Copied to clipboard!

VW Safari atau VW Camat dijual Rp 75 jutaan di OLX.co.id. (OLX.co.id)



MOBIL BEKAS

VW Safari atau Mobil Camat di Era 70-an, Berapa Harga Bekasnya Sekarang?

Author : Herdi Muhardi

12 Sep 2020


Volkswagen Safari mungkin saat ini jarang terlihat di jalanan Indonesia. Namun di beberapa wilayah seperti Bali, mobil VW Safari banyak digunakan untuk mobil sewaan para pelancong.

Oia, nama VW Safari ini sebenarnya berbeda-beda di sejumlah negara, seperti Type 181 atau Kurierwagen di Jerman, kemudian Trekker di Inggris , lalu Thing di Amerika, dan Safari ternyata untuk pasar Meksiko.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Nah, nama beken mobil ini cukup familiar dengan sebutan VW Camat? Ehm, kok bisa ya!

Usut punya usut VW Camat muncul pada akhir 70-an, dimana mobil ini diberikan pemerintah Indonesia kepada para Camat sebagai kendaraan dinas. Karena nama inilah, VW Safari yang sudah diproduksi sejak 1969 dikenal dengan sebutan VW Camat.

Diketahui pula, alasan pemerintah memberikan VW Camat karena sejumlah wilayah Indonesia saat itu masih dalam tahap pembangunan dan medan jalan tergolong cukup sulit untuk dilalui. 

Tak pelak, para camat yang menjadi garis terdepan untuk menata kota dan wilayah yang cukup sulit memerlukan mobil yang tangguh seperti VW Safari. Seperti diketahui, VW Camat disebut sebuah mobil tangguh, karena mobil ini juga kerap digunakan militer Jerman dan menjadi pilihan tepat untuk melewati berbagai kondisi jalan. 

Selain itu, mobil ini juga disebut cukup mudah dalam hal perawatan. Sedangkan untuk desainnya sendiri mobil ini cukup unik, seperti pintu bisa dibongkar pasang dan menerapkan atap terbuka atau convertible. 

Nah, jika OLXer ingin punya model VW Camat tentunya tidak akan mendapatkan model terbaru, karena mobil ini sudah tak lagi diproduksi sejak 1983 silam.

Akan tetapi apabila OLXer mencari model bekas nggak ada salahnya bisa memburu VW Camat di situs jual beli OLX.co.id. Ya, di situs ini sejumlah VW Camat sendang mencari pemilik baru dengan harga dan lokasi berbeda-beda. 

Sebut saja, VW Camat 1977 berkelir biru asal Kelapa Dua, Tangerang, Banten, dan Kuta Selatan, Badung, Bali dijual dengan banderol Rp 65 jutaan. Sementara itu, ada juga yang menjual VW Camat lansiran 1976 asal Kuningan, Jawa Barat, dan Kaliwates, Jember, Jawa Timur dilepas dengan harga RP 75 jutaan. 

Nah, untuk harga yang lebih mahal dari itu juga masih banyak lagi. Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil VW Camat jangan heran kalau satu model dan tahun produksinya sama namun harganya berbeda-beda.

Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Jika OLXer memang berniat mencari mobil VW Camat bekas bisa lihat di sini.