BERITA

Hallo Wuling....... SUV Cina Ini Langsung Raih Predikat Mobil Terbaik Wartawan Otomotif

15 Oct 2019

Karena punya fitur voice command berbahasa Indonesia pertama, dengan tampilan desain SUV mewah, Wuling Almaz didapuk sebagai Car of The Year atau mobil terbaik versi Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT).

Sapaan "Hallo Wuling" yang langsung disambut suara lembut wanita "Hallooo..." ternyata cukup membekas di ingatan para juri FORWOT Car of The Year (FCY) tahun ini. 

Wuling Almaz mengungguli empat model nominasi lainnya seperti DFSK Glory 560, All New Honda Brio, All New Mazda 3, dan Suzuki Jimny generasi keempat yang sebelumnya banyak orang memprediksi menjadi mobil terbaik tahun ini. 

Acara penganugerahan FORWOT Car of the Year (FCY) 2019 berlangsung di Jakarta Selatan, Selasa, 15 Oktober 2019.

Bahkan sebelumnya mobil dengan fitur voice command bernama WIND ini masuk lima besar dari 36 model baru yang di pilih oleh puluhan jurnalis media online, harian, majalah dan tabloid yang menulis soal otomotif.

Ke-36 model mobil baru tersebut adalah yang diluncurkan selama periode Agustus 2018 sampai Juli 2019.

“Jumlah tersebut (36 model mobil baru) lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu (2018) yang hanya terdiri dari 23 model. Tentu ini bisa menjadi indikasi bahwa Indonesia masih menjadi pasar potensial kendaraan roda-empat,” ujar Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, (15/10/2019).

Indra Prabowo selaku Ketua Umum Forum Wartawan Otomotif Indonesia secara langsung menyerahkan thropy kepada pemenang FORWOT Car of The Year 2019, yakni Wuling Almaz dan diterima oleh  Brian Gomgom selaku Media Relation Wuling Motors (PT SGMW Motor Indonesia) (Sumber: FORWOT)

Tahun ini, FORWOT meloloskan dua mobil non Jepang masuk dalam lima nominasi mobil terbaik, dimana kedua merek tersebut berasal dari Cina, yakni Wuling Motors dengan Almaz serta DFSK dengan Glory 560. Menariknya, dari kelima model nominasi tersebut tidak ada satu pun mewakili segmen MPV sebagai model dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia.

Meski baru bermain di pasar domestik, kedua merek ini punya komitmen yang kuat dan sukses menebar pesona dengan menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan selera pasar Indonesia.

Almaz menjadi contoh paling nyata. Meski merupakan produk SUV pertama Wuling Motors yang dijual di Indonesia, Wuling sanggup mencuri perhatian masyarakat dengan bentuk ciamik serta fitur layaknya mobil di level high SUV. Mulai dari mesin turbo, voice command berbahasa Indonesia, sunroof hingga kapasitas penumpang yang dibuat menjadi 7-seater.

Apalagi dengan paket mewah dan canggih seperti itu, Wuling Motors hanya membanderolnya dengan harga Rp 318 juta saja, wow....

Jadi tidaklah mengherankan ketika 21 juri yang diberikan tugas untuk memberikan penilaian kepada 5 nominasi mobil terbaik tersebut, rata-rata mengganjar Wuling Almaz dengan nilai tertinggi.

Saat pengumuman, Wuling Almaz meraih poin penilaian tertinggi dengan (159 poin), Suzuki Jimny (140 poin), DFSK Glory 560 (92 poin), Honda Brio (89 poin) dan Mazda 3 (80 poin).

Ketua Juri Forwot Car of The Year 2019 Jeffry Yanto Sudibyo, menjelaskan Wuling Almaz menjadi mobil asal Cina pertama yang menjadi pemenang di FORWOT Car of The Year. Selain itu Wuling menjadi brand kedua non-Jepang yang menggondol gelar Mobil Terbaik versi FORWOT.

“Sebelumnya mobil asal Korea Selatan, Kia Carens menyandang Car of the Year di 2013. Soal Almaz bisa terpilih jadi FCY 2019 karena menurut penilaian para juri sudah memenuhi kebutuhan konsumen dengan fitur terlengkap di kelasnya, namun dengan harga jual yang terjangkau. WIND menjadi salah satu sorotan para juri,” kata Jeffry.

Suksesnya pelaksanaan FORWOT Car of The Year 2019 juga tidak lepas dari peran brand pendukung industri otomotif seperti GT Radial, IRC Tire, Federal Lubricants, Asuransi Astra dan Astra Otoparts.

Hallo Wuling...... Selamat ya untuk prestasi Almaz yang berhasil menjadi mobil terbaik. Semoga semakin diterima oleh konsumen di Indonesia. (Z)