OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Vespa Selamatkan Desain Primavera dari Usaha Plagiat



Vespa Selamatkan Desain Primavera dari Usaha Plagiat

29 May 2020

Desain Vespa Primavera

Vespa Primavera (Vespa.com)

“Serupa tapi tak sama, mirip tapi beda kualitas”, kira-kira begitulah gambaran model kendaraan yang banyak ditiru oleh pabrikan-pabrikan otomotif asal Cina. 

Memang kalau bicara urusan tiru-meniru alias plagiat, negeri yang satu ini memang jagonya. Sudah sering sekali kita mendengar ada motor atau mobil yang desain ataupun bentuknya ditiru oleh perusahaan otomotif asal Cina. 

Salah satu yang menjadi korban adalah merek motor paling ikonik, yakni Piaggio Group. Sudah banyak sekali model Piaggio menjadi korban plagiat yang tentu saja sangat merugikan merek motor asal Italia ini.  

Tapi baru-baru ini ada sebuah berita menggembirakan dimana Piaggio Group mengumumkan bahwa desain yang didaftarkan pihak Cina, yang digunakan untuk menjustifikasi produksi skuter yang serupa dengan Vespa telah dinyatakan tidak sah oleh divisi ketidakabsahan dari Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa atau European Union Intellectual Property Office (EUIPO). 

Divisi ketidakabsahan EUIPO menganulir pendaftaran desain tersebut karena “tidak mampu memancing kesan umum yang berbeda sebagaimana didapatkan dari desain terdaftar” Vespa Primavera, dan pendaftaran tersebut merupakan sebuah usaha yang melanggar hukum dalam mereproduksi elemen estetika dari skuter Vespa yang terdaftar. 

Gilanya lagi, desain skuter mirip Vespa Primavera itu malah sempat mejeng di EICMA 2019 yang berlangsung di Milan, Italia yang notabene merupakan negara kelahiran dari Piaggio. Meski tidak lama kemudian model tersebut diturunkan oleh pihak berwenang pusat pameran Fiera setelah ada pengaduan dari pihak Piaggio. 

Vespa Primavera dilindungi oleh desain yang didaftarkan oleh Piaggio Group pada 2013, oleh merek dagang tiga dimensi dari skuter Vespa dan oleh hak cipta yang melindungi nilai artistik dari bentuk Vespa, yang telah menjadi ikon gaya sejak 1946. 

Hasil positif ini patut dirayakan oleh Piaggio Group yang selama ini terus aktif menyuarakan antipemalsuan, termasuk pemantauan terus menerus terhadap basis data dari desain dan merek dagang yang terdaftar secara internasional. 

Dalam kurun dua tahun terakhir sudah ada sekira 50 merek dagang yang didaftarkan oleh pihak ketiga akhirnya dengan terpaksa digugurkan akibat laporan dari Piaggio Group karena dianggap meniru desain mereka.

Walaupun tidak semua hak cipta model Piaggio berhasil dimenangkan. Tahun lalu (2019) Piaggio harus menerima keputusan pahit, kalah dalam kasus gugatan kepada Zhejiang Zhongneng, produsen skuter Cina yang diklaim meniru desain Vespa LX.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga