OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Wajib Dilakukan Ketika Mau Touring Sepeda Motor di Masa New Normal



Wajib Dilakukan Ketika Mau Touring Sepeda Motor di Masa New Normal

05 Aug 2020

Ilustrasi touring sepeda motor. (AHM)

Berkendara atau touring sepeda motor ke berbagai tempat di masa Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal harus mengedepankan protokol kesehatan demi terhindar dari ancaman Covid-19. 

Hanya saja, sebelum melakukan touring menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor, Johannes Lucky, bikers tidak hanya sekedar melakukan pengecekan sepeda motor, tetapi aspek keamanan dan keselamatan serta protokol kesehatan.

“Adaptasi kebiasaan baru seperti adaptasi pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan jaga jarak yang di combine dengan riding atau disebut Safety & Healthy riding,” ungkap Lucky dalam diskusi melalui video conference bersama awak media, Selasa (4/8/2020). 

Lucky juga memberikan pesan kepada para biker, agar sebelum melakukan perjalanan sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu:

Pertama, seberapa penting melakukan perjalanan. Disaat New Normal seperti saat ini, biker perlu melihat seberapa perlu atau tidak melakukan riding. Sebab, meski beberapa kegiatan aktivitas sudah diperbolehkan, namun tidak ada salahnya tetap melakukan menahan diri bepergian apalagi ke tempat yang ramai pengunjung.

Kedua, pahami regulasi di lokasi yang akan dituju. Contoh, apakah lokasi tersebut masuk ke dalam zona merah atau hijau.

Ketiga, pastikan biker dalam kondisi sehat. Apakah kesehatan biker sudah sesuai dengan kondisi sekarang, seperti keadaan fisik sedang sakit atau tidak.

Keempat, gunakan kelengkapan Riding Gear, seperti disebutkan sebelumnya yaitu helm dengan standar nasional Indonesia, jaket, sarung tangan, dan juga masker. Selain itu, gunakan tas riding untuk membawa beberapa perlengkapan seperti hand sanitizer atau lainnya.

Tak kalah penting, gunakan helm yang bervisor untuk menghindari paparan langsung ke bagian wajah.

Kelima, pahami Rute yang hendak dituju. Sebaiknya, saat hendak melakukan perjalanan pilih rute mana yang tidak terlalu macet atau padat.

Selain itu, biker juga perlu memperhatikan beberapa hal penting ketika berkendara, antara lain:

Pertama, kontrol emosi. Hal ini untuk menghindari efek negatif dari keadaan saat ini. Sebab, terkadang biker bisa mudah tersulut emosi jika berada di jalanan, apakah dipicu karena letih, cuaca panas atau lainnya. 

Kedua, hargai pengguna jalan lain. Sebisa pahami karakteristik pengguna jalan lain dan jangan egois dan sebaiknya berbagi jalan. Terlebih seperti saat ini semakin banyak pengguna sepeda di jalanan. 

Ketiga, dapat memprediksi bahaya. Saat di jalan kita tidak tahu kapan bahaya datang. Akan tetapi, biker harus bisa memprediksi bahaya atau setidaknya meminimalisir kecelakaan dengan cara lebih berhati-hati di jalan walau kondisi jalanan sepi.

Keempat, lakukan jaga jarak dengan pengguna jalan lain. Sama seperti saat di tempat umum, lakukan jaga jarak menjadi hal penting disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

Kelima, lakukan transaksi dengan menggunakan uang digital. Dengan menggunakan uang digital, setidaknya bisa sedikit terhindar dari paparan virus corona yang menempel di uang kertas atau logam.

Keenam, sebaiknya membawa perlengkapan makan atau makanan sendiri. Setidaknya biker bisa lebih tau seberapa bersih dan higienis perlengkapan makan dan makanan yang dibawa.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga