OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Toyota Jual Suzuki Ertiga di Afrika Selatan, Namanya Diganti Rumion



Toyota Jual Suzuki Ertiga di Afrika Selatan, Namanya Diganti Rumion

13 Oct 2021

Toyota Rumion

Toyota Rumion (Foto: Carscoops)

News.OLX.co.id - Toyota baru saja meluncurkan model terbarunya yang bernama Rumion untuk pasar Afrika Selatan. Tapi sebenarnya ini adalah mobil Suzuki Ertiga yang di rebadge menjadi Toyota Rumion.

Secara bentuk, Rumion memang sangat identik dengan Suzuki Ertiga, hanya ada sedikit perbedaan kecil pada sisi eksteriornya.

Perbedaan tersebut hanya terlihat dari logo, bentuk grill, serta velg 15 inci. Selebihnya adalah bentuk Ertiga.

Tapi di sektor interior maupun mesinnya, jelas sekali bahwa ini adalah plek-plekan dari model All New Ertiga yang meluncur di Indonesia di tahun 2018.

Sektor interior Rumion berkonfigurasi 7-seater dengan fungsi split 60:40 untuk kursi baris kedua, dan kursi baris ketiga yang bisa dilipat rata untuk menambah kapasitas bagasi. 

Pada bagian infotainment terdapat layar sentuh yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta Bluetooth. 

Toyota Rumion

Sementara untuk dashboard terdapat aksen chrome dan trim kayu, sama dengan yang diaplikasikan di bagian lingkar kemudinya. 

Seperti Suzuki Ertiga, Toyota Rumion dibangun dari platform Suzuki Swift versi panjang. Dan di dalam kap mesin terdapat mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc yang menghasilkan tenaga 105 PS dan torsi 138 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-kecepatan atau transmisi otomatis 4-kecepatan.

Tapi jangan berharap terlalu tinggi terkait fitur keselamatan yang ada di Rumion, karena mobil rebadged ini hanya dilengkapi dengan dua airbag dan ABS.

Sebenarnya untuk penamaan Rumion sendiri, ini bukan kali pertama Toyota memilih nama tersebut untuk disematkan pada produknya. 

Sebelumnya pada tahun 2007, Toyota pernah menggunakan nama tersebut untuk model hatchback lima pintunya, Corolla Rumion. Dan sekarang nama tersebut kembali dipakai untuk produk rebadge Suzuki Ertiga.

Toyota Rumion

Ini juga bukan pertama kalinya Toyota meminta kepada Suzuki untuk logo di produknya berganti menjadi Toyota ataupun sebaliknya. 

DIsebutkan oleh Carscoops, di India, Toyota Glanza adalah Suzuki Baleno, dan Toyota Urban Cruiser adalah Suzuki Vitara Brezza. Sebaliknya, Suzuki Swace di Eropa adalah Toyota Corolla Sport Tourer, sedangkan Suzuki Across adalah Toyota RAV4.

Semoga saja di Indonesia model rebadged antar keduanya tidak dijual, karena konsumen pasti bakalan bingung memilih antara Rumion atau Ertiga.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga