Copied to clipboard!



LAINNYA

Tren Ngapak Khas Tegal Lewat TikTok

Author : Zainal Abidin

19 Jan 2020


Tegal merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang dikenal sebagai pusat perdagangan dan jasa karena letaknya di jalur perekonomian lintas nasional, Pantai Utara (Pantura).

Tapi Tegal tidak cuma dikenal sebagai pusat perdagangan saja. Daerah ini juga kaya akan nilai budaya serta tempat bersejarah yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk lebih mengangkat serta memperkenalkan Tegal secara lebih luas lagi, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tegal hadir di TikTok lewat akun resminya, disparporakabtegal

Kehadiran akun disparporakabtegal ini cukup mengundang perhatian. Dengan 800 followers, akun ini sudah mendapat lebih dari 6 ribu likes. 

“Indonesia sangat kaya dengan kebudayaan. Dan di era digital ini kami ingin menggunakan wadah-wadah yang ada untuk mempromosikan daerah tujuan wisata Tegal sembari mengajak generasi muda untuk bangga melestarikan kebudayaan yang ada,” kata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal melalui siaran pers beberapa waktu lalu. 

“Melalui TikTok, kami ingin memperkenalkan berbagai daerah tujuan wisata di Tegal, budaya Tegal, batik, hingga dialek Tegalan yang unik bagi generasi muda,”tulis Disparpora Kab. Tegal 

Kehadiran akun ini juga disambut gembira oleh TikTok, melalui perwakilannya, Donny Eryastha, Kepala Kebijakan Publik untuk TikTok Indonesia, Malaysia, Filipina.

“Kami senang sekali Disparpora Tegal memilih TikTok sebagai platform untuk menyebarkan konten edukatif mengenai dialek Tegalan dan berbagai informasi mengenai tujuan wisata di Tegal. Hal ini sejalan dengan misi TikTok untuk terus mendukung pemerintah dalam mempromosikan budaya dan wisata dengan konten video yang singkat dan mudah dipahami serta menarik bagi generasi muda.”

Hal Menarik Tegal Melalui TikTok

Memiliki situs dengan harta karun sejarah

Tegal ternyata memiliki Desa Wisata Semendo yang kaya akan potensi sejarah purba yang luar biasa. Desa wisata yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng ini memiliki beberapa temuan yang mencengangkan dunia, mulai dari tengkorak Homo Erectus, rahang dan gigi dari primata Gigantopithecus atau Kingkong, kapak genggam, fosil gajah purba Mastodon, dan masih banyak lagi. 

Konon katanya, temuan di Desa Wisata Semendo ini merupakan jejak kehidupan flora, fauna, dan manusia sejak 1,5 juta tahun yang lalu. 

Upacara sedekah untuk bumi

Masyarakat Cacaban memiliki tradisi sedekah tahunan sebagai bentuk rasa syukur kepada semesta atas warisan kekayaan alam yang melimpah di daerah mereka. Kegiatan sedekah bumi ini juga bagian dari pelestarian budaya yang selalu dilaksanakan di Waduk Cacaban, Desa Penujah, Kecamatan Kedungbanteng, Tegal. 

Prosesi ini diawali dengan upacara tradisi yang diisi dengan pembacaan sejarah pembangunan Waduk Cacaban, doa, kemudian pelarungan kepala kerbau, dan ditutup dengan kegiatan pertunjukan budaya sampai pameran aneka jajanan pasar dan hasil bumi. 

Bahasa ngapak

Bahasa merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan oleh generasi muda. Kabupaten Tegal dikenal akan bahasa ngapak yang sangat khas. 

Akun TikTok disparporakabtegal juga membagikan beberapa tips menggunakan bahasa ngapak khas Tegal dalam kegiatan sehari-hari.

Hadirnya akun resmi disparporakabtegal di TikTok diharapkan bisa semakin mengangkat pamor budaya dan pariwisata Tegal di kancah internasional. Karena TikTok bisa ditemui di hampir seluruh negara dunia dan dalam 75 bahasa. (Z)