedangkan untuk model hybrid perbedaannya hanya pada logo dan aksen warna biru, emblem hybrid di fender depan.

Tak hanya itu, dengan platform TNGA dalam rancangan struktur, ternyata membuat dimensi kendaraan ini diklaim kokoh, berkat panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm.

Masuk ke dalam kabin, kesan mewah memang terasa. Seperti penggunaan lapisan bahan kulit pada lingkar kemudi, lalu panel instrumen sudah digital. Selain itu, untuk  Corolla Altis HEV juga disematkan multimedia system yang dilengkapi dengan 8 inchi head unit display yang terintegrasi dengan sistem monitor hybrid, bluetooth dan wifi, Apple car play, Smart Device Link (SDL), dan miracast.

Oia, Multimedia system yang disematkan pada Corolla Altis HEV tak hanya mendukung fitur - fitur entertainment, tapi juga untuk operasional fungsi - fungsi lainnya seperti door lock, sistem AC, dan lainnya.

Kenyamanan  All New Corolla Altis juga ditingkatkan, salah satunnya berkat penggunaan double wishbone pada suspensi belakang yang sebelumnya menggunakan torsion beam. Dengan suspensi ini, sedan medium ini jadi stabilitas dan tambah nyaman.

Sedan yang satu ini juga disebut semakin lengkap lantaran  hadir fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini dianggap dapat meminimalisir potensi jika terjadi kecelakan. Selain itu, fitur keselamatan lain dari Corolla Altis ini yaitu dilengkapi tujuh airbags dan fitur Blind Spot Monitor (BSM) pada varian 1.8 V dan HEV.

Khusus untuk Corolla Altis varian HEV, kini dilengkapi dengan fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Fitur ini menggunakan sensor yang sama dengan BSM yaitu dapat mendeteksi kendaraan yang mendekati dari kedua sisi selama mobil dalam kondisi mundur.

Untuk jantung pacu, All New Corolla Altis untuk tipe G dan V hadir dengan mesin bensin berkapasitas 1.8 liter  yang sanggup menyemburkan daya 138 Tk dan torsi 144 Nm.

Sedangkan untuk All New Corolla Altis HEV sudah menggunakan motor listrik P610 HEV transaxle dengan power 96 Tk atau setara dengan Hybrid 4-cylinder yang dikombinasikan dengan mesin 2ZR-FXE.

Menyoal harga, kenaikannya rata-rata Rp 13 juta. Nah berikut daftarnya dengan status on the Road Jakarta:

- All New Corolla  1.8 G Rp 468,3 juta

- All New Corolla 1.8 V Rp 489,3 juta

- All New Corolla HEV Rp 566,3 juta. (Her)