PROPERTI

Urbanisasi Terus Meningkat, Pemerintah Kejar Pembangunan Rusun Murah di Kawasan Kota

14 Aug 2019

Jakarta - Ada wacana pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meningkatkan target pembangunan perumahan di daerah perkotaan dalam lima tahun ke depan. 

Diproyeksi hingga 2030 nanti penduduk Indonesia yang hidup di wilayah perkotaan akan mencapai sekitar 70 persen akibat terus meningkatnya urbanisasi. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan akan tempat tinggal dengan suplai rumah di perkotaan. 

"Kalau urbanisasi terus berlanjut, rumah tangga yang di perkotaan akan meningkat dan menuntut rumah-rumah yang dekat dengan perkotaan. Kita harus tingkatkan 20-30 persen penyediaan rumah di perkotaan," kata Eko Djoeli Heripoerwanto Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR dalam sebuah Workshop Public Private Partnership (PPP) for Affordable Housing di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Permasalahan ini juga yang mendorong pemerintah mempercepat penyediaan rumah di perkotaan dengan harga yang terjangkau. Namun dengan keterbatasan lahan kota, paling memungkinkan adalah mayoritas membangun rumah susun.

Permasalahan lain selain kebutuhan lahan adalah anggaran yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut. Eko mengaku cadangan APBN hanya mampu menopang 20-30 persen dari total target pembangunan 3,9 juta unit. Dengan total investasi mencapai Rp 780 triliun. 

"Ketersediaan APBN hanya mampu mencukupi 30 persen, sisanya kita harapkan dari kerja sama dengan swasta," ungkap Eko. 

Sehingga diperlukan alternatif pengembangan penyediaan perumahan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Langkah itu harus dilakukan demi menambal sederet kekurangan. 

"Intinya dengan adanya skema KPBU ini maka gap, backlog bisa lebih dicapai pengurangannya dibandingkan skema yang konvensional ini," imbuhnya. Pendanaan menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) menjadi terobosan baru untuk penyediaan rumah ke depan. 

Nah, kalau tidak mau menunggu lebih lama, mungkin penawaran properti disini bisa lebih mempercepat rencana Anda untuk memiliki property sendiri. (Z)