OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Velg Mobil Rentan Rusak di Musim Hujan, Mengapa?



Velg Mobil Rentan Rusak di Musim Hujan, Mengapa?

02 Feb 2021

Velg Mobil

Velg mobil Toyota (Foto : Shutterstock)

Kenyamanan selama berkendara tidak cuma ditunjang oleh ban, rem serta mesin yang prima saja. Kondisi velg dengan kondisi yang sempurna pun punya andil besar, karena velg menjadi salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan.  

Tapi kebanyakan bagian ini justru yang selalu luput dari perhatian. Rata-rata pemilik mobil berasumsi bahwa velg dengan material alloy atau besi yang kuat tidak mungkin rusak. Ini jelas sebuah pemikiran yang salah.

Potensi kerusakan pada bagian velg kendaraan tetap ada, apalagi di tengah kondisi musim hujan seperti yang terjadi saat ini. 

Hujan yang turun hampir setiap hari menyebabkan genangan air dimana-mana, ujung-ujungnya jalan jadi rusak dan bolong. Inilah yang jadi penyebab utama kerusakan pada velg mobil dan motor. 

Sekuat-kuatnya bahan yang dipakai pada velg tetap ada kemungkinan menjadi rusak. Apalagi jika terlalu sering menghajar lubang di jalan yang cukup lebar dan dalam dengan kecepatan lumayan tinggi, atau selalu berkendara dengan bobot muatan yang melebihi kapasitas.

Dalam beberapa kasus, velg yang rusak bisa menyebabkan getaran di kemudi. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara.

Agar Velg Mobil Tidak Rusak, Lakukan Hal Ini : 

1. Menjaga Tekanan Angin pada Ban Dalam Ukuran Normal/Sesuai Petunjuk

Tekanan angin pada ban adalah hal pertama yang harus selalu diperhatikan. Velg mobil berisiko besar menjadi rusak kalau tekanan angin di ban mobil kurang dari standar. Goncangan yang terjadi pada ban saat melahap lubang jalan dengan kecepatan tinggi akan langsung berefek pada velg. 

Ini juga berlaku jika kondisi ban sudah dalam keadaan tipis atau menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai dengan standar pabrik. 

Jadi, selain menjaga tekanan angin, perhatikan juga kondisi ban serta tetap menggunakan ban standar. 

2. Safety Driving, Jangan Terlalu Ngebut Saat Hujan atau Melintasi Genangan Air

Sangat disarankan buat OLXers, ketika berkendara di musim hujan seperti sekarang untuk tetap berhati-hati, tidak terlalu ngebut dan lebih waspada dalam memperhatikan kondisi jalan yang akan dilalui.

Jika harus melalui genangan air, pastikan disitu tidak ada lubang yang besar dan dalam.

3. Segera Ganti Jika Menemukan Keretakan pada Velg 

Jangan memaksakan untuk tetap menggunakan velg yang sudah terlihat retak. Kalau hanya kerusakan ringan seperti baret terkikis trotoar itu masih wajar. Tapi kalau sudah terlihat ada bagian velg yang retak, sebaiknya segera diganti saja. 

Begitu juga bila melihat bentuk bulat velg sudah tidak sempurna (peyang) sebaiknya juga langsung diganti. 

Jangan berspekulasi dengan memperbaikinya sendiri, karena konstruksi velg yang sudah berubah akan sangat sulit untuk bisa kembali normal seperti sedia kala. 

4. Sering-Sering Cek Ban dan Velg, Lakukan Spooring & Balance

Untuk pemilik mobil Toyota, lakukan penggantian velg di bengkel Auto2000 untuk memastikan mendapatkan velg asli Toyota yang terjamin kualitasnya. 

Sekalian minta untuk mekanik melakukan pengecekan seluruh ban dan velg, termasuk menjalankan proses spooring dan balancing.

“Musim hujan seperti sekarang membuat kita harus lebih waspada selama di perjalanan. Jangan sampai pelek mobil rusak karena menabrak lubang. Jika terpaksa harus ganti velg karena yang lama sudah rusak, pastikan untuk menggantinya di bengkel Auto2000 dengan jaminan produk asli bergaransi demi keselamatan berkendara di jalan,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu (30/1/2021).

Nah, itulah kiat-kiat yang bisa dilakukan agar kondisi velg mobil bisa tetap sempurna dan mendukung kenyamanan serta keselamatan OLXers saat berkendara.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga