OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Wajib Tahu, Kenali 3 Jenis Ban Mobil Sesuai Kebutuhan



Wajib Tahu, Kenali 3 Jenis Ban Mobil Sesuai Kebutuhan

02 Dec 2020

Ilustrasi ban Michelin. (Shutterstock)

Berbagai jenis mobil dibuat pabrikan otomotif guna memenuhi selera masyarakat, mulai dari jenis mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), Hatchback, City Car, Sedan, Sport Utility Vehicle (SUV), Sport, hingga kendaraan komersial termasuk pikap double cabin.

Bicara soal mobil yang banyak jenisnya, ternyata hal itu juga diikuti dengan munculnya beberapa jenis ban yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Menurut Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi, ban sebagai salah satu komponen penentu dalam keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, lanjut Rozi, fungsi ban sebagai penahan beban kendaraan, peredam guncangan, penerus fungsi kemudi dan tenaga dari mesin secara keseluruhan menunjang mobilitas kendaraan.

"Bisa dikatakan ban adalah nyawa dari otomotif, yang menjadikannya komponen terpenting karena dari ratusan komponen pada suatu kendaraan, ban satu- satunya komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Karena itu keamanan berkendara sangat bergantung pada pilihan ban yang tepat dan berkualitas," kata Fachrur Rozi.

Adapun jika OLXer ingin memilih ban mobil maka tak bisa asal beli dan pasang. Sebaliknya, ban memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

Nah, OLXer mau tahu apa saja jenis ban, berikut ulasannya:

1. Ban Highway Terrain (HT)

Ban Highway Terrain digunakan untuk kebutuhan berkendara di jalan raya atau jalan beraspal dengan karakter kembangan yang halus.

2. All Terrain (AT)

Untuk ban All Terrain merupakan ban yang dirancang untuk digunakan di permukaan jalan beraspal (on road) maupun jalan tanah atau kasar (off road) dengan ciri khas kembangan lebih kasar dan agresif.

3. Mud Terrain

Terakhir atau ketiga yaitu Mud Terrain, dimana  ban-ban ini digunakan untuk  kendaraan di jalanan kasar atau off road. Tapak ban jenis ini memiliki karakter khas karena berbentuk blok atau popular dengan istilah kembang tahu. Jika ban jenis ini digunakan di jalanan beraspal, akan menimbulkan bunyi dengung yang sangat kuat.

Nah, gimana OLXer sudah tau kan? Semoga jangan asal beli ban yah...

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga