Copied to clipboard!

Toyota GR Supra



MOBIL BARU

Kerennya Toyota GR Supra Terbaru, Harganya 10 Kali Lipat Toyota Avanza

Author : Herdi Muhardi

24 Sep 2020


PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia meluncurkan Toyota GR Supra terbaru yang diklaim lebih bertenaga, stabil, dan sporty. 

Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, sejak GR Supra diperkenalkan tahun lalu, sambutan akan sport car legendaris ini sangat besar dari masyarakat Indonesia.

“Melalui New Toyotsa GR Supra ini, kami  ingin  menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever–Betters Cars bagi para pelanggannya,” ungkap Henry dalam keterangan tertulis, Kamis (24/9/2020).

Henry juga menyatakan, New Toyota GR Supra merupakan mobil yang  memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan baik di lintasan pacu maupun di jalan raya. 

Untuk pasar Indonesia, Toyota menghadirkan New Toyota GR Supra berupa varian Special Edition yang tampil menonjol dengan warna Horizon Blue. Adapun beberapa ubahan yang cukup menarik dari New Toyota GR Supra antara lain:

Eksterior 

Tampilan luar mobil sport ini disebut kian sporty, logo Supra pada kaliper merah rem depan. Khusus varian Special Edition, New Toyota GR Supra dilengkapi beberapa ubahan yang sangat menguatkan image sebuah sports car dengan warna eksterior Horizon Blue, kemudian velg berukuran 19 inci alloy wheel design dengan warna Matte Black.

New Toyota GR Supra juga sudah memiliki wheelbase 2.470 mm agar titik pusat gravitasinya mampu memberikan kestabilan, terutama saat menikung. 

Lebih lanjut, distribusi berat kendaraan dibuat seimbang yaitu 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Ini menjadi elemen penting untuk menjaga performa GR Supra agar tidak limbung saat melintasi tikungan.

Interior

Untuk bagian kabin, interior Toyota GR Supra paling anyar ini juga sangat menawan, namun tetap mempertahankan kesan sporty, seperti dominasi warna hitam, serta bagian jok dibalut dengan Black Alcantara with Blue Stitching dan Blue Perforation Underlay.

Pada bagian kabin ini juga dibenamkan fitur tambahan yang membuat mobil ini tampil kekinian, yaitu wireless charger yang membuat GR Supra tidak hanya sporty dan bertenaga namun juga memiliki teknologi yang advance.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Fitur ini mampu membuat mobil ini meluncur mulus saat di tikungan, dan bisa segera dipacu begitu berada pada track lurus.

Mesin

Toyota GR Supra yang satu ini memang dikembangkan oleh tim teknisi GAZOO Racing melalui serangkaian uji coba yang panjang, baik di jalan raya maupun sirkuit.

Bahkan meski masih dalam bentuk prototipe, mobil ini turut diikutsertakan dalam lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nürburgring, Jerman untuk menemukan komposisi dan kunci terbaik sports car sejati dengan tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

Kemampuan mobil ini tak lepas dengan jeroan jantung pacu yang dibenamkan mesin 3.0 liter 6–cylinder segari,m 24 Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing yang mampu ditambah Twin-Scroll Turbocharger sehingga menghasilkan tenaga 381 Tk pada 5.800–6.500 rpm dan torsi maksimal 500 Nm pada 1.800–5.000 rpm.

Harga

Menyoal harga untuk Toyota GR Supra A/T dibanderol Rp 2,158 miliar, sedangkan Toyota A/T Special Edition dijual Rp 2,179 miliar. Artinya harga mobil ini ternyata bisa 10 kali lipat dari Toyota Avanza yang dibanderol sekitar Rp 200 jutaan.

Jika OLXer memang kepincut dengan mobil sport yang satu ini, ada beberapa varian warna yang ditawarkan antara lain Prominence Red, Lightning Yellow, White Metallic, Silver Metallic, Matte Storm Grey, Ice Grey Metallic, dan Black Metallic. Silahkan hubungi dealer terdekat.