Copied to clipboard!
Bintang 5 Euro NCAP

Proses uji tabrak Toyota Yaris yang dilakukan Euro NCAP



BERITA

Toyota Yaris Model 2020 Raih Bintang 5 Tingkat Keselamatan Euro NCAP

Author : Zainal Abidin

17 Sep 2020


Mobil hatchback Toyota Yaris meluncur di Indonesia pada 8 September 2020 lalu. Berbagai improve dihadirkan demi menambah daya pikat model ini ke konsumen Tanah Air.

Perubahan paling revolusioner adalah dari sisi keselamatan, dimana untuk pertama kalinya mobil berkapasitas muat 5 penumpang ini dibekali teknologi terbaru Toyota Safety Sense. 

Teknologi keselamatan ini memungkinkan kendaraan berhenti secara mandiri ketika berbelok, agar terhindar dari tabrakan yang akan terjadi.

Selain itu, Yaris terbaru ini juga sudah mendapatkan perangkat fitur pengamanan lainnya seperti Advanced Assist Assistance Systems (ADAS), yang terdiri dari Lane Trace Assist, Emergency Steering Assist dan Assist Turn Intection, bahkan Intersection Turn Assistance.

Kabar baiknya, dengan semua kebaruan sistem keselamatan ini, Toyota Yaris 2020 berhasil mendapatkan bintang 5 uji keselamatan Euro NCAP. Tentu hasil positif ini semakin memberikan nilai plus untuk kepemilikan model ini di Indonesia.

Dari hasil uji tersebut, secara umum Yaris bekerja dengan sangat baik, dengan persentase keamanan dan keselamatan mencapai 80 persen, baik dari sisi penumpang dewasa, anak-anak, pejalan kaki, maupun safety assist

Yaris lulus uji benturan frontal dengan pembatas deformable yang akan datang dengan lebar 50 persen dari mobil, uji benturan frontal dengan pembatas lebar dan kaku, uji benturan samping dengan pembatas yang bisa berubah bentuk, uji tiang, uji pejalan kaki, dan uji keselamatan aktif.

"Selamat kepada Toyota atas peringkat teratas untuk Yaris. Ini merupakan tahun yang berat bagi semua pihak dan saya berterima kasih kepada laboratorium dan karyawan Euro NCAP, yang sudah bekerja keras karena kami harus cepat beradaptasi dengan praktik kerja yang baru,” ujar Sekretaris Jenderal Euro NCAP, Michiel van Ratingen dikutip dari auto.hindustantimes.

“Sangat menyenangkan mobil pertama yang dinilai tahun ini memungkinkan bisa mengatasi masalah keselamatan yang muncul sebagai prioritas utama," pungkasnya.