Copied to clipboard!

Toyota Corolla Cross resmi meluncur di Indonesia. (TAM)



MOBIL BARU

Toyota Luncurkan Corolla Cross di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Author : Herdi Muhardi

06 Aug 2020


 PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia akhirnya meluncurkan produk baru berupa Corolla Cross. Mobil ini masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUN) High Compact yang saat ini menjadi tren di Indonesia maupun global.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda mengatakan, Toyota Corolla Cross selain mengusung mesin bensin, juga memiliki teknologi ramah lingkungan yang diimplementasikan dengan adanya varian Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Kata dia, Toyota Corolla Cross merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond.

“Mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look, All New Corolla Cross hadir dengan style yang elegan, pengalaman berkendara yang menyenangkan, dilengkapi teknologi advance dengan keunggulan SUV Toyota yang tangguh, dan nilai fungsionalitas tinggi,” ungkap Matsuda, Kamis (6/8/2020).

Eksterior

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross. (TAM)

Secara desain eksterior, Toyota Corolla Cross ini jelas berbeda dengan versi sedan, khususnya pada bagian bentuk tubuhnya lebih tinggi karena untuk Urban SUV.

Dengan begitu, mobil ini diklaim tetap dapat memberikan kesan aerodinamis serta terlihat lifestyle, karena lebih tinggi kabinnya jadi lebih lega.

Diketahui, SUV yang cocok digunakan di perkotaan ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Sedangkan wheelbase mencapai 2.640 mm sehingga membuat area kabin semakin lapang.

Toyota Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman sehingga terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 mm.

Adapun radius putar mobil ini mencapai 5,2 meter sehingga pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.

Pada bagian pintu belakang juga dibuat lebih lebar, agar memudahkan akses keluar dan masuk penumpang. Demikian juga pada bagian jendela lebar yang memberikan keleluasaan untuk melihat pemandangan.

Interior

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross. (TAM)

Pada bagian interior, Toyota Corolla Cross ini memiliki head clearance 105 mm di depan dan 87 mm di belakang dipercaya agar memberikan rasa nyaman bagi penumpang di area depan dan belakang.

Toyota Corolla Cross sudah memberikan tampilan elegan berkat kabin bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inch, head unit 9 inch IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, Near Field Communication (NFC), Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

khusus fitur NFC, memang sengaja menjadi fitur tambahan yang dapat digunakan untuk membaca uang elektronik. Akan tetapi fitur NFC hanya dapat digunakan untuk membaca sisa saldo dan tidak bisa melakukan transaksi, seperti top up/tambah saldo maupun proses pembayaran. 

Pada baris kedua terdapat kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Pengemudi Corolla Cross HEV mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

Fitur keamanan dan keselamatan

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross. (TAM)

Toyota Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seat belt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Sedangkan fitur keselamatan tambahan pada mobil ini juga didukung adanya Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist.

Mesin

Toyota Corolla Cross hadir dalam dua varian yang semuanya memiliki transmisi CVT yaitu Corolla Cross 1.8 versi bensin dan Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Untuk Toyota Corolla Cross mesin bensin sudah dibenamkan mesin 2ZR-FE berkapasitas 1.8L yang dapat menghasilkan daya hingga 138 Tk pada 6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm pada 4.000 rpm.

Sedangkan Toyota Corolla Cross mesin HEV mengusung mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 96 Tk dan torsi 14,5 Kgm. Sedangkan ketika menggunakan motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 71 Tk  dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline. Benefit yang dihadirkan oleh varian HEV ini seperti salah satunya penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

Harga

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross. (TAM)

Menyoal harga, Toyota Corolla Cross mesin bensin dibanderol Rp 457,8 juta, sedangkan Corolla Cross 1.8 Hybrid Rp 497,8 juta. Kedua harga ini dijual dengan status on the Road Jakarta.

Untuk pilihan warna, Toyota Corolla Cross ini hadir dalam tujuh pilihan warna yang terdiri dari Attitude Black Metallic, Platinum White Pearl, Metal Stream Metallic, Red Mica Metallic, Graphite Metallic, Celestite Gray Metallic, Nebula Blue Metallic.