Copied to clipboard!

Car Power Window Button (Escondidogermanauto)



TIPS

Walau Terlihat Sepele, Ini 4 Cara Merawat Power Window Mobil

Author : Herdi Muhardi

03 Sep 2020


Salah satu fitur yang kini sudah menjadi wajib ada dan sudah bisa disebut hal biasa adalah power window. Ya, sejatinya power window mobil berguna untuk membuka dan menutup jendela hanya dengan menekan sebuah tombol di pintu. 

Namun perlu OXer ketahui, sebelum muncul power window, pengemudi atau penumpang harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membuka kaca jendela, sebab caranya harus terlebih dahulu memutar tuas engkol.

Kendati demikian, seperti dilansir situs Daihatsu, power window juga harus memerlukan perawatan, sebab meski terlihat sederhana, namun fitur ini jika kerap diabaikan maka bisa sering terjadi masalah, seperti kinerja yang tersendat atau timbul macet. 

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat dan menjaga agar power window tetap bekerja sebagaimana mestinya:

1. Periksalah Power Window Setiap 6 Bulan Sekali

Periksa kaca jendela mobil setiap enam bulan sekali. Pastinya tidak mau bila kinerja kaca jendela mobil tidak lagi optimal alias tersendat. Tentunya hal itu akan menimbulkan efek berupa kaca mobil menjadi miring dan bisa menyebabkan kaca tidak akan menutup sempurna ketika akan ditutup. 

Pastikan kaca jendela mobil tidak bekerja dalam kondisi seperti itu. Sebaiknya, periksakan setiap enam bulan sekali. Bila jalanan yang sering dilalui sangat berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering.

2. Luangkan Waktu untuk Membersihkan Karet Kaca Mobil

Gunakan silicon spray untuk membersihkan karet kaca mobil. Caranya cukup menyiapkan silicone spray yang dapat dengan mudah anda temukan di pasaran. Jangan menggunakan cairan penetran karena cairan semacam ini justru akan mengundang debu untuk datang kembali. 

Silicone spray akan lebih netral dan berfungsi dengan baik. Karena itu jangan salah membeli antara silicone spray dengan silicone grease. Silicone grease adalah pelumas pada rem mobil. Selain itu, perhatikan juga karet penghalang debu yang menempel pada kaca sebelum kaca diturunkan. Semprot sepanjang jalur karet dan termasuk karet yang menempel pada frame pintu.

3. Bersihkan Rel Power Window yang Kotor

Untuk menjaga kondisi rel kaca tetap bagus, cuci mobil setelah melakukan perjalanan jauh. Untuk menjaga kondisi rel kaca, disarankan untuk rutin mencuci mobil ketika mengikuti perjalanan jauh. 

Jika komponen rel kaca ini diabaikan keberadaannya, kaca jendela tidak dapat bekerja dengan maksimal karena sulit dioperasikan secara elektris. Ketika mencuci mobil, jangan lupa menggunakan sampo mobil dengan kualitas baik agar kelembaban dan elastisitas karet dapat terjaga. Hal penting lainnya lagi adalah mengoperasikan tombol power window dengan halus agar arus listrik mengalir dengan baik pada sistem elektris.

4. Pergunakan Power Window Mobil Seperlunya Saja

Sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja. Terakhir untuk menjaga kondisi jendela mobil agar tetap awet, sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja.

Selain itu, juga jangan menarik kaca ke dalam jika kondisi kaca sedang basah. Sebaiknya kamu juga tidak terlalu sering menarik kaca ke bawah jika sedang melewati jalanan berdebu atau setelah melalui daerah yang berdebu. Debu dapat merusak power window mobil.