Copied to clipboard!

All New Honda Scoopy dengan perubahan desain, mesin dan tambahan fitur baru.



MOTOR

Wujud Generasi Honda Scoopy Terbaru, Ini Ubahan dan Harganya

Author : Herdi Muhardi

10 Nov 2020


PT Astra Honda Motor selaku agen pemegang merek sepeda motor Honda di Tanah Air secara resmi meluncurkan All new Honda Scoopy untuk pasar otomotif nasional.

Menurut President Director AHM Keiichi Yasuda, generasi kelima Honda Scoopy ini telah mengalami ubahan menyeluruh untuk memenuhi harapan pecinta skutik unik dan fashionable.

“Ubahan melalui penyematan mesin dan rangka baru pada All new Honda Scoopy untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, serta beragam fitur baru yang menunjang gaya hidup penggunanya,” klaim Yasuda saat peluncurannya melalui virtual, Selasa (10/11/2020).

Nah, OLXer mau apa saja ubahannya? Berikut ulasannya:

Desain

All New Honda Scoopy
All New Honda Scoopy

Seperti disebutkan di atas All new Honda Scoopy hadir dengan desain terbaru dan garis body S (shape) dengan  desain lekukan pastinya berbeda dengan model sebelumnya.

Ubahan juga sangat terlihat pada bagian desain lampu depan dan belakang. Hanya saja desain cangkang lampunya masih tetap oval, sehingga mempertahankan simbol khas dari Honda Scoopy yang terlihat klasik.

All new Honda Scoopy juga hadir dengan desain pijakan kaki terbaru untuk pembonceng yang terintegrasi dengan bodi, memudahkan pengendara membonceng dengan tetap nyaman dan stylish.

Model baru ini juga mengaplikasikan velg baru dual 5 spokes, 12 inch dan ban tubeless untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara. Kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu sebesar 15,4 liter dapat menyimpan helm Scoopy.

Oia, Honda Scoopy terbaru ini sudah menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) merupakan jenis rangka baja ringan yang digunakan skuter matik Honda dan telah dipakai pada Honda Genio.

Karena material terbuat dari baja, maka akan menjadi lebih kuat namun bobotnya lebih mudah dan handling tetap mudah dikendalikan. Selain itu, teknologi frame baru Honda ini membuat skutik Scoopy terbaru lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Fitur

All New Honda Scoopy
All New Honda Scoopy

All new Honda Scoopy juga sudah hadir dengan beberapa fitur terbaru. Nah, paling terlihat yaitu meski masih mempertahankan bentuk oval dengan kombinasi sistem pencahayaan LED projector. Tentu saja hal ini akan mempermudah pencahayaan.

Panel meter digital kini hadir dengan layar LCD yang lebih besar dan mampu menyajikan informasi lebih beragam termasuk penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, trip meter, indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien.

Selain itu, dari segi keamanan, skuter ini sudah dilengkapi fitur Keyless Smart Key System untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Fitur keamanan ini menyusul model Honda yang lainnya seperti Honda PCX, ADV150, Vario 150 dan Forza 250,

All New Honda Scoopy
All New Honda Scoopy

Agar semakin up date dan kekinian, All new Honda Scoopy juga sudah dilengkapi dengan USB Charger model terbaru yang terletak pada console box. Dengan adanya fitur ini tentunya dapat dimanfaatkan pengendara untuk pengisian baterai ponsel secara lebih praktis tanpa perlu menggunakan tambahan adapter.

Fitur baru lainya adalah Multi Function Hook yang bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain dapat ditutup apabila tidak digunakan.

All New Honda Scoopy memiliki standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan.

Mesin

All new Honda Scoopy
All new Honda Scoopy

Untuk jantung pacu, All new Honda Scoopy mengusung mesin 110cc eSP (enhanced Smart Power), dimana  bore menjadi 47,0 mm dan stroke kini berubah menjadi 63,1 mm, serta kompresinya dari 9,5 : 1 menjadi 10,1 : 1.

Dengan mesin tersebut, All new Honda Scoopy tenaga naik 0,3 Tk menjadi 8,85 Tk pada 7.500 rpm dan torsi naik 0,2 Nm menjadi 9,3 Nm pada 7.500 rpm.

Karena All new Honda Scoopy dibekali mesin 110cc eSP,  maka hal ini diklaim lebih hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Hal tersebut didukung oleh penggunaan  rangka baru eSAF.

Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari tiga detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Model ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2L dan mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang diklaim irit mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

Harga

All new Honda Scoopy ditawarkan dengan empat varian dan delapan pilihan warna. Varian Sporty hadir dengan dua pilihan warna yaitu Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Cream.

Sementara varian Stylish dan Prestige, yang merupakan varian teranyar dan  telah dilengkapi Smart Key system. Kedua varian tersebut memiliki pilihan warna Stylish Brown dan Stylish Red untuk varian Stylish dan Prestige White dan Prestige Black untuk varian Prestige.

Soal harga, varian Sporty dan Fashion dijual Rp 19,95 juta dan varian Stylish dan Prestige dibanderol Rp 20,75 juta. Kedua harga ini On the Road Jakarta.